KONTRIBUSI BESAR SEMEN TONASA DALAM MEMBANGUN NEGERI TERCINTA INDONESIA

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

“Indonesia merupakan Negeri yang besar, sudah seharusnya Negara Indonesia unggul dibandingkan dengan Negara-Negara lain”

Ketika membicarakan tentang Indonesia, aku merasa bahwa Indonesia merupakan salah satu Negara besar yang ada di dunia. Indonesia menduduki peringkat ke 14 sebagai Negara yang memiliki luas total wilayah paling besar, luas total wilayah Negara Indonesia mencapai 1.904.569 km². Negara Indonesia menduduki peringkat ke 1 sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, jumlah pulau di Indonesia mencapai 17.504 pulau.

Begitu juga ketika membicarakan tentang jumlah penduduk Indonesia, tidak perlu dipertanyakan lagi karena jumlah penduduk Indonesia sangat tinggi yaitu mencapai 272.229.372 jiwa. Jumlah penduduk yang sangat tinggi diikuti dengan keragaman yang dimiliki Negara Indonesia, Indonesia memiliki keragaman yang sangat tinggi yaitu terdiri dari berbagai suku, budaya, bahasa dan agama. Negara Indonesia juga memiliki prestasi lain dari segi Sumber Daya Alam, harus diakui bahwa Sumber Daya Alam yang dimiliki Indonesia sangat berlimpah ruah.

Tentunya ini merupakan suatu prestasi yang perlu dibanggakan oleh seluruh masyarakat Indonesia, apalagi Negara-Negara lain merasa iri dengan kekayaan yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Mereka berupaya untuk bisa menguasai kekayaan Indonesia dengan berbagai cara, contoh nyata kekayaan Indonesia yang pernah dikuasai oleh Negara lain adalah tambang emas Freeport Papua. Percayalah bahwa Negara Indonesia telah lama merasakan ketidakadilan dari adanya kegiatan pertambangan di Freeport Papua, karena faktanya yang mendapatkan keuntungan besar adalah Negara lain.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Harus Diakui Bahwa Negara Indonesia Kesulitan Untuk Bersaing Dengan Negara-Negara Lain

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

“Indonesia kesulitan untuk bersaing dengan Negara-Negara lain, terutama bersaing dengan Negara-Negara maju yang ada di dunia”

Pernah tidak kalian terlintas suatu pertanyaan, “Indonesia merupakan Negeri yang besar, tetapi kenapa selalu kesulitan untuk bersaing dengan Negara-Negara lain?”. Yah aku pribadi sering mempertanyakan hal tersebut, jujur saja aku merasa sangat sedih jika mengetahui tentang semua ini. Pastinya kita semua akan sependapat bahwa tidak seharusnya Negara Indonesia kalah bersaing, seharusnya jika melihat kekayaan Indonesia dapat dijadikan kunci untuk unggul dibandingkan Negara lain.

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

Tetapi fakta yang ada menunjukkan bahwa Negara Indonesia telah kalah jauh bersaing dengan Negara-Negara maju di berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, teknologi, sumber daya manusia dan masih banyak lagi lainnya. Jujur aku merasa bahwa permasalahan yang terjadi tidak boleh didiamkan begitu saja, perlu ada perbaikan besar-besaran untuk bisa membuat Negeri Indonesia unggul bersaing dengan Negara lain.

Upaya membangun Negeri Indonesia perlu segera untuk dilakukan, agar Indonesia bisa menjadi lebih baik dibandingkan sekarang. Negara Indonesia harus menjadi Negara yang memiliki keunggulan kompetitif di berbagai sektor baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, teknologi, sumber daya manusia dan yang lainnya. Sudah saatnya Negara Indonesia menunjukkan kualitasnya, sehingga dapat dihormati dan dihargai oleh Negara-Negara lain.

Sinergi Bersama Dalam Membangun Negeri Sangat Penting Untuk Dilakukan

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

“Percayalah bahwa upaya membangun Negeri Indonesia akan menjadi lebih mudah untuk diwujudkan dengan adanya sinergi bersama antara semua pihak”

Banyak orang yang bilang bahwa “upaya membangun Negeri Indonesia, merupakan tugas dari Pemerintah Indonesia. Kita sebagai masyarakat tidak memiliki kewajiban untuk ikut membantu Pemerintah dalam membangun Negeri”. Sejujurnya aku tidak sepakat dengan pendapat ini, menurutku pribadi upaya membangun Negeri harus dilakukan oleh semua pihak.

Faktanya jika upaya membangun Negeri hanya dilakukan Pemerintah sendirian, tentunya akan sangat-sangat memberatkan Pemerintah. Permasalahan Negara Indonesia sangat besar, banyak sektor yang harus dilakukan perbaikan segera untuk mewujudkan cita-cita menjadi Negara unggul. Maka dari itu, perlu adanya sinergi bersama antara semua pihak untuk membangun Negeri Indonesia.

Semua pihak harus dapat mengimplementasikan semangat gotong royong, apalagi gotong royong merupakan identitas bangsa Indonesia. Percayalah dengan gotong royong, segala perubahan yang dilakukan akan menjadi lebih mudah dan cepat untuk bisa diwujudkan. Konsep utama gotong royong adalah “seluruh pihak saling membantu satu sama lain dalam mewujudkan tujuan bersama”.

Kontribusi Besar Perusahaan Sangat Diperlukan Untuk Membangun Negeri Indonesia

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

“Kontribusi besar perusahaan sangat diperlukan untuk ikut membantu membangun Negeri tercinta Indonesia”

Ketika membicarakan tentang perusahaan, tentunya fokus utama perusahaan adalah menjalankan bisnis agar dapat mencapai tujuan utama yaitu mendapatkan laba. Perusahaan akan berupaya semaksimal mungkin menjalankan strategi pemasaran terbaik dengan harapan dapat membuat konsumen tertarik untuk memutuskan membeli produk. Ketika semakin banyak konsumen yang tertarik memutuskan membeli produk, akan membuat perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar pada bisnis yang dijalankan.

Sumber Gambar : lisbonlx.com

Namun nyatanya saat ini perusahaan tidak hanya fokus pada menjalankan bisnis semata, perusahaan juga berupaya semaksimal mungkin menjalankan berbagai kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Perusahaan akan ikut serta bersinergi bersama Pemerintah dalam rangka membuat berbagai kegiatan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial. Kesadaran perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan menjadi poin penting yang perlu diterapkan oleh seluruh perusahaan.

Sejujurnya kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan, tidak hanya memberikan keuntungan bagi Negara, masyarakat dan lingkungan. Pihak perusahaan juga mendapatkan keuntungan dari adanya program CSR, keuntungan yang didapatkan perusahaan adalah citra positif perusahaan menjadi meningkat. Ketika citra yang dimiliki perusahaan positif, tentunya akan membuat konsumen menjadi lebih tertarik untuk memutuskan membeli produk.

53 Tahun Semen Tonasa Mengabdi Untuk Membangun Negeri Tercinta Indonesia

“Berbagai program CSR dilakukan Semen Tonasa Sebagai bukti kepedulian dalam membangun Negeri tercinta Indonesia. Tidak percaya? silahkan kalian buktikan sendiri dengan mengunjungi website resmi PT Semen Tonasa melalui link www.sementonasa.co.id

Sumber Gambar : Facebook PT Semen Tonasa dengan desain pribadi

Ketika membicarakan tentang perusahaan yang memiliki kepedulian pada pembangunan Negara Indonesia, tentunya pilihanku jatuh pada Semen Tonasa. Bayangkan Semen Tonasa telah mengabdi selama 53 tahun untuk ikut berkontribusi membangun Negeri tercinta Indonesia, tentunya 53 tahun bukanlah waktu yang sebentar. Berbagai program CSR telah dilakukan Semen Tonasa untuk membangun Negeri Indonesia.

Sebelum fokus membahas tentang CSR yang dilakukan oleh perusahaan Semen Tonasa, alangkah lebih baiknya kalau kita terlebih dahulu mencoba mengenal lebih dekat dengan perusahaan Semen Tonasa. Meskipun aku pribadi merasa yakin bahwa diantara kita pasti sudah banyak yang mengenal Semen Tonasa, terutama teman-teman yang berada di Kawasan Timur Indonesia. Yah PT Semen Tonasa merupakan produsen semen terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang berlokasi di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa dikenal sebagai produsen produk semen Kokoh Kuat Terpercaya, harus diakui bahwa Semen Tonasa adalah yang juara.

Sumber Gambar : Facebook PT Semen Tonasa

Jaringan Distribusi PT Semen Tonasa Tergolong Besar

PT Semen Tonasa sejak tahun 1968 telah memproduksi dan memasarkan produk semennya baik di dalam Negeri maupun luar Negeri. Pemilihan lokasi pabrik di Sulawesi Selatan, menjadi kunci utama bagi perusahaan PT Semen Tonasa untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen (terutama yang berasal dari Indonesia Timur) pada produk semen. Jaringan distribusi perusahaan ini tergolong besar di berbagai wilayah seperti Palu, Banjarmasin, Bitung, Kendari, Ambon, Mamuju, Makassar, Bali dan Samarinda.

Faktor utama yang membuat PT Semen Tonasa dapat memenuhi kebutuhan permintaan semen dalam skala besar, karena perusahaan ini memiliki kapasitas besar dalam memproduksi semen. Bagaimana tidak memiliki kapasitas besar dalam produksi? Perusahaan ini saja memiliki pabrik yang sangat luas hingga mencapai 715 hektar. Perusahaan PT Semen Tonasa mempunyai empat unit pabrik, yaitu pabrik Tonasa II, III, IV dan V, setiap unit memiliki kapasitas yang besar dalam memproduksi produk semen.

Pendapatan utama PT Semen Tonasa adalah penjualan semen protland type 1 (OPC) yang dikemas dalam 50 kg dan portland pozzolan cement (PPC) yang dikemas dalam kantong 40 & 50 kg. Berbagai strategi dan program telah dijalankan PT Semen Tonasa dengan harapan dapat meningkatkan kinerja perusahaan, sehingga perusahaan dapat mewujudkan visi menjadi produsen semen yang terefisien dan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan produsen semen lainnya.

Sumber Gambar : Facebook PT Semen Tonasa Dengan Desain Pribadi

Meskipun produk Semen Tonasa sudah sangat terkenal di kawasan Timur Indonesia, tidak membuat perusahaan ini berhenti berupaya untuk mempertahankan citra merek produk. Perusahaan akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kestabilan pasokan dan pendistribusian produk di pasar. Tentunya semua ini dilakukan PT Semen Tonasa dalam rangka menjaga kepuasan konsumen pada perusahaan.

Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Tonasa

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

Mari kita cermati bersama terkait Corporate Social Responsibility PT Semen Tonasa, karena sesungguhnya Corporate Social Responsibility yang dilakukan PT Semen Tonasa menjadi salah satu cara untuk ikut berkontribusi dalam membangun Negeri Indonesia

Sesuai dengan janjiku sebelumnya, setelah menyajikan informasi tentang perusahaan, disini aku akan mencoba membahas tentang program CSR yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa. Tentunya program CSR memberikan kontribusi besar pada lingkungan dan masyarakat sekitar Perusahaan. Program CSR sangat penting sebagai wujud komitmen perusahaan dalam memenuhi tanggung jawabnya kepada seluruh pemangku kepentingan. Satu hal yang harus kalian semua tahu bahwa Semen Tonasa memang memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun Negara Indonesia.

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

Dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan, tentunya perusahaan tidak dapat menghindari beberapa dampak yang timbul dari bisnis yang dijalankan. Pasti kegiatan operasional memberikan dampak bisa berupa skala kecil maupun skala besar, dampak yang ditimbulkan dapat berupa dampak sosial maupun dampak lingkungan. Sebagai bentuk tanggung jawab kepada pihak yang terkena dampak dari bisnis yang dijalankan, PT Semen Tonasa memiliki komitmen untuk membuat berbagai program CSR.

PT Semen Tonasa sebagai salah satu perseroan berkomitmen mengalokasikan sebagian keuntungan perusahaan untuk mendukung peningkatan kualitas kehidupan masyarakat sekitar baik dibidang ekonomi maupun sosial. Semen Tonasa memiliki konsep CSR yaitu Konservasi Energi untuk Negeri. PT Semen Tonasa berkomitmen untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat.

Sumber Gambar : Facebook PT Semen Tonasa Dengan Desain Pribadi

Tentunya dalam proses Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, PT Semen Tonasa tidak dapat berjalan secara individu. Semen Tonasa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep, Dinas terkait, lembaga penelitian, LSM, masyarakat dan beberapa perusahaan lain. Terdapat empat pilar utama yang ditetapkan PT Semen Tonasa yaitu Sehat Tonasa, Cerdas Tonasa, Bina Mitra Tonasa dan Desa Mandiri Tonasa.

Satu hal yang wajib untuk kalian semua tahu bahwa PT Semen Tonasa memiliki komitmen untuk ikut bertanggung jawab dalam mendorong kemajuan masyarakat sekitar. Dalam melaksanakan komitmennya tersebut, PT Semen Tonasa berdasar pada tujuh prinsip utama yaitu transparansi dan akuntabilitas, kearifan lokal, kejujuran dan kepercayaan, keswadayaan, keadilan, kemitraan dan kesetaraan, dan kemandirian.

Sumber Gambar : Facebook PT Semen Tonasa Dengan Desain Pribadi

Terkait proses pelaksanaan, program CSR Semen Tonasa diberikan nama Tonasa Bersaudara yang terdiri dari lima pilar yaitu Tonasa Mandiri, Tonasa Cerdas, Tonasa Sehat, Tonasa Bersahaja dan Tonasa Hijau. Dalam upaya menuju program CSR yang unggul, PT Semen Tonasa secara berkesinambungan berupaya untuk mengembangkan sarana dan prasarana masyarakat di sekitar pabrik serta juga melakukan kegiatan melestarikan lingkungan.

Beberapa Bukti Nyata Program yang Telah Dijalankan PT Semen Tonasa

Sumber Gambar : Pngegg.com dengan desain pribadi

Terdapat beberapa program nyata yang telah dijalankan PT Semen Tonasa untuk membantu membangun Negeri Indonesia

Teman-teman semua, disini aku ingin membuktikan bahwa kontribusi yang dilakukan PT Semen Tonasa kepada Negara Indonesia adalah nyata. Teruntuk kalian semua yang merasa bahwa perkataanku tentang kontribusi Semen Tonasa hanyalah kebohongan belaka. Tenang saja karena disini aku akan menunjukkan beberapa buktinya kepada kalian semua, aku akan menunjukkan beberapa program yang telah dijalankan Semen Tonasa untuk membantu Negeri tercinta Indonesia.

1. Membantu Warga Walenrang dan Lamasi yang Terkena Dampak Banjir dan Longsor

Sumber Gambar : sementonasa.co.id dengan desain pribadi

Musibah banjir dan tanah longsor yang dialami warga Kecamatan Walenrang dan Lamasi, Kabupaten Luwu. Mengundang keprihatinan PT Semen Tonasa, bahkan perusahaan ini memutuskan untuk ikut berkontribusi secara langsung dalam memberikan bantuan logistik kepada warga yang terdampak. Semen Tonasa memang memiliki komitmen tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan seperti membantu masyarakat yang terkena bencana alam. Bantuan logistik yang diberikan berupa bahan makanan, obat-obatan dan peralatan sanitasi.

2. Kolaborasi Bersama Polres Pangkep Dalam Melaksanakan Vaksinasi Keliling

Sumber Gambar : sementonasa.co.id dengan desain pribadi

Semen Tonasa juga memiliki kepedulian pada program percepatan vaksinasi, sebagai salah satu bentuk dukungan, PT Semen Tonasa berkolaborasi dengan Polres Pangkep menggelar vaksinasi keliling di beberapa sekolah sekitar perusahaan. Tujuan utama adanya program ini, agar para pelajar yang berada di sekitar perusahaan bisa mendapatkan vaksinasi secara cepat dan mudah. Harapannya setelah adanya program vaksinasi, akan membuat kegiatan pembelajaran bisa dilakukan secara tatap muka kembali.

3. Menyediakan Program Magang Kepada Mahasiswa

Sumber Gambar : sementonasa.co.id dengan desain pribadi

Dalam rangka ikut berpartisipasi dalam membantu Pemerintah Indonesia untuk bisa mencerdaskan anak bangsa serta membuat mereka siap untuk masuk ke dunia kerja, PT Semen Tonasa mengadakan program magang kepada para mahasiswa. Program magang PT Semen Tonasa bersertifikat PMMB, PMBB sendiri merupakan program resmi yang diciptakan oleh Kementrian BUMN RI. Sebanyak 21 mahasiswa dari Perguruan Tinggi akan mengikuti program magang selama 6 bulan yang dilaksanakan oleh PT Semen Tonasa. Harapannya dengan adanya program magang ini, akan memberikan banyak manfaat kepada para mahasiswa yang menjalankannya.

4. PT Semen Tonasa Melakukan Program Bedah Rumah Warga Ring I

Sumber Gambar : sementonasa.co.id dengan desain pribadi

Sebagai salah satu bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, PT Semen Tonasa bekerjasama dengan forum CSR menjalankan program bedah rumah Ring I. Bantuan bedah rumah masyarakat sekitar perusahaan, merupakan wujud dari salah satu program Tonasa Bersaudara. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar perusahaan yang memiliki rumah tidak layak huni, menjadi layak huni berkat adanya renovasi yang dilakukan oleh PT Semen Tonasa. Pihak Semen Tonasa berharap segala bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

5. Memberikan Dukungan Program Vaksinasi Dengan Mendonasikan Box Penyimpanan Vaksin dan Konsentrator Oksigen

Sumber Gambar : sementonasa.co.id 

Sebagai salah satu bentuk dukungan pada program vaksinasi di Kepulauan Kabupaten Pangkep, PT Semen Tonasa memberikan bantuan berupa 14 box penyimpanan vaksin dan 1 konsentrator oksigen. Bantuan yang diberikan, merupakan bentuk komitmen Semen Tonasa dalam mendukung program vaksinasi yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Pangkep. Harapannya dengan bantuan yang diberikan Semen Tonasa, akan dapat mempercepat program vaksinasi di daerah Kabupaten Pangkep. Donasi yang diberikan Semen Tonasa, juga menjadi bukti solidaritas, sinergi dan kepedulian perusahaan pada penanganan pandemi Covid-19.

Aku Menjadi Lebih Cinta Pada Semen Tonasa Setelah Mengetahui Kenyataan yang Ada

Sumber Gambar : Facebook PT Semen Tonasa Dengan Desain Pribadi

“Banyaknya kontribusi yang diberikan Semen Tonasa pada Negara Indonesia, membuatku menjadi lebih cinta dengan perusahaan ini. Hanya satu hal yang bisa aku lakukan untuk membalas kontribusi besar perusahaaan Semen Tonasa adalah dengan mengucapkan terimakasih banyak atas jasa besar yang telah diberikan perusahaan pada Negeri Indonesia. Semen Tonasa selama 53 tahun ikut berkontribusi untuk membangun Negeri”

Teman-teman sesungguhnya aku ingin bertanya pada kalian tentang satu hal, “bagaimana perasaan kalian setelah mengetahui banyaknya kontribusi yang diberikan Semen Tonasa untuk membantu membangun Negeri Indonesia?”. Aku secara pribadi, merasa lebih cinta pada Semen Tonasa setelah mengetahui semua yang ada. Aku benar-benar memberikan apresiasi atas komitmen yang ditunjukkan Semen Tonasa pada Negara. Semen Tonasa menunjukkan secara nyata bahwa perusahaan tidak hanya fokus pada segi laba, namun tanggung jawab sosial dan lingkungan juga sangat penting untuk dilakukan.

Nyatanya kontribusi membangun Negeri yang dilakukan PT Semen Tonasa tidak hanya pada lima program yang telah aku jabarkan. Sesungguhnya masih terdapat banyak program yang dilakukan PT Semen Tonasa untuk bisa berkontribusi membangun Negeri Indonesia. Contohnya seperti program pengembangan usaha ayam petelur di Desa Bulu Tellue, program pembuatan jembatan penghubung antar desa dan pengembangan ekowisata Mangrove di Desa Bulu Cindea, dan program Elektrifikasi Tenaga Surya di Desa Tabo-Tabo.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Tentunya dengan banyaknya kontribusi yang diberikan PT Semen Tonasa untuk membangun Negeri Indonesia. Membuat aku menjadi termotivasi untuk bisa ikut berkontribusi dalam membangun Negeri. Teman-teman, perlu di ketahui satu hal bahwa upaya membangun Negeri bukan hanya tugas pemerintah dan perusahaan saja. Kita juga memiliki kewajiban untuk ikut berkontribusi dalam membangun Negeri, kita harus bisa bersinergi bersama seluruh pihak terkait untuk mewujudkan cita-cita menjadikan Negara Indonesia unggul dibandingkan dengan Negara-Negara lain.

Tulisan Ini Diikutsertakan Dalam Blog Writing Competition 1.0 Dengan Tema 53 Tahun Semen Tonasa Membangun Negeri yang Diselenggrakan Oleh PT Semen Tonasa

Referensi:

PT Semen Tonasa, Website Semen Tonasa, Diakses pada tanggal 20 Oktober 2021, http://sementonasa.co.id/