Hallo teman-teman, banyak orang yang bilang bahwa masa-masa ketika dibangku SMA atau kuliah adalah masa yang paling menyenangkan dan indah dalam hidup. Apakah kalian setuju dengan semua ini ? kalau saya secara pribadi sangat setuju dengan ucapan ini. Pada masa tersebut kita tidak perlu merasakan yang namanya bekerja sampai larut malam, besok bisa makan atau tidak, banting tulang cari uang dan mau beli ini itu tapi ragu.

Pada masa itu yang ada hanya bahagia saja, bebas lepas menghabiskan waktu bersama teman-teman. Sampai-sampai saya tidak percaya dengan kata dari orang tua yang mengatakan bahwa “cari kerja itu sulit, banyak orang yang akan bersaing untuk mendapatkan sebuah pekerjaan”. Bahkan ada beberapa kenalan saya yang mengatakan bahwa “kamu akan merasakan dimana hidupmu tidak berguna. Percaya tidak bahwa setelah lulus kuliah saya mengganggur selama satu tahun dan rasanya hidup saya benar-benar sangat sengsara”.

Semua perkataan diatas waktu itu saya anggap seperti angin lewat saja, saya tidak memperdulikan sama sekali perkataan dari mereka. Saya memiliki keyakinan tinggi bahwa setelah lulus dari Perguruan Tinggi akan langsung mendapatkan sebuah pekerjaan. Entah kenapa, saya benar-benar yakin bahwa banyak perusahaan yang akan tertarik dengan diri saya dan tentunya saya tidak akan bernasib sama dengan mereka.

BAHAGIA SEMENTARA KETIKA MENDAPATKAN GELAR SARJANA

Jujur waktu itu saya benar-benar bersyukur karena dosen pembimbing meminta saya untuk mengajukan diri melaksanakan ujian skripsi. Bahagia ? tentu saja apalagi dibandingkan dengan teman-teman yang lain, saya mendapatkan kesempatan untuk ujian terlebih dahulu. Saya masih ingat dengan jelas tanggal ujian skripsi saya yaitu 14 April 2020. Saya sangat bersemangat karena setelah ini akan menjalani kehidupan baru menjadi seorang Sarjana Manajemen.

Setelah ujian skripsi dan dinyatakan lulus tentunya membuat saya sangat bahagia, dunia rasanya menjadi milik saya sendiri. Apalagi saya mendapatkan banyak ucapan dari teman-teman karena telah menjadi seorang Sarjana. Dalam hati saya berkata “Yey, setelah ini waktunya saya untuk unjuk gigi di persaingan dalam mencari kerja.”. Waktu itu saya benar-benar yakin lebih unggul dibandingkan dengan para pencari kerja lainnya, target saya sebelum wisuda sudah harus memiliki sebuah pekerjaan.

KADANG REALITA TIDAK SESUAI DENGAN HARAPAN KITA

Apakah saya sudah wisuda ? jawabannya adalah iya, saya sudah wisuda pada tanggal 8 November 2020. Apakah saya sudah mendapatkan pekerjaan ? jawabannya adalah belum, sampai saat ini saya belum memiliki sebuah pekerjaan. Saya benar-benar menyesal karena terlalu percaya diri, memang harus diakui bahwa mencari pekerjaan tidak semudah seperti yang dibayangkan. Harapan saya untuk mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda harus dikubur secara dalam-dalam karena realitanya sampai saat ini saya masih belum memiliki sebuah pekerjaan.

ANGKA PENGANGGURAN DI NEGARA INDONESIA SANGAT TINGGI

Siapa bilang hanya saya saja yang merasakan sengsara, faktanya memang Negara Indonesia saat ini sedang berduka. Covid-19 memberikan pukulan telak yang membuat angka pengangguran di Negara Indonesia menjadi meningkat tinggi. Berdasarkan data yang saya dapatkan dari databoks akibat dampak dari Covid-19, pengangguran di Negara Indonesia menjadi 9,77 Juta orang per Agustus 2020. Jumlah pengangguran di Negara Indonesia naik 2,67 Juta orang dibandingkan pada Agustus 2019 yang jumlah pengangguran Negara Indonesia mencapai 7,1 Juta orang.

Sungguh jujur dalam hati saya yang paling dalam ketika melihat semua data ini, saya merasa takut. Apalagi saya sebagai seorang frash graduate terpaksa bersaing mati-matian dengan pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman. Berdasarkan informasi lain yang saya dapatkan dari (maukerjaid) bahwa fakta di lapangan pada bulan Agustus 2020 terdapat 3,5 Juta orang berpengalaman di PHK selama pandemi dan 3 Juta lulusan baru menganggur terlahir selama pandemi. Saya hanya bisa geleng-geleng kepala saja mengetahui semua ini, bersaing dengan frash graduate saja sudah susah apalagi harus bersaing dengan para pencari kerja yang sudah memiliki pengalaman.

APAKAH ADANYA ORANG DALAM JUGA MENJADI FAKTOR SULITNYA MENCARI KERJA ?

Teman-teman, saya ingin bertanya kepada kalian semua apakah ada disini yang merasa sulit mencari kerja karena tidak memiliki kenalan orang dalam di sebuah perusahaan. Saya sering kali menemui orang-orang yang mengeluh karena terdapat banyak orang yang dengan mudah mendapatkan pekerjaan berkat memiliki kenalan di perusahaan. Keluhan yang sering kali saya dengar antara lain adalah  “wah jelas saja dia mudah mendapatkan pekerjaan, kan orang tuanya bekerja di perusahaan tersebut” atau “padahal dia gak pandai-pandai amat lo, kok dia bisa bekerja di perusahaan itu ya, apa gara-gara saudaranya juga ada yang kerja di perusahaan itu”.

Memang harus diakui bahwa banyak perusahaan yang masih menggunakan sistem orang dalam, namun sesungguhnya tidak bisa dipukul rata ke seluruh perusahaan. Terdapat banyak juga perusahaan yang mencari tenaga kerja dengan melihat kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kerja. Jadi kalian jangan pernah berkecil hati, ketika kalian memiliki kemampuan yang baik di bagian pekerjaan yang kalian lamar terdapat peluang besar untuk lolos diterima kerja dibagian tersebut.

TERDAPAT DUA KARAKTERISTIK FRASH GRADUATE KETIKA MASUK KE DUNIA MENCARI KERJA

Teman-teman, kalian tahu tidak bahwa terdapat dua karakteristik berbeda yang dimiliki oleh frash graduate ketika masuk ke dunia mencari kerja. Saya disini akan mencoba menunjukkan kepada kalian semua terkait dua contoh karakteristik frash graduate yang bisa dikatakan sangat bertolak belakang. Tentunya saya akan menunjukkan secara detail, saya berharap teman-teman mengkaji dengan baik terkait kedua contoh karakteristik ini.

Karakteristik Pertama : Tidak Pernah Pantang Menyerah

Karakteristik pertama adalah frash graduate yang tidak pantang menyerah dalam mencari sebuah pekerjaan. Mereka terus mencoba untuk melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan, meskipun telah gagal ratusan kali. Mereka tidak akan menyerah dan mencoba lagi untuk melamar pekerjaan ke perusahaan lain. Karakteristik ini harus diakui memiliki keyakinan tinggi bahwa suatu saat nanti akan mendapatkan sebuah pekerjaan.

Karakteristik Kedua : Sangat Mudah Untuk Menyerah

Karakteristik kedua adalah frash graduate yang sangat mudah menyerah dalam mencari sebuah pekerjaan. Beberapa kali mencoba melamar pekerjaan dan hasilnya gagal, telah membuat mereka menyerah melamar sebuah pekerjaan. Karakteristik ini sering mengeluh karena keadaan seperti adanya Covid-19 dan juga adanya sistem orang dalam. Mereka memutuskan untuk tidak lagi melamar pekerjaan karena hanya membuang-buang waktu saja.

KARAKTERISTIK MANA YANG LEBIH BAIK ?

Saya ingin bertanya kepada kalian semua, diantara karakteristik pertama dan kedua, menurut kalian karakteristik mana yang lebih baik ?. Saya memiliki keyakinan bahwa mayoritas diantara kalian akan menjawab karakteristik pertama adalah yang baik. Saya pribadi juga memiliki pendapat bahwa karakteristik pertama adalah yang baik. Alasannya karena pekerjaan tidak akan pernah kita dapatkan kalau kita mudah menyerah, pahamilah bahwa dunia kerja tidak semudah itu. Kita harus berjuang ekstra keras dibandingkan dengan orang lain untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

SAYA TIDAK PANTANG MENYERAH UNTUK MENDAPATKAN SEBUAH PEKERJAAN

Percaya atau tidak bahwa setelah lulus kuliah dan sampai sekarang saya sudah melamar pekerjaan sebanyak ratusan kali. Hasilnya tidak ada perusahaan yang menerima saya, mungkin memang saya tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Namun apakah saya menyerah dengan keadaan seperti ini ? tentu saja tidak, saya akan terus mencoba dan mencoba untuk melamar sebuah pekerjaan.

Saya yakin banyak orang yang bernasib sama dengan saya, atau bahkan malah lebih buruk dari saya. Mungkin ada orang yang melamar pekerjaan lebih banyak dibandingkan dengan saya, namun sampai saat ini pun belum mendapatkan sebuah pekerjaan. Pahamilah teman-teman bahwa diam bukanlah solusi, lebih baik kita terus berusaha untuk mencoba dan tidak pantang menyerah. Kenapa ? karena ketika kita tetap terus mencoba peluang berhasilnya lebih besar dibandingkan dengan kita hanya diam saja.

SAYA BUTUH CARA BARU DALAM MENCARI KERJA

Berbagai cara melamar sebuah pekerjaan telah saya lakukan dari mengirim lamaran kerja secara langsung, email, situs pencari kerja dan website perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang memanggil saya, namun ketika ditengah perjalanan proses rekrutmen seperti wawancara dan psikotes saya selalu gugur. Saya selalu bertanya-tanya, kenapa bisa gugur ? akhirnya saya mencoba menarik kesimpulan bahwa mungkin karakteristik dan kemampuan yang saya miliki tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan.

Jujur saya mulai bosan dengan keadaan seperti ini, rasanya saya membutuhkan cara baru dalam mencari sebuah pekerjaan. Saya memiliki pemikiran “kenapa harus saya yang mendatangi dan melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan ? pada akhirnya pun saya tidak memenuhi kriteria yang telah ditetapkan perusahaan”. Saya harus melakukan perubahan, saya harus bisa membuat realita kehidupan menjadi seperti ini “karena kemampuan yang saya miliki membuat perusahaan yang mendatangi saya untuk menawarkan sebuah pekerjaan”.

Sungguh sangat bersyukur karena Tuhan menjawab semua keinginan saya melalui teman saya. Saya mencoba menghubungi dia dan menanyakan terkait bagaimana cara dia bisa mendapatkan sebuah pekerjaan, karena seingat saya dia juga pernah mengalami menjadi pengangguran dalam jangka waktu yang bisa dikatakan lama. Dia ternyata memahami keresahan yang saya alami yaitu “belum memiliki sebuah pekerjaan”. Beruntungnya dia bukan seseorang yang hanya bisa berempati, dia juga mencoba memberikan solusi kepada saya. Teman saya merekomendasikan saya untuk menggunakan Talent marketplace bernama EKRUT.

YUK LEBIH KENAL DEKAT DENGAN TALENT MARKETPLACE BERNAMA EKRUT

Teman-teman, saya ingin bertanya kepada kalian semua, apakah ketika kalian bermain media sosial ataupun browsing pernah melihat iklan tentang EKRUT ? jika kalian pernah mengalaminya berarti kita sama. Namun apakah kalian tahu apa sebenarnya EKRUT ? nah teruntuk teman-teman yang mengetahui tentang EKRUT, selamat karena kalian lebih maju dibandingkan dengan saya.

Awalnya saya tidak tahu sama sekali EKRUT itu apa ? saya mulai paham ketika mendapatkan penjelasan dari teman saya. Nah teruntuk teman-teman yang belum mengetahui, jangan pernah berkecil hati karena disini saya akan menjelaskan kepada kalian semua apa sebenarnya EKRUT itu. Saya akan menjelaskan secara detail tentang EKRUT, jadi saya berharap kalian semua menyimak informasi yang saya berikan secara mendalam.

Ekrut merupakan talent marketplace yang didirikan Anthony Kusuma dan Steven Suliawan dengan memiliki konsep berbasis data science, konsep ini membuat perusahaan lebih mudah untuk mendapatkan kandidat. Ekrut memiliki tujuan untuk menghubungkan para pencari kerja dengan perusahaan yang sesuai. Konsep utama Ekrut adalah para talenta pencari kerja melakukan pendaftaran di Ekrut dan selanjutnya perusahaan yang akan mencari kandidat sesuai dengan preferensi.

Dengan konsep ini tentunya membuat proses perekrutan menjadi lebih cepat, perekrutan yang biasanya memakan waktu 2-4 minggu. Dengan Ekrut proses rektrutmen hanya memakan waktu hitungan menit saja, tentunya hal ini sangat menguntungkan sekali bagi para pencari kerja dan perusahaan. Satu hal yang harus kalian tahu bahwa Ekrut dari awal berfokus pada pemenuhan talenta di bidang teknologi informasi. Ekrut mengupayakan yang maksimal agar para talenta-talenta yang memiliki kemampuan tinggi dibidang teknologi dapat bergabung dengan perusahaan-perusahaan besar.    

APA ITU TALENT MARKETPLACE ?

Wah kak saya kok merasa asing ya dengan yang namanya Talent Marketplace, saya kalau melamar pekerjaan selalu melalui job portal. Emang beda ya Talent Marketplace dengan job portal ? kalau beda, memangnya perbedaannya apa kak ?. Buat teman-teman yang belum mengetahui tentang Talent Marketplace, selamat karena kalian telah berkunjung ke artikel yang tepat. Disini saya akan mencoba untuk membagikan informasi terkait Talent Marketplace, semoga informasi yang saya berikan bermanfaat kepada kalian semua.

Talent Marketplace merupakan suatu platform yang memiliki peran untuk menghubungkan talent (calon karyawan) dengan employer (perusahaan) yang sedang mencari kandidat untuk mengisi lowongan pekerjaan yang tersedia. Jadi dapat disimpulkan bahwa talent memiliki peluang untuk direkrut oleh employer berdasarkan kriteria yang sesuai dengan persyaratan. Perbedaan yang mencolok antara Talent Marketplace dengan job portal adalah Talent Marketplace memiliki fokus pada bidang-bidang tertentu saja sedangkan job portal fokusnya lebih luas.

Seperti contohnya Perusahaan EKRUT yang memiliki fokus pada bidang informasi, komunikasi dan teknologi. Pekerjaan yang populer di EKRUT antara lain Software Engineering, Product Management, Marketing dan Communications, Data Science. Dengan lebih fokus tentunya akan mempermudah kandidat mendapatkan peluang pekerjaaan impian dan employer juga akan lebih mudah untuk merekrut kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan. Teruntuk teman-teman yang tadi bertanya-tanya pada saya terkait keunggulan Talent Marketplace Ekrut dibandingkan job portal. Disini saya akan mencoba menyajikan beberapa keunggulannya. Keunggulan Talent Marketplace Ekrut antara lain adalah :

Dibantu Oleh Tim Profesional Talent Marketplace

Keunggulan yang pertama adalah kita akan dibantu oleh tim profesional Talent Marketplace terkait cara mengisi dan membuat resume yang lebih profesional dan bisa diterima oleh employer. Tidak berhenti disitu saja karena kita juga akan mendapatkan beberapa tips dan trik ketika berhadapan dengan employer saat wawancara. Dengan diberikan bantuan yang maksimal, tentunya membuat kita memiliki persentase lebih besar untuk diterima kerja.

Dijamin Tidak Akan Ada Lagi yang Namanya Kirim CV Ke Sana Ke Mari

Siapa disini yang masih sering mengirim CV ke sana ke mari, padahal udah ngirim CV beberapa kali, tapi kok gak pernah dipanggil-panggil ya. Menggunakan Talent Marketplace, kita tidak perlu lagi mengalami perasaan kesal karena terus menerus mengirim CV. Kita cukup mengisi resume yang sesuai dengan diri kita, setelah melewati proses verifikasi, data kita sudah akan tersedia di platform Talent Marketplace. Kuncinya untuk bisa segera mendapatkan pekerjaan adalah dengan membuat resume terbaik (memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan) agar para employer menjadi tertarik dengan diri kita.

Lebih Efisien Dalam Segi Waktu

Dahulu mencari kerja bisa dikatakan membutuhkan waktu yang cukup lama, kita perlu untuk membaca iklan di surat kabar, perlu mencetak dan menyiapkan surat lamaran yang lengkap, lalu mengirim surat lamaran melalui jasa pengiriman. Setelah mengirim pun tidak ada jaminan untuk kita langsung dipanggil perusahaan, tentunya semua ini membutuhkan waktu yang lama.

Beruntungnya kita hidup di dunia dengan teknologi yang telah maju, kita dapat memanfaatkan Talent Marketplace. Dengan memanfaatkan Telent Marketplace, kita hanya perlu mengisi profil melalui Talent Marketplace tersebut, dengan begitu saja memberikan dampak lebih besar untuk kita mendapatkan sebuah pekerjaan impian.

Adanya Data Analytics yang Sangat Membantu

Jujur dalam mencari pekerjaan saat ini, kita benar-benar terbantu dengan adanya data analytics, banyak perusahaan yang memanfaatkan data analytics untuk mencari calon karyawan. Dengan data analytics, perusahaan dapat melihat pekerjaan yang paling diminati oleh kandidat. Perusahaan juga dapat mengetahui profil dan latar belakang dari kandidat, dengan adanya informasi seperti ini tentunya membuat perusahaan lebih mudah untuk mendapatkan calon karyawan.

Kita Juga Mendapatkan Notifikasi

Coba cermati, apakah dahulu ketika melamar kerja menggunakan cara konvensional seperti surat kabar, kita mendapatkan informasi terkait lamaran akan diproses lebih lanjut atau ditolak oleh perusahan ?. Saya yakin semuanya dengan kompak menjawab tidak, memang realitanya seperti itu bukan.

Disini keunggulan yang dimiliki oleh Talent Marketplace dan tidak dimiliki oleh surat kabar adalah terkait notifikasi, Talent Marketplace akan memberikan notifikasi jika terdapat perusahaan yang tertarik dengan diri kita. Selain itu kita juga bisa mengetahui tentang update rekrutmen seperti wawancara dan proses lainnya melalui notifikasi yang kita terima. Semua ini sejujurnya akan sangat bermanfaat guna menentukan langkah selanjutnya yang akan kita ambil.

ALASAN MENCARI KERJA WAJIB MENGGUNAKAN EKRUT

Teman-teman, terdapat banyak alasan yang membuat saya merekomendasikan EKRUT kepada kalian semua. Sejujurnya EKRUT merupakan media terbaik untuk membantu kita mendapatkan pekerjaan impian, jadi disini saya berharap kalian semua tidak menyia-nyiakan kemudahan yang telah diberikan oleh EKRUT. Pastinya kalian semua saat ini penasaran terkait apa saja alasan yang membuat kita wajib untuk menggunakan EKRUT. Tidak perlu menunggu waktu lama, alasan kita wajib menggunakan EKRUT antara lain adalah :

Peluang yang Lebih Besar Untuk Mendapatkan Pekerjaan

Berbeda dengan cara lain dalam mencari kerja, EKRUT memberikan peluang lebih besar bagi kita untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Faktor utamanya adalah EKRUT memiliki kecanggihan terkait data science, hal ini akan mempermudah perusahaan untuk menemukan kandidat yang cocok. Besar kemungkinan bahwa kita adalah kandidat yang cocok untuk mengisi lowongan kerja kosong yang ada pada perusahaan tersebut.

Mendapatkan Kerja Tanpa Perlu Melamar Kesana Kemari

Banyak pencari kerja yang tidak kunjung mendapatkan sebuah pekerjaan, meskipun sudah mengirimkan lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan. Apakah kalian ingin mengalami kejadian seperti ini ? tentunya kita semua tidak mengharapkan kejadian seperti ini. Terdapat cara yang lebih mudah dan efektif dalam melamar kerja yaitu dengan menggunakan EKRUT, cukup dengan mendaftarkan diri di halaman sign up EKRUT dan melengkapi profil. Maka tawaran dari perusahaan akan datang dengan sendirinya pada diri kita.

Terhindar Dari Lowongan Kerja Palsu

Siapa disini yang pernah mengalami kejadian terjebak dalam lowongan kerja palsu ? jika kalian pernah mengalami kejadian seperti ini, berarti kita sama. Sejujurnya saya pernah mengalami kejadian yaitu terjebak pada lowongan kerja palsu. Bahkan pihak penipu sampai meminta saya untuk transfer uang puluhan juta dengan alasan agar saya lebih mudah untuk diterima kerja. Nah di EKRUT kejadian seperti ini tidak mungkin terjadi karena semua perusahaan yang bergabung dengan EKRUT telah melalui proses verifikasi terlebih dahulu. Tentunya dengan adanya proses verifikasi, membuat kita tidak perlu takut akan terjebak dengan lowongan kerja palsu.

Tidak Dipungut Biaya Sepeserpun

EKRUT tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis jika kita memiliki keinginan untuk bergabung. Tentunya hal ini sangat membantu kita, kita tidak perlu lagi mengeluarkan uang besar untuk mendapatkan sebuah pekerjaan impian. Kita cukup mendaftarkan diri dan peluang mendapatkan pekerjaan akan terbuka dengan lebar.

Tersedia Banyak Sekali Perusahaan Besar

Satu hal yang menarik bagi saya terkait EKRUT adalah telah bekerjasama dengan berbagai perusahaan terbaik dan terpercaya. Tentunya saya memiliki keyakinan yang tinggi bahwa perusahaan yang bergabung dengan EKRUT sudah tidak asing ditelinga teman-teman semua. Beberapa perusahaan yang telah tergabung dalam EKRUT antara lain seperti Tokopedia, BCA Finance, Link Aja, Coca-Cola Amatil, Gojek, OVO, Oppo, Vivo dan masih banyak perusahaan lainnya. Apakah mengetahui semua ini, kalian tidak merasa tertarik untuk bergabung di salah satu perusahaan tersebut ? kalau saya secara pribadi benar-benar merasa tertarik.

Banyak yang Memberikan Ulasan Positif

Alasan terakhir yang membuat saya benar-benar merekomendasikan EKRUT adalah telah banyak orang yang memberikan ulasan positif terhadap EKRUT. Dengan banyaknya orang yang memberikan ulasan positif terhadap EKRUT, menjadi bukti bahwa EKRUT adalah yang terbaik. Adanya bukti, tentunya membuat kita semakin yakin bahwa EKRUT merupakan Talent Marketplace yang memang benar-benar bisa dipercaya.

PROSES MENCARI KERJA MELALUI EKRUT

Siapa disini yang sudah tidak sabar untuk mendapatkan sebuah pekerjaan impian ? saya yakin banyak diantara teman-teman yang ingin segera untuk mendapatkan pekerjaan impian. Buat teman-teman yang ingin segera mendapatkan pekerjaan, saya sarankan untuk mencoba mendaftar EKRUT. Proses mencari kerja melalui EKRUT bisa dikatakan sangatlah mudah, saya yakin teman-teman semua bisa. Teruntuk teman-teman yang masih merasa bingung, tenang saja karena disini saya akan mencoba untuk menunjukkan langkah-langkahnya kepada kalian semua, langkah-langkahnya antara lain adalah :

1. Registrasi Tahap Awal

Pada registrasi tahap awal ini, kita hanya perlu memasukkan nama lengkap, nomor telepon, password, nomor dan katagori posisi yang dipilih. Ada beberapa katagori posisi yang bisa dipilih seperti marketing, information technology, product dan software engineering. Setelah semua telah diisi, klik centang terkait tulisan “By signing up you agree to EKRUT’s” dan selanjutnya klik register.

2. Verifikasi Email dan Login ke Ekrut

Langkah selanjutnya kita akan diminta untuk membuka email yang digunakan untuk mendaftar akun EKRUT dalam rangka verify account. Disini kita hanya perlu untuk klik tombol “verify my account”, setelah kita klik akan secara otomatis diarahkan ke halaman login EKRUT. Kita cukup memasukkan email dan pasword yang digunakan untuk mendaftar akun EKRUT dan klik login.

3. Melengkapi Data Diri

Setelah login, kita akan diminta untuk melengkapi data diri seperti pengalaman kerja dan posisi yang kita inginkan. Terkait data diri posisi kerja yang diinginkan, kita hanya dapat memilih satu katagori pekerjaan, tetapi di setiap katagori pekerjaan akan ada berbagai sub katagori spesifik yang dapat kita pilih.

Pada kolom selanjutnya, kita akan diminta memilih ukuran perusahaan berdasarkan dengan jumlah karyawan, selain itu kita juga akan diminta memilih lokasi pekerjaan yang diinginkan. Langkah selanjutnya kita akan diminta mengisi kolom gaji saat ini dan ekspektasi gaji yang kita harapkan. Langkah terakhir kita akan diminta untuk memilih 5 hingga 10 keterampilan teratas di posisi yang dipilih.

4. Menunggu Proses Verifikasi

Langkah terakhir adalah menunggu proses verifikasi, disini saya menyarankan kepada teman-teman untuk mencoba sekali lagi melengkapi data yang diperlukan. Seperti contohnya pendidikan terakhir, portofolio, sertifikat, kemampuan bahasa dan yang lainnya. Tujuan utama melengkapi data selengkap-lengkapnya adalah agar peluang kita untuk mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar. Setelah data kita telah diverifikasi, tentunya kita akan mendapatkan beberapa manfaat yang ditawarkan oleh EKRUT.

JANGAN KELAMAAN MENUNDA, SEGERA DAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN DENGAN CARA BERGABUNG DENGAN EKRUT

Bagaimana teman-teman ? sangat banyak bukan keuntungan yang ditawarkan oleh EKRUT ?. Memang harus diakui bahwa EKRUT menawarkan banyak sekali keuntungan kepada para penggunanya. Kita tidak mungkin mendapatkan keuntungan seperti ini ketika melamar kerja melalui job portal dan cara konvensional. Tentunya kita akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian ketika bergabung dengan EKRUT.

Jadi tunggu apalagi ? saran saya kepada kalian untuk segera mendaftarkan diri di EKRUT. Kalau bisa mendapatkan pekerjaan segera, kenapa harus menunda ? kalau bisa perusahaan yang mendekati kita, kenapa kita yang harus mendekati mereka ? kalau bisa mendapatkan kerja tanpa biaya, kenapa harus mengeluarkan biaya ?. Bersama EKRUT semua menjadi terasa lebih mudah dan indah. Kata terakhir dari saya adalah “terimakasih EKRUT karena telah memberikan segala macam kemudahan dalam mencari kerja kepada para pengguna”.

“Artikel Ini Juga Diikutsertakan Dalam EKRUT Blog Review Competition yang Diselenggarakan Oleh EKRUT”

Referensi :

databoks.katadata.co.id, Terdampak Covid-19, Pengangguran Bertambah Jadi 9,77 Juta Per Agustus 2020, Diakses Pada Tanggal 7 Desember 2020, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/05/terdampak-covid-19-pengangguran-bertambah-jadi-977-juta-orang-per-agustus-2020

EKRUT, Website Resmi Perusahaan EKRUT, Diakses Pada Tanggal 7 Desember 2020, https://www.ekrut.com/

Maukerjaid, Instagram Maukerjaid, Diakses Pada Tanggal 7 Desember 2020, https://www.instagram.com/p/CHt9UwEgH1h/