Hallo teman-teman semua, aku ingin bertanya “bagaimana sih penyikapan kalian pada orang-orang yang suka sekali membuang sampah sembarangan ?”. Jujur dalam hatiku yang paling dalam, aku merasa sangat sedih melihat perilaku orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan seenaknya membuang sampah sembarangan.

Padahal sejatinya, sampah kita merupakan tanggung jawab dari kita. Entah kenapa, banyak orang yang malas membuang sampah ditempatnya dan lebih memilih untuk membuang sampah sembarangan. Kalian tahu tidak bahwa efek membuang sampah sembarangan sejujurnya sangatlah banyak ?.

Efek yang ditimbulkan antara lain adalah merusak pemandangan mata kita, mendatangkan bau yang sangat tidak sedap, mencemari lingkungan sekitar kita, bisa menciptakan wabah penyakit akibat dari bakteri yang ada di sampah dan dampak terburuknya adalah akan timbul bencana seperti banjir.

Aku Memiliki Kepedulian Dalam Mengelola Sampah

Mengetahui banyaknya efek negatif yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan. Membuatku saat ini mulai memiliki kepedulian yang tinggi dalam mengelola sampah dengan baik. Aku merasa bahwa “Sampahku merupakan tanggung jawabku, bukan tanggung jawab orang lain”. Maka dari itu aku harus bisa sebijak mungkin dalam mengelola sampah yang aku miliki. Jangan sampai aku merugikan orang lain akibat dari tindakanku dalam mengelola sampah.

Teman-teman, sesungguhnya aku disini ingin mengajak kalian semua untuk “bijak dalam mengelola sampah”. Kita harus bisa bersama-sama menyebarkan semangat untuk mengelola sampah dengan baik. Masak kita kalah dengan beberapa perusahaan yang saat ini mulai menerapkan kebijakan terkait kepeduliaan pada permasalahan sampah. Jujur aku sering menemui perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan sampah.

Contohnya adalah perusahaan buku terbesar di Negara Indonesia bernama Gramedia, saat ini perusahaan Gramedia menerapkan kebijakan tidak lagi menggunakan kantong plastik kepada orang-orang yang membeli buku disana. Selain Gramedia, Perusahaan Adidas juga memiliki kepedulian terhadap permasalahan sampah. Pada tahun 2019, Adidas memproduksi 11 juta pasang sepatu dari bahan daur ulang.

Waste4Change Juga Merupakan Perusahaan yang Sangat Peduli Dalam Pengelolaan Sampah Dengan Baik

Diantara banyaknya perusahaan yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan sampah. Menurutku secara pribadi, Waste4Change adalah yang paling peduli terkait permasalahan sampah. Perusahaan ini mencoba memberikan solusi untuk pengelolaan sampah yang baik. Perusahaan ini juga mengajak semua orang untuk bisa mengelola sampah yang dimiliki dengan baik.

Pada tahun 2014, berawal dari diskusi antara PT Greeneration dan PT Bumi Lestari Bali. Tercetuslah pembentukan perusahaan pengelolaan sampah bernama Waste4Change. Perusahaan ini memiliki misi untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA.

Waste4Change resmi didirikan oleh Mohamad Bijaksana Junerosano dengan nama PT Wasteforchange Alam Indonesia. Kepeduliaan yang tinggi pada pengelolaan sampah, membuat perusahaan Waste4Change mampu untuk tetap berdiri sampai saat ini.

Nilai yang Dipegang Erat Oleh Perusahaan Waste4Change

Salah satu alasan yang membuat perusahaan Waste4Change tetap mampu untuk bertahan adalah memiliki anggota team yang sangat unggul. Disana kalian akan menemui orang-orang yang siap dan bersedia untuk bekerja dengan sepenuh hati guna mencari solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Indonesia.

Kalian tahu tidak, apa strategi dan visi yang dimiliki oleh Waste4Change ?. Strategi Waste4Change adalah perubahan ekosistem Pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dengan berlandaskan kolaborasi dan teknologi menuju penerapan ekonomi melingkar (circular economy) dan Indonesia bebas sampah. Sedangkan visinya adalah menjadi pemimpin dalam menyediakan solusi pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Budaya yang dipegang erat Waste4Change adalah kehidupan yang dinamis. Waste4Change memegang erat 5 nilai yaitu integritas, solutif, bertanggungjawab, kolaboratif dan peduli. Servis yang ditawarkan oleh Perusahaan Waste4Change ada empat yaitu Consult, Campaign, Collect dan Create.

Beberapa Produk yang Ditawarkan Oleh Waste4Change

Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk berkontribusi dalam Waste Management Indonesia. Waste4Change menawarkan tiga produk yaitu Peralatan dan Perlengkapan Mengompos, Produk Black Soldier Fly (BSF) dan Custom Waste Bin.

1. Peralatan dan Perlengkapan Mengompos

Waste4Change menawarkan peralatan dan perlengkapan pengomposan mandiri di rumah untuk kita yang memiliki keinginan untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah organik. Keuntungan yang ditawarkan dari produk ini adalah : (1) mengurangi timbunan sampah yang dibuang ke TPA dan (2) Membuat kompos skala kecil yang bisa digunakan di pot maupun di kebun pribadi.

2. Produk Black Soldier Fly (BSF)

Produk Black Soldier Fly (BSF) adalah pakan alternatif organik yang tinggi protein dan sesungguhnya sangat baik dan aman untuk konsumsi hewan ternak dan hewan kesayangan kita. Produk ini tersedia dengan dua pilihan yaitu produk siklus BSF dan produk olahan lanjut larva BSF. Keuntungan yang ditawarkan produk ini antara lain adalah : (1) Tinggi protein dan baik untuk dikonsumsi, (2) mendukung berjalannya circular economy pemanfaatan material ekonomi dan (3) tersedia dalam berbagai varian.

3. Costum Waste Bin

Waste4Change mencoba menyediakan tempat sampah dalam bentuk dan petunjuk edukasi guna kebutuhan pemilahan sampah. Desain yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan frekuensi dan perilaku pemilahan sampah di area kita. Keuntungan yang didapatkan dari produk ini adalah : (1) panduan memilah sampah untuk membantu meningkatkan pemilahan sampah dan (2) tempat sampah yang bisa dibuat sesuai dengan keperluan brand dan panduan desain interior.

Layanan yang Ditawarkan Oleh Waste4Change

Ketika sudah membahas tentang produk Waste4Change, rasanya ada yang kurang jika kita tidak membahas tentang layanan yang ditawarkan oleh Waste4Change. Karena sesungguhnya layanan Waste4Change juga bisa dikatakan tidak kalah menarik. Layanan Waste4Change terbagi menjadi dua yaitu untuk Perusahaan dan Individu.

Layanan yang ditawarkan untuk Perusahaan antara lain adalah Waste Collection Services (Responsible Waste Management, Event Waste Management, Zero Waste to Landfill), Extended Producer Responsibility (In-Store Recyling dan Digital EPR), Solid Waste Management Research, Community Development (Community-Based Implementation dan 3R School Program) dan Training (AKABIS-Waste Management Academy dan Black Soldier Fly Learning Center). Sedangkan layanan yang ditawarkan untuk Individu antara lain adalah Recycle With Us dan Personal Waste Management.

Mari Kita Kuatkan Kebersamaan Untuk Bisa Dengan Bijak Dalam Mengelola Sampah

Teman-teman, disini aku ingin mengajak kalian semua untuk bisa dengan bijak dalam mengelola sampah. Kita harus siap dan bersedia mendukung beberapa program Pemerintah terkait pengelolaan sampah dengan baik. Kita juga harus mendukung beberapa Perusahaan yang memiliki program Extended Producer Responsibility Indonesia.

Disini aku berharap kalian semua ikut membantu Waste4Change untuk menyebarkan semangat “Bijak Mengelola Sampah”. Kalian harus menyadari bahwa pengelolaan sampah yang baik sangatlah penting dalam kehidupan ini. Jujur sebagai generasi muda, kita harus memiliki gerakan untuk Bijak Mengelola Sampah. Kalau tidak kita yang melakukannya ? siapa lagi yang akan melakukannya, karena sampah kita merupakan tanggung jawab kita.  

“Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Waste4Change Sebarkan Semangat Bijak Kelola Sampah 2021
(Alto Refa Chandra)”

Referensi :

Waste4Change, Website Resmi Waste4Change, Diakes Pada Tanggal 25 Maret 2021,  https://waste4change.com/official/