Hallo teman-teman, bagaimana kabar kalian ? saya berharap kalian semua berada dalam keadaan yang baik-baik saja. Disini saya ingin bercerita tentang pengalaman dan perjuangan yang saya lakukan untuk menyelesaikan skripsi di tengah pandemi. Semoga pengalaman yang saya berikan dapat bermanfaat dan memotivasi kalian semua bahwa meskipun diberikan suatu cobaan, asalkan kita memiliki kemauan, semua keinginan kita pasti bisa untuk tercapai.

Berbicara tentang skripsi, seakan-akan menjadi satu hal yang menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Lalu bagaimana kalau kita terpaksa mengerjakan skripsi di tengah pandemi ? tentunya lebih menakutkan dan menyulitkan. Bahkan sering kali saya menemui kasus bahwa mahasiswa akhir menyerah untuk mencoba menyelesaikan skripsi karena menemui beberapa cobaan ketika mencoba menyelesaikannya. Sejujurnya saya hampir saja menyerah, namun berkat motivasi dari orang tua, saya mencoba bangkit kembali dan akhirnya bisa menyelesaikan skripsi.  

TERDAPAT DUA KARAKTERISTIK MAHASISWA DALAM MENGHADAPI SKRIPSI DI TENGAH PANDEMI

Sadar atau tidak bahwa faktanya terdapat dua karakteristik berbeda yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi skripsi di tengah pandemi. Pertama mahasiswa dengan karakteristik pantang menyerah menyelesaikan skripsi meskipun di tengah pandemi dan kedua mahasiswa dengan karakteristik mudah menyerah menyelesaikan skripsi karena pandemi. Disini saya akan mencoba menunjukkan karakteristik keduanya secara detail, saya berharap teman-teman semua memahami dengan baik terkait kedua karakteristik ini.

Karakteristik Pertama : Pantang Menyerah Menyelesaikan Skripsi

Karakteristik pertama adalah mahasiswa yang pantang menyerah untuk mencoba menyelesaikan skripsi. Karakteristik seperti ini memiliki keinginan yang kuat untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Apapun rintangan yang menghadang, tidak akan menjadi alasan untuk mereka tidak menyelesaikan skripsi. Pada akhirnya mahasiswa seperti ini yang memiliki persentase besar untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Karakteristik Kedua : Mudah Menyerah Untuk Menyelesaikan Skripsi

Karakteristik kedua adalah mahasiswa yang mudah menyerah untuk menyelesaikan skripsi. Ketika harus menghadapi permasalahan seperti pandemi, membuat mental mereka menjadi turun dan berdampak pada keberlangsungan skripsi yang mereka kerjakan. Mereka seolah-olah tidak memperdulikan lagi skripsi yang dikerjakan dengan alasan adanya pandemi. Pada akhirnya skripsi mereka akan terbengkalai dan tidak bisa selesai tepat waktu.

KARAKTERISTIK MANA YANG LEBIH BAIK ?

Setelah mengetahui kedua perbedaan karakteristik mahasiswa dalam menghadapi skripsi di tengah pandemi, menurut kalian karakteristik mana yang lebih baik ?. Jawaban dari pertanyaan ini tentunya berbeda-beda, karena terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhinya. Namun jika teman-teman menanyakan kepada saya terkait karakteristik mana yang lebih baik ?.

Saya secara pribadi akan memilih karakteristik mahasiswa yang pertama yaitu pantang menyerah untuk menyelesaikan skripsi. Saya rasa pandemi tidak boleh menjadi alasan untuk kita tidak menyelesaikan skripsi. Saya memiliki keyakinan bahwa meskipun ada pandemi, skripsi kita bisa terselesaikan asalkan ada kemauan yang besar dalam diri kita.

SAYA MEMBULATKAN TEKAT UNTUK MENYELESAIKAN SKRIPSI

Jujur saya tidak pernah menyangka bahwa ditengah perjalanan menyelesaikan skripsi, akan ada cobaan yaitu terjadi pandemi di Negara Indonesia. Saya awalnya merasa frustasi dan depresi, saya benar-benar takut nantinya skripsi yang telah dikerjakan setengah perjalanan tidak selesai tepat waktu. Namun berkat tekat saya yang kuat dan tentunya motivasi dari orang tua, menjadi pemicu untuk saya bangkit dan mampu lagi untuk mengerjakan skripsi.

Beruntungnya saya, setelah sekian lama terjada drama, akhirnya saya bisa juga untuk menyelesaikan skripsi di tengah pandemi. Bangga ? tentu saja saya merasa bangga, apalagi saya bisa menyelesaikan skripsi lebih dahulu dibandingkan dengan teman-teman saya. Saya benar-benar bahagia karena meskipun ada pandemi, ternyata saya bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Tidak hanya saya saja yang bahagia, orang tua juga merasa bahagia dan bangga melihat saya bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

TIPS DAN TRIK MENYELESAIKAN SKRIPSI DI TENGAH PANDEMI

 

Teman-teman, apakah ada diantara kalian yang mengalami problematika dalam mengerjakan skripsi ?. Apakah kalian tidak ingin dapat menyelesaikan skripsi seperti saya ?. Teruntuk teman-teman yang memiliki keinginan untuk bisa menyelesaikan skripsi di tengah pandemi. Disini saya akan membagikan beberapa tips dan trik menyelesaikan skripsi di tengah pandemi, tips dan trik yang saya berikan antara lain adalah :

Menguatkan Tekat dan Niat

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menguatkan tekat dan niat untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Kita harus memiliki keyakinan yang besar bahwa pandemi bukan menjadi penghalang untuk menyelesaikan skripsi. Asalkan punya tekat dan niat yang kuat untuk mencapai tujuan, apapun rintangannya tentunya bisa untuk kita hadapi dan lalui.

Meminta Restu Orang Tua

Langkah selanjutnya adalah meminta restu orang tua agar pengerjaan skripsi kita menjadi lebih mudah. Doa orang tua tentunya sangat penting untuk menjadi penunjang keberhasilan kita dalam menyelesaikan skripsi. Tanpa adanya restu dan doa dari orang tua, akan membuat kita lebih sulit dalam mencapai segala tujuan.

Berkonsultasi Dengan Dosen Pembimbing

Jangan pernah lupa menyempatkan waktu berkonsultasi dengan dosen pembimbing untuk menanyakan kelanjutan skripsi kalian. Tentunya dosen akan sangat senang ketika dihubungi oleh mahasiswa ketika keadaan pandemi. Dosen pembimbing akan memiliki persepsi bahwa kalian memang memiliki niat untuk segera menyelesaikan skripsi di tengah pandemi.

Rutin Mencari Referensi di Internet

Kita tahu bahwa di keadaan pandemi, banyak perpustakaan yang tidak beroperasi. Tetapi hal ini bukan menjadi penghalang bagi kita untuk mencari referensi, apalagi saat ini ada internet yang tentunya membuat kita lebih mudah untuk mencari referensi. Sesungguhnya internet juga dapat memberikan referensi yang banyak untuk bahan skripsi kita, asalkan kita mau untuk terus mencari.

Sering Berdiskusi Dengan Teman

Satu hal yang tidak kalah penting adalah sempatkan waktu untuk berdiskusi dengan teman seperjuangan kalian. Kalian bisa menanyakan terkait keberlangsungan skripsi teman-teman kalian ataupun untuk saling berbagi informasi terkait referensi teori dan metode skripsi. Sesungguhnya teman bisa menjadi motivasi besar bagi kalian untuk bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu.

Sempatkan Waktu Untuk Mengerjakan Skripsi

Waktu akan terasa lebih cepat ketika kita tidak pernah melakukan apa-apa, tidak terasa kita sudah membuang waktu berbulan-bulan dan skripsi kita ternyata tidak pernah berjalan. Apa penyebab utama semua ini ? penyebabnya karena kita malas untuk mengerjakan skripsi. Percayalah kunci dalam menyelesaikan skripsi adalah menyempatkan waktu beberapa jam setiap hari untuk mengerjakan skripsi. Kalau kita sama sekali tidak mau mengerjakan, tentunya skripsi kita tidak akan pernah berjalan.

CARA MENJAGA KESEHATAN DAN DAYA TAHAN TUBUH MESKIPUN SIBUK MENGERJAKAN SKRIPSI

Ibu pernah berkata kepada saya “bahwa saya boleh fokus mengerjakan skripsi, tetapi di keadaan pandemi, penting hukumnya bagi saya untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh”. Saya merasa perkataan dari ibu sangatlah benar adanya, jangan sampai karena kesibukan mengerjakan skripsi, malah berdampak pada kesehatan dan daya tahan tubuh saya yang menurun.

Tentunya kesehatan dan daya tahan tubuh yang menurun, akan berdampak pada mudahnya virus Corona dalam menyerang tubuh saya. Maka dari itu saya memiliki cara untuk tetap menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di tengah keadaan yang begitu padat, cara yang saya lakukan antara lain adalah :

Menghindari yang Namanya Stres

Harus diakui bahwa banyak orang yang terbebani dalam mengerjakan skripsi, pada akhirnya malah membuat stres. Tentunya stres mengerjakan skripsi terjadi karena merasa terbebani, skripsi seolah-olah menjadi beban yang sangat besar. Cara yang saya lakukan untuk menghindari stres ketika mengerjakan skripsi adalah menganggap skripsi bukan beban. Saya selalu merasa bahwa mengerjakan skripsi sangatlah menyenangkan, inilah yang membuat saya tidak pernah merasa stres ketika mengerjakan skripsi.

Istirahat yang Cukup

Banyak mahasiswa yang terlalu fokus dan sibuk mengerjakan skripsi sampai-sampai lupa yang namanya waktu istirahat. Tentunya hal ini tidak baik dan malah berdampak pada kesehatan dan daya tahan tubuh, jangan sampai skripsi membuat kita malah menjadi jatuh sakit. Maka dari itu di tengah kesibukan mengerjakan skripsi, jangan pernah lupa menyempatkan waktu istirahat yang cukup yaitu tidur 7-8 jam jam per hari.

Melakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang teratur memiliki peranan penting untuk membuat kesehatan dan daya tahan tubuh kita menjadi lebih baik. Saya pribadi ketika sibuk mengerjakan skripsi, selalu menyempatkan waktu satu jam per hari untuk berolahraga. Olahraga yang sering saya lakukan di rumah adalah push up, pull up, sit up dan jogging. Tentunya disini teman-teman juga dapat melakukan olahraga yang sama dengan saya agar kesehatan dan daya tahan tubuh teman-teman tetap terjaga.

Tetap Menjaga Pola Makan dan Minum

Percaya atau tidak bahwa realitanya banyak orang yang terlalu keasyikan mengerjakan skripsi, sampai lupa untuk menjaga pola makan dan minum. Tentunya hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh teman-teman. Disini saya menyarankan kepada teman-teman, meskipun sibuk mengerjakan skripsi untuk tetap menjaga pola makan dan minum. Wajib hukumnya untuk kalian makan-makanan sehat dan bergizi setiap hari. Wajib juga hukumnya untuk teman-teman minum air putih kurang lebih sebanyak 2 liter per hari.

Sering Berjemur di Luar Rumah

Teman-teman, kalian tahu tidak bahwa berjemur memiliki manfaat yang cukup besar untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Maka dari itu saya selalu rutin berjemur setiap hari, wajib hukumnya bagi saya untuk menyempatkan waktu 10-15 menit di pagi hari untuk berjemur.  Menurut saya waktu yang tepat untuk berjemur yaitu sekitar jam 08.00-09.00 pagi.  Nah disini saya memiliki saran kepada teman-teman yang sibuk mengerjakan skripsi untuk menyempatkan sedikit waktu berjemur guna menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Minum-Minuman Herbal

Dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Ibu selalu merekomendasikan saya untuk mengkonsumsi minuman-minuman herbal. Alasannya karena kita tidak tahu efek samping yang akan ditimbulkan oleh obat-obatan di kemudian hari. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, saya memutuskan untuk mengkonsumsi minuman-minuman herbal setiap hari.

HERBADRINK MENJADI MINUMAN HERBAL PILIHAN UNTUK MENJAGA KESEHATAN DAN DAYA TAHAN TUBUH

Nah teman-teman, saat ini untuk mengkonsumsi minuman herbal, kita tidak perlu lagi repot-repot yang namanya membeli bahan baku dan mengolahnya secara sendiri. Apalagi sudah tersedia minuman herbal alami dengan varian yang sangat beragam bernama Herbadrink. Tentunya ketika membicarakan tentang Herbadrink, saya memiliki keyakinan yang tinggi bahwa mayoritas dari teman-teman telah mengenal produk yang satu ini.

Yup benar sekali, Herbadrink merupakan minuman herbal alami yang dibuat sesuai dengan resep tradisional Indonesia. Proses pembuatannya menggunakan teknologi modern namun tetap fokus pada mempertahankan manfaat alami. Berbicara tentang kemasannya, produk ini dikemas secara praktis dan higienis. Produk Herbadrink dijamin bersih, tanpa pengawet, tanpa endapan dan tinggal seduh. Tentunya hal ini membuat konsumen lebih yakin ketika ingin mengkonsumsi produk Herbadrink. Berbicara tentang cita rasa, produk Herbadrink memiliki cita rasa enak dan segar yang tentunya membuat siapapun merasa jatuh cinta ketika mengkonsumsinya.

Berbicara tentang produk Herbadrink bisa dikatakan sangatlah beragam, produk Herbadrink telah tersedia dalam 12 varian yaitu Sari Jahe, Sari Temulawak, Chrysanthemum, Kunyit Asam, Kunyit Asam Sirih Plus Madu, Beras Kencur, Kopi Ginseng dan Wedang Uwuh. Bagi teman-teman yang saat ini mulai mengurangi gula, Herbadrink juga menawarkan produk varian sugar free yaitu Sari Jahe Sugar Free, Sari Temulawak Sugar Free, Chrysanthemum Sugar Free dan Lidah Buaya Sugar Free. Dengan banyaknya produk yang ditawarkan, tentunya membuat kita sebagai konsumen memiliki kebebasan untuk membeli produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

HERBADRINK FAVORIT SAYA ADALAH SARI TEMULAWAK

Dari sekian banyaknya varian produk yang ditawarkan Herbadrink, produk Herbadrink favorit saya adalah Sari Temulawak. Jujur saya benar-benar jatuh cinta dengan produk ini, ketika membicarakan tentang produk ini hanya ada kata “no debat”.  Produk Herbadrink Sari Temulawak adalah yang terbaik bagi saya, rasanya manis dan tentunya menjadi kunci untuk memperbaiki nafsu makan saya. Produk Herbadrink Sari Temulawak memiliki kandungan ekstrak Curcuma Xanthorrizha Rhizoma 2,2 g setara dengan 800 mg Rimpang segar Temulawak, gula dan bahan lainnya hingga 18 g. Saya sangat suka mengkonsumsi produk ini di pagi hari, cara penyajian yang saya sukai adalah dengan 150ml air panas.

Herbadrink Sari Temulawak terbuat dari resep minuman tradisional dan tentunya diproduksi tanpa pengawet sama sekali. Herbadrink Sari Temulawak memiliki senyawa glikosida, flavonoid, kurkumin, xanthorrhizol, minyak atsiri dan zat kalagoga. Senyawa ini bermanfaat untuk memelihara fungsi hati, meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi pencernaan. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa Sari Temulawak memiliki manfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah.

Produk Herbadrink Sari Temulawak dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Herbadrink Sari Temulawak diracik tanpa mengurangi rasa kenikmatan minuman herbal dari alam, kualitas dan rasa manisnya dijamin pas dan terjaga dengan baik serta sangat cocok untuk menjadi minuman herba-break kita setiap harinya. Nah buat teman-teman yang bertanya-tanya, produk Herbadrink Sari Temulawak cocok untuk siapa saja ?. Sejujurnya produk ini sangat cocok untuk para pekerja, pecinta olahraga dan tentunya untuk semua kalangan.

HERBADRINK FAVORIT IBU SAYA ADALAH SARI JAHE

Ketika membicarakan tentang varian produk Herbadrink yang disukai ibu saya, tentunya berbeda dengan diri saya. Produk Herbadrink favorit ibu saya adalah Sari Jahe, saya rasa ibu benar-benar jatuh cinta dengan produk Herbadrink Sari Jahe. Produk Herbadrink Sari Jahe memiliki rasa manis, pedas dan mampu untuk menghangatkan badan, sangat cocok diminum ketika hujan. Produk Herbadrink Sari Jahe mengandung ekstrak jahe 9.5 g, gula dan bahan lainnya hingga 22 g. Ibu sangat suka mengkonsumsi produk ini ketika pagi hari dan hujan, cara penyajian yang disukai ibu adalah dengan 150ml air panas.

Herbadrink Sari Jahe terbuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Herbadrink Sari Jahe memiliki senyawa seperti Zingeron, minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit. Senyawa ini tentunya bermanfaat sebagai bahan obat masuk angin, menurunkan tekanan darah, membantu pencernaan, mencegah mual, memberi rasa nyaman pada lambung, mencegah penyumbatan pembuluh darah dan pengobatan rematik.

Produk Herbadrink Sari Jahe dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Herbadrink Sari Jahe rasanya sangat enak dan segar, tepat untuk menjadi minuman herba-break kita setiap hari. Nah produk ini bisa dikatakan sangat cocok untuk semua kalangan, terutama untuk teman-teman yang mengalami permasalahan seperti masuk angin. Produk ini menjadi solusi untuk membuat tubuh kita menjadi terasa lebih hangat.

YUK SEGERA PUTUSKAN MEMBELI PRODUK HERBADRINK DAN TENTUKAN VARIAN FAVORIT KALIAN

Bagaimana teman-teman ? saya yakin setelah membaca semua ini, membuat kalian merasa tertarik untuk memutuskan membeli produk Herbadrink. Nah disini saya sangat merekomendasikan untuk kalian semua segera memutuskan membeli produk Herbadrink. Apalagi Herbadrink sangat cocok untuk di konsumsi setiap hari dan tentunya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di kala pandemi.

Buat teman-teman yang penasaran dimana tempat untuk mendapatkan produk Herbadrink ?. Tentunya produk ini sangat mudah untuk didapatkan, kalian dapat membeli produk ini di supermarket terdekat atau E-commerce. Kalau saya pribadi membelinya melalui Shopee Konimex, karena menurut saya pembeliannya lebih mudah karena tidak perlu keluar rumah dan tentunya variannya lebih lengkap. Kalau berbicara tentang harga produk Herbadrink, menurut saya harganya sangat-sangat terjangkau. Bagaimana teman-teman ? setelah mengetahui semua ini, tunggu apalagi yuk segera putuskan untuk membeli produk Herbadrink sekarang juga.

Artikel ini Juga Diikutsertakan Dalam #KebaikanAlamiHerbadrink Blog Competition yang Diselenggarakan Oleh Herbadrink (Konimex)

Referensi :

Herbadrink.com, Website Resmi Herbadrink, Diakses Pada Tanggal 8 Desember 2020,  https://www.herbadrinknatural.com/