Tiba-tiba di pagi hari yang cerah, saya memiliki kerinduan akan beberapa momen masa lalu. Entah kenapa saya ingin bernostalgia dengan cara melihat beberapa foto lama saya, sungguh sangat menyenangkan rasanya bisa bernostalgia dengan beberapa momen masa lalu. Momen ketika bersama teman-teman menuntut pendidikan di salah satu Perguruan Tinggi, momen dimana merasakan yang namanya liburan dan momen ketika bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dari sekian banyak foto masa lalu, ada satu foto yang menarik perhatian saya. Foto ini diambil ketika saya melakukan wawancara pada salah satu UMKM bernama Kogi Hydroponics Kediri. Sesungguhnya saya mendapatkan ilmu banyak dari pemilik usaha, beliau mengajarkan tentang cara Pemasaran, pengelolaan Keuangan, proses Operasional dan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang baik dan benar.

Saya masih mengingat dengan jelas kata-kata dari beliau yaitu “perkembangan bisnis saya, tidak mungkin bertumbuh dengan cepat jika hanya ditunjang dengan sistem konvensional. Kunci perkembangan bisnis ini adalah pemanfaatan internet yang maksimal. Internet benar-benar membantu para pelaku UMKM untuk mengenalkan dan memasarkan produk ke jangkauan konsumen yang lebih luas”.

Yah harus diakui bahwa memang benar adanya kata-kata beliau, dengan bantuan internet bisnis Kogi Hydroponics Kediri memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Pasar UMKM ini tidak hanya daerah Kediri saja, tetapi sudah merambah ke daerah Jawa Timur. Bahkan dengan modal bisnis jutaan saja, beliau bisa mendapatkan keuntungan bulanan sekitar puluhan juta, sungguh harus diakui sangat istimewa.