Indonesia ? ketika membicarakan tentang Indonesia, menurutku kata-kata yang tepat untuk menggambarkan Indonesia adalah, “memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah ruah”. Indonesia memiliki komoditas yang sangat beragam dan memiliki banyak sekali manfaat. Hal tersebutlah yang membuat banyak Negara Asing tertarik untuk bisa memiliki kekayaan sumber daya alam di Negara Indonesia.

Coba kita kembali ke masa lalu dan mengkaji secara baik-baik, apa alasan Negara Asing ingin menguasai Negara Indonesia ?. Pastinya, alasan utama adalah ingin menguasai dan memiliki kekayaan sumber daya alam di Negara Indonesia. Lalu aku memiliki pertanyaan pada kalian semua, melihat fakta ini apakah kalian tidak merasa bangga menjadi Warga Negara Indonesia.

Kalau aku pribadi sih merasa bangga, bahkan kalau boleh jujur aku benar-benar cinta pada Negara Indonesia. Memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah ruah membuat Negara Indonesia menjadi Negara yang ingin dimiliki oleh Negara lain. Maka dari itu disini tugas kita adalah untuk terus menjaga dan merawat kekayaan sumber daya alam Indonesia agar tetap bisa dimanfaatkan secara berkelanjutan sehingga kelak anak-cucu kita juga dapat merasakan kemanfaatannya.

Apa Saja Manfaat Dari Memiliki Sumber Daya Alam yang Berlimpah Ruah ?

Ketika membicarakan tentang manfaat memiliki sumber daya alam yang berlimpah ruah, tentunya kita akan memiliki pendapat yang sama yaitu manfaatnya sangatlah banyak. Disini aku akan mencoba menunjukkan semua manfaat yang ada jika suatu Negara memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Semoga saja informasi yang aku berikan akan bermanfaat dan membuat kalian sebagai generasi muda menjadi lebih peduli akan sumber daya alam yang dimiliki oleh Negara kita.

Negara Indonesia Bisa Menjadi Kaya Raya

Memiliki sumber daya alam yang berlimpah merupakan keuntungan tersendiri bagi suatu Negara. Jujur Negara Indonesia merupakan salah satu Negara yang sangat beruntung karena memiliki sumber daya alam yang beragam dan berlimpah ruah. Jika sumber daya alam yang dimiliki bisa dimanfaatkan dengan baik, bukan tidak mungkin kalau Negara Indonesia bisa menjadi Negara yang kaya. Contohnya Negara Qatar yang memiliki kekayaan minyak dan gas alam, karena dimanfaatkan dengan baik membuat Negara Qatar bisa menjadi Negara terkaya di dunia.

Tidak Perlu Fokus Pada Impor

Jujur aku merasa sangat sedih ketika mengetahui fakta bahwa Negara Indonesia lebih banyak melakukan impor dibandingkan dengan ekspor. Bagaimana tidak sedih, dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah ruah kenapa tidak dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan Negara, Kenapa harus bergantung pada Negara lain ?.

Seharusnya ketika melihat keadaan Negara Indonesia yang seperti ini, Negara Indonesia tidak perlu melakukan impor secara berlebihan. Kebutuhan Negara Indonesia sangat bisa terpenuhi dengan cara pemanfaatan sumber daya alam yang baik. Bahkan aku memiliki keyakinan yang tinggi bahwa Negara Indonesia sangat mampu untuk melakukan ekspor ke Negara lain jika melihat dari sudut pandang kakayaan sumber daya alam yang dimiliki.

Menjaga Kelesteraian Bumi

Kalian tahu tidak bahwa sumber daya alam tidak hanya memiliki manfaat untuk makhluk hidup, tetapi juga memiliki manfaat untuk menjaga kelestarian bumi. Ketika sumber daya alam tidak dimanfaatkan dengan baik atau bahkan eksploitasi secara berlebihan akan menjadi rusak dan perlahan-lahan akan terkuras habis. Jika alam tidak lagi seimbang ? lalu bagaimana ? tentunya efek yang ditimbulkan sangatlah dahsyat. Bumi akan menjadi hancur dan pada akhirnya sering terjadi bencana alam.

Sebagai Warisan Untuk Anak dan Cucu Kita

Manfaat yang terakhir adalah sebagai warisan untuk anak dan cucu kita nantinya. Yah, harus diakui bahwa kita saat ini harus memanfaatkan sumber daya alam dengan baik, manfaatkan semaksimal mungkin namun jangan sampai berlebihan. Kalau kita melakukan eksploitasi berlebihan, akan membuat sumber daya alam menjadi terkuras habis. Lalu siapa yang akan dirugikan ? tentunya bukanlah kita, tetapi anak dan cucu kita kelak. Mereka juga memiliki hak untuk merasakan manfaat dari kekayaan sumber daya alam Indonesia.

Berani Melangkah Kearah Terciptanya Negara Indonesia yang Lebih Baik

Bagaimana teman-teman ? setelah mengetahui banyaknya manfaat yang ditawarkan dari adanya kekayaan sumber daya alam yang berlimpah ruah. Apakah kalian tidak memiliki perasaan tertarik untuk menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam Negara Indonesia dengan baik. Kalau aku secara pribadi, memiliki perasaan tertarik. Aku ingin membuat Negara Indonesia menjadi Negara yang besar karena mampu memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki.

Jujur aku merasa sangat malu melihat keadaan saat ini, Negara Indonesia hanya dikenal memiliki sumber daya alam yang berlimpah namun sumber daya manusianya tidak dapat memanfaatkan dengan baik. Mereka hanya bisa bergantung pada Negara Asing dalam pemanfaatan sumber daya alam. Tentunya Kerjasama dengan Negara Asing dalam pemanfaatan sumber daya alam tidak pernah menguntungkan Negara kita. Negara kita malah lebih dirugikan karena keuntungan yang didapatkan lebih kecil dibandingkan keuntungan yang didapatkan Negara Asing.

Nah disini aku ingin mengajak kalian semua untuk berani melangkah, bukan melangkah mundur tetapi melangkah maju kearah terciptanya Negara Indonesia yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang. Coba kita renungkan dengan baik, sebagai generasi muda apakah kita tidak merasa malu melihat Negara Indonesia tertinggal jauh dibandingkan dengan Negara lain ? kalau aku secara pribadi sangat merasa malu. Aku yakin jika kita memang memiliki niat untuk membuat Negara Indonesia menjadi besar, pasti Negara Indonesia akan menjadi besar dibandingkan dengan yang sekarang.

Langkah Awal yang Aku Lakukan Adalah Memilih Produk Kecantikan yang Memanfaatkan Komoditas Lokal

Teman-teman, sejujurnya untuk berkontribusi dalam terciptanya Negara Indonesia yang lebih baik. Tidak perlu kita langsung melakukan hal yang besar untuk mengawalinya, kita dapat memulainya dari yang terkecil. Seperti contohnya aku yang memulai dengan memilih produk kecantikan yang memanfaatkan komoditas lokal.

Apalagi kita tahu sendiri bahwa saat ini komoditas lokal tidak kalah bersaing dibandingkan dengan komoditas asing. Jika komoditas lokal dimanfaatkan dengan baik, akan menghasilkan suatu produk kecantikan yang lebih baik dibandingkan dengan produk kecantikan Negara lain. Menurutku pemanfaatan komoditas lokal sebagai produk kecantikan, sangat bermanfaat bagi Negara dan juga diri kita sendiri.

Pastinya kalian saat ini bertanya-tanya, produk komoditas lokal apa saja kah yang memiliki manfaat guna membuat diri kita menjadi lebih cantik. Nah teruntuk teman-teman yang merasa penasaran, tenang saja karena disini aku akan menunjukkan kepada kalian semua.

Tidak hanya menunjukkan komoditas lokal yang mampu untuk membuat diri kita menjadi lebih cantik. Aku juga akan menunjukkan produk komoditas lokal yang ramah lingkungan dan ramah sosial. Tidak usah menunggu waktu yang lama, produk komoditas lokal terbaik antara lain adalah :

Madu Hutan Leuser

Sumber : https://hutanitu.id/pesonahutan/komoditas-pangan/

Ketika membicarakan tentang madu, pastinya identik dengan rasa manis yang membuat diri kita menjadi ketagihan untuk terus mengkonsumsinya. Faktanya madu juga bermanfaat untuk membuat diri kita menjadi lebih cantik lo teman-teman. Nah manfaat madu untuk kecantikan antara lain adalah menunda penuaan, kulit menjadi tampak lebih bersih dan sehat, kulit menjadi lebih cerah, wajah menjadi bebas dari yang Namanya jerawat dan mengecilkan pori-pori wajah.

Mengetahui semua ini, pastinya membuat diri kita menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi madu. Namun satu hal yang harus kalian ketahui sebelum memutuskan untuk membeli produk mada. Pilihlah produk madu yang dihasilkan dengan proses alami (tidak menggunakan sama sekali zat kimia) dan tentunya ramah lingkungan.

Disini aku akan merekomendasikan produk madu yang memang asli berasal dari pemanfaatan komoditas lokal. Aku merekomendasikan produk madu hutan leuser yang dihasilkan di Kabupaten Aceh Tamiang. Produk ini menurutku sangatlah menarik, kenapa menarik ? karena madu hutan leuser benar-benar bersih dari yang Namanya pestisida kimia.

Tentunya dengan mengkonsumsi produk ini, kita juga turut andil dalam menjaga kelestarian hutan di Negara Indonesia karena produk ini dihasilkan hutan bukan dari kayu yang menjadi sumber kehidupan masyarakat di sekitar hutan leuser.

Kopi Pinogu

Sumber : https://hutanitu.id/pesonahutan/komoditas-pangan/

Nah ketika membicarakan tentang kopi ? pastinya banyak orang yang menyukai kopi. Mengkonsumsi kopi memang memiliki manfaat untuk membuat diri kita menjadi lebih bersemangat dalam beraktivitas dan tentunya menghilangkan rasa ngantuk. Tapi faktanya kopi tidak hanya sebatas itu saja manfaatnya, kopi juga sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit kita lo teman-teman.

Manfaat kopi untuk kecantikan antara lain adalah menghilangkan jerawat, mengangkat sel-sel kulit mati, menyamarkan mata panda, mengurangi selulit, melawan penuaan dini dan kaya dengan vitamin B3 yang mampu mencegah kanker kulit. Wow, sungguh harus diakui bahwa kopi memiliki manfaat yang cukup banyak untuk membuat diri kita menjadi lebih cantik.

Jika diminta memberikan rekomendasi kopi, aku akan merekomendasikan produk kopi pinogu. Kenapa aku merekomendasikan produk ini ? karena produk ini memanfaatkan komoditas lokal. Kopi pinogu merupakan kopi peninggalan perkebunan VOC di tengah hutan yang terletak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Produk kopi ini sangat ramah lingkungan karena ditanam secara alami tanpa menggunakan pupuk atau pestisida sehingga bebas dari yang namanya residu kimia.

Virgin Coconut Oil (VCO)

Sumber : https://hutanitu.id/pesonahutan/komoditas-pangan/

Tidak hanya madu dan kopi yang memiliki manfaat untuk membuat diri kita menjadi lebih cantik. Faktanya coconut oil juga memiliki manfaat untuk membuat diri kita menjadi lebih cantik. Manfaat coconut oil untuk kecantikan antara lain adalah bisa melembutkan kulit, melenyapkan jerawat yang membandel, mencegah kerutan pada area mata, sebagai pembersih wajah dan juga sebagai scrub tubuh.

Mengetahui semua manfaatnya tentunya membuat diri kita menjadi merasa tertarik untuk membelinya. Namun disini satu hal yang harus diingat, sebelum memutuskan untuk membeli produk coconut oil, kita harus menentukan produk coconut oil terbaik yang memang memberikan manfaat yang besar untuk membuat diri kita menjadi lebih cantik.

Disini aku merekomendasikan kepada kalian semua untuk membeli virgin coconut oil yang berasal dari Kabupaten Gorontalo. Kenapa aku merekomendasikan produk ini ? karena produk ini sangat ramah lingkungan dan sosial. Produk virgin coconut oil diproses secara higienis dan juga telah memiliki sertifikasi halal dari MUI. Dengan adanya produk ini, Bapak Wahyudin selaku pemiliki juga dapat memberdayakan seribu perempuan di Kabupaten Gorontalo lo teman-teman.

Produksi virgin coconut oil juga mengedepankan aspek lingkungan dan sosial di dalam segala prosesnya, proses produksinya menggunakan teknologi yang sangat ramah lingkungan dan turut mendukung BPNTD (Bantuan Pangan Non Tunai Daerah).

Minyak Kemiri

Sumber : https://hutanitu.id/pesonahutan/komoditas-pangan/

Hayoo ngaku, siapa disini yang selalu memanfaatkan minyak kemiri untuk menjaga kecantikan dan Kesehatan rambut ?. Aku secara pribadi sangat suka memanfaatkan minyak kemiri, karena memang harus diakui bahwa rambutku akan menjadi lebih cantik dan sehat ketika menggunakan minyak kemiri, apalagi kalau digunakan secara rutin.

Memang harus diakui bahwa minyak kemiri memiliki manfaat yang sangat banyak untuk rambut kita. Contoh manfaat minyak kemiri untuk rambut kita antara lain adalah menumbuhkan rambut dengan lebih cepat, menghilangkan ketombe di rambut kita, mengatasi permasalahan rambut rontok, rambut menjadi lebih hitam, mengatasi kebotakan dan juga mampu untuk mempertebal dan menghitamkan alis.

Disini aku akan merekomendasikan produk minyak kemiri yang berasal dari Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi. Kenapa aku merekomendasikan produk ini ? karena produk ini menggunakan biji kemiri asli yang diolah secara tradisional oleh kelompok perempuan dengan memanfaatkan hasil hutan desa.

Tujuannya adalah guna tercapainya kesejahteraan masyarakat sekitar hutan dan juga guna menjaga kelestarian hutan. Sesungguhnya dengan adanya produksi minyak kemiri, para perempuan daerah sana bisa turut andil untuk membantu perekonomian keluarga.

Yuk Mulai Sekarang Putuskan Untuk Memilih Menggunakan Komoditas Lokal Sebagai Produk Kecantikan

Nah bagaimana teman-teman, setelah mendengar ceritaku tentang manfaat komoditas lokal sebagai produk kecantikan ?. Apakah kalian mulai tertarik untuk turut andil memanfaatkannya, kalau aku secara pribadi sih tertarik untuk turut andil. Aku lebih tertarik untuk membeli produk komoditas lokal yang memiliki manfaat untuk kecantikan. Apalagi produk komoditas lokal yang ditawarkan, diproduksi secara alami dan ramah lingkungan.

Tentunya dengan mengetahui keunggulan ini, kalau kita tetap memutuskan membeli produk asing kan sangat disayangkan. Kenapa harus membeli produk asing, kalau faktanya Negara kita saja bisa membuatnya. Aku berharap kita semua mulai mencintai produk asli dalam Negeri. Dengan membeli produk komoditas lokal, kita turut berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi Negara Indonesia.

Tidak hanya meningkatkan ekonomi Negara, kita juga berkontribusi besar untuk memberdayakan masyarakat sehingga akan tercapai tujuan Negara Indonesia yaitu menjadikan masyarakat sejahtera. Sungguh disini adalah tugas kita semua, kalau tidak kita yang melakukannya, lalu siapa lagi ?.  Yuk mulai sekarang kita semua melakukan tindakan kecil untuk turut berkontribusi dalam terciptanya Negara Indonesia yang lebih baik.

Pesan terakhirku kepada kalian semua adalah mulai sekarang buatlah kisah menarik tentang perjalanan kita untuk mendapatkan kecantikan dan kesehatan yang berkelanjutan dengan cara memanfaatkan komoditas lokal. Kenapa harus menggunakan produk komoditas lokal ? karena tidak hanya menguntungkan diri kita secara pribadi, juga memberikan keuntungan kepada Negeri tercinta ini.

“Artikel Ini Juga Diikutsertakan Dalam Kompetisi Blog #LestarikanCantikmu: Share Your Sustainable Beauty and Wellness Story!

Referensi :

hutanitu.id, Komoditas Pangan, Diakses pada tanggal tanggal 3 Maret 2021, https://hutanitu.id/pesonahutan/komoditas-pangan/