Hallo teman-teman semua, perkenalkan nama saya Alto Refa Chandra, saya merupakan alumni Universitas Brawijaya program studi Manajemen. Sejujurnya saya memiliki pengalaman menarik ketika menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Saya masih ingat waktu itu dosen saya memberikan motivasi tentang pentingnya UKM di Negara Indonesia.

Beliau mengatakan “sebagai seorang mahasiswa, kalian semua harus merubah mental hanya ingin menjadi karyawan. Kalian ketika keluar dari sini, harus mencoba untuk menjalankan usaha, menjadi seorang pengusaha lebih banyak keuntungannya dibandingkan dengan hanya menjadi seorang karyawan. Apalagi dengan menjadi pengusaha, kalian juga turut berkontribusi pada Negara tercinta Indonesia”. Sontak jiwa saya menggebu-gebu, rasanya saya ingin sekali menjadi seorang pelaku usaha.

Namun disini terdapat sebuah kasus yang menarik perhatian, mungkin tidak hanya menarik perhatian saya saja tetapi hampir semua yang ada di kelas. Ketika dosen menanyakan satu persatu kepada mahasiswa terkait “bisnis apa yang dijalankan suatu saat nanti ?”. Ada salah satu teman kelas saya yang menjawab “tidak ada”. Sontak semua terkejut, bahkan dosen saya merasa bingung kepada mahasiswa tersebut.

Lalu dia menjelaskan bahwa tidak pernah sedikitpun terpikirkan dalam benak dia untuk menjadi seorang pengusaha, dia hanya ingin menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil. Mendengar ini semua, dosen saya terlihat ingin sekali marah, mungkin beliau kecewa dengan pemikiran teman saya. Beruntungnya teman saya karena dosen mampu untuk menahan amarah dan memutuskan untuk menutup kelas.

TERDAPAT DUA KARAKTERISTIK BERBEDA YANG DIMILIKI OLEH MAHASISWA

Teman-teman, kalian sadar atau tidak bahwa sesungguhnya terdapat dua karakteristik berbeda yang dimiliki oleh mahasiswa dalam menyikapi masa depannya. Saya disini akan mencoba menunjukkan kepada kalian semua terkait dua contoh karakteristik mahasiswa yang sangat bertolak belakang. Tentunya saya akan menunjukkan secara detail, saya berharap teman-teman mengkaji dengan baik terkait kedua contoh karakteristik ini.

Karakteristik Pertama : Memiliki Jiwa Wirausaha

Karakteristik mahasiswa yang pertama adalah memiliki jiwa wirausaha, memiliki ketertarikan yang tinggi dalam dunia bisnis. Sama sekali tidak memiliki keinginan untuk menjadi seorang karyawan, fokus utamanya hanyalah menjalankan suatu bisnis. Ciri-ciri mahasiswa ini adalah memiliki mental yang sangat kuat, memiliki keberanian untuk mencoba mengambil risiko, memiliki perencanaan yang matang di masa depan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Karakteristik Kedua : Memiliki Jiwa Karyawan

Karakteristik mahasiswa yang kedua adalah memiliki jiwa atau mental karyawan, ketika lulus di Perguruan Tinggi hanya ingin menjadi seorang karyawan. Memiliki keinginan yang tinggi untuk bisa bekerja di perusahaan yang besar, tidak tertarik sama sekali untuk menjalankan suatu bisnis. Ciri-ciri mahasiswa ini adalah fokus untuk mendapatkan nilai kuliah bagus, berupaya meningkatkan skill komunikasi, ikut organisasi agar kemampuan kerja tim meningkat dan berupaya memiliki manajemen waktu yang baik.

karakteristik mana yang lebih baik ?

Hallo teman-teman, saya ingin bertanya kepada kalian semua, diantara kedua karakteristik ini mana yang lebih baik ?. Saya rasa jawaban dari pertanyaan ini adalah tergantung dari pemikiran kalian masing-masing. Saya memiliki keyakinan bahwa ada diantara kalian yang berfikir karakteristik pertama adalah yang baik dan mungkin juga ada diantara kalian yang berfikir bahwa karakteristik kedua adalah yang baik. Tentunya kita sebagai manusia tidak mungkin selalu memiliki pendapat yang sama terkait suatu perbedaan.

Namun jika kalian menanyakan kepada saya dari karakteristik pertama dan dua, mana karakteristik yang baik ?. Kalau boleh memilih kedua-duanya, saya akan memilih kedua-duanya karena menurut saya semuanya baik. Namun jika dipaksa untuk memilih salah satu, saya akan memilih karakteristik yang pertama yaitu memiliki jiwa wirausaha. Alasannya karena Negara Indonesia sangat butuh orang-orang yang memiliki jiwa wirausaha, kita tahu sendiri bahwa UKM memiliki peranan yang sangat penting bagi suatu Negara.

alasan banyak orang tidak tertarik untuk menjalankan ukm

Teman-teman semua, saya ingin mengajak kalian semua untuk menganalisis secara mendalam terkait kenapa orang-orang tidak tertarik untuk menjalankan bisnis/UKM dan lebih tertarik untuk menjadi seorang karyawan. Setelah menganalisis secara mendalam, saya menemukan beberapa alasannya yaitu tidak memiliki pengalaman sama sekali, keluarga tidak memiliki background bisnis, takut akan kegagalan orang lain, takut akan ketidakpastian, tidak memiliki modal dan tidak berani untuk mengambil risiko. Nah itulah alasan yang sering saya temui dari orang-orang terkait ketidakberanian untuk memutuskan mencoba menjalankan UKM.

POLA PEMIKIRAN HARUS DIRUBAH, TERDAPAT CARA UNTUK MENJADI PELAKU UKM SUKSES

Wahai teman-teman, saya ingin mengajak kalian semua untuk mencoba membangkitkan semangat UKM dalam diri kalian. Mulai sekarang ayo kita rubah semua pola pemikiran buruk tentang menjalankan bisnis, saya yakin kalian semua bisa menjadi pelaku UKM sukses. Nah disini saya ingin memberikan tips dan trik terkait cara menjadi pelaku UKM sukses, semoga informasi yang saya berikan membantu. Carannya antara lain adalah dengan mencoba keluar dari zona nyaman, memiliki semangat untuk sukses, mencintai setulus hati bisnis yang dijalankan, berani mengambil risiko, kerja keras dan tekun.  

KEUNTUNGAN MENJADI PELAKU UKM

“Kak, kenapa sih kakak mengajak kami semua untuk menjadi pelaku UKM ?. Apasih sebenarnya hal yang akan kami dapatkan jika memutuskan menjadi pelaku UKM ?”. Sungguh sangat bagus pertanyaan dari kalian semua, alasan saya mengajak kalian semua untuk menjadi pelaku UKM karena terdapat banyak sekali keuntungan ketika kalian memutuskan untuk menjadi pelaku UKM. Disini saya akan menunjukkan beberapa keuntungan yang didapatkan ketika memutuskan menjadi pelaku UKM, keuntungannya antara lain adalah berkontribusi pada masyarakat dan Negara, penghasilan tidak terbatas, memiliki waktu luang bersama keluarga, tidak terikat sebuah aturan dan tidak dikejar target.

MEMUTUSKAN UNTUK MENCOBA MENJALANKAN USAHA KECIL

Motivasi dari dosen, membuat semangat wirausaha dalam diri saya menjadi bangkit, saya memiliki ketertarikan untuk mencoba menjalankan usaha. Ternyata tidak hanya saya saja, ada beberapa teman kuliah saya yang juga tertarik untuk mencoba menjalankan usaha. Akhirnya kami kompak bekerjasama untuk menjalankan usaha kecil-kecilan dalam rangka mengisi waktu luang ketika tidak ada jadwal kuliah.

Kami memutuskan untuk memilih nama usaha Monggo Mampir karena dalam bahasa Jawa kata Monggo Mampir memiliki makna sangat baik. Monggo memiliki arti silahkan, mampir memiliki arti berkunjung. Dengan nama ini, kami memiliki harapan agar para konsumen tidak segan-segan menyempatkan waktunya berkunjung ke lapak kami dalam rangka untuk membeli produk. Kami memutuskan untuk berjualan ketika waktu libur di acara Car Free Day Kota Malang, lokasi tepatnya adalah Jalan Ijen Kota Malang.

Kami tidak hanya sekedar menjual suatu produk, kami ingin menjual produk yang berbeda. Kami tahu bahwa saat ini banyak sekali pelaku bisnis yang menjual produk donat, ciri khas donat adalah toping manis seperti coklat, stroberi ataupun anggur. Menyikapi hal ini, kami ingin membuat produk donat yang berbeda, kami memutuskan untuk membuat produk doping (donat emping). Kami menambahkan emping dalam adonan donat, selain itu topingnya juga menggunakan emping ditambahkan dengan saus dan mayones. Selain menjual donat emping, kami juga menjual produk lain seperti sibum (singkong bumbu) dan tapreng (tapai goreng).

Ternyata produk kami sangat diterima oleh masyarakat, banyak orang yang berminat untuk membeli produk kami. Ketika kami berjualan, produk yang kami jual langsung ludes terjual habis. Bahkan ketika mengikuti kompetisi bisnis yang diadakan Fakultas, kami mendapatkan prestasi yaitu juara dua dalam katagori ide bisnis. Tentunya kami sangat bangga dan percaya diri bahwa bisnis ini nantinya akan sukses besar.

TIDAK PERNAH TERDUGA, BISNIS DONAT EMPING MENGALAMI SUATU PROBLEMATIKA

Lambat laun secara tidak terduga, bisnis donat emping yang kami jalankan, mengalami suatu problematika. Bisnis ini tidak bisa berkembang dengan maksimal, realitanya penjualan kami malah menurun dengan sangat drastis. Kami menyadari penurunan ini disebabkan pelanggan telah merasa bosan dengan produk kami. Akhirnya kami semua sepakat untuk memutuskan mengakhiri bisnis ini, kami semua waktu itu merasa tidak menemukan solusi untuk mengatasi problematika ini.

SEHARUSNYA WAKTU ITU SAYA MENYADARI BAHWA SOLUSINYA ADALAH WEBSITE

Jujur saat ini saya benar-benar menyesal karena dahulu tidak menyadari sama sekali bahwa kegagalan bisnis kami disebabkan oleh tidak adanya website. Kami hanya mengincar konsumen itu-itu saja, kami tidak mencoba menjangkau konsumen lebih luas dengan memanfaatkan teknologi digital yaitu website. Tentunya dahulu kita bisa memaksimalkan usaha dengan cara memiliki website, website dapat dimanfaatkan untuk sarana promosi dan informasi tentang produk yang dijual.

TAMBAH MENYESAL KARENA TAHU PERUSAHAAN MASTERWEB MENAWARKAN PRODUK HOSTING UKM TERBAIK

Saya tambah menyesal karena tahu perusahaan layanan web hosting MasterWeb ternyata menawarkan produk Hosting UMKM terbaik. Kenapa dahulu tidak memanfaatkannya, tentu saja bisnis kami akan sukses ketika memanfaatkannya. Memang Hosting UKM Masterweb merupakan solusi tepat bagi kami yang ingin memiliki website guna memaksimalkan bisnis. Apalagi kita tahu sendiri bahwa Hosting UKM memiliki keunggulan yang bisa dikatakan sangatlah banyak, keungulan ini akan sangat membantu kita dalam meraih kesuksesan bisnis.

Sekarang saya mulai merasa bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk memanfaatkan Hosting UKM terbaik dari Masterweb. Saya ingin mengajak para pelaku UKM yang masih menggunakan cara konvensional, untuk mencoba memanfaatkan kemajuan teknologi digital dengan cara membuat sebuah website. Menurut saya dalam dunia bisnis saat ini, memiliki website merupakan kewajiban bagi seluruh pelaku bisnis, baik skala besar maupun kecil.  Saya sangat merekomendasikan untuk teman-teman menggunakan Hosting UKM yang ditawarkan oleh Masterweb. Alasannya karena Hosting ini telah dilengkapi oleh beberapa fitur yang tentunya sangat lengkap dan terbaik.  

AGAR LEBIH YAKIN, GUNAKAN TERLEBIH DAHULU WEBSITE BUILDER MASTERWEB

“Rasanya untuk bertransformasi ke bisnis online saya merasa ragu, saya terlalu nyaman dengan bisnis konvensional. Saya merasa ragu untuk menggunakan website, takutnya akan malah membuat saya kesulitan dan kebingungan dalam memanfaatkannya”. Eitss, teruntuk teman-teman yang memiliki keraguan dalam bertransformasi, saya akui memang perubahan sangatlah menyulitkan. Namun percayalah, ketika kita telah berani memutuskan untuk melakukan perubahan, niscaya keuntungan yang akan kita dapatkan sangatlah banyak.

Saya memiliki rekomendasi kepada teman-teman untuk mencoba terlebih dahulu Website Builder Terbaik yang ditawarkan oleh Masterweb. Apalagi Website Builder ini ditawarkan secara gratissss dan hanya memperlukan waktu sekitar satu menit untuk membuat website ini. Namun satu hal yang harus kalian ingat bahwa masa berlakunya hanya 14 hari ya teman-teman, jadi saya sarankan untuk kalian dapat memanfaatkannya secara maksimal.

MASTERWEB MEMANG MERUPAKAN SOLUSI TERBAIK YANG PERNAH ADA

 “Wah kak, jujur dalam hati yang paling dalam setelah mengetahui semua ini, saya merasa bahwa perusahaan layanan web hosting MasterWeb sangatlah mantap”. Hehehe, saya pribadi juga merasa seperti ini teman-teman, namun tidak berhenti disitu saja karena perusahaan ini memiliki banyak sekali keunggulan. Disini saya akan menunjukkan keunggulannya kepada kalian semua, keunggulannya antara lain adalah :

Harga Domain Sangat Murah

Keunggulan yang pertama dari Masterweb adalah harga domain yang terbilang sangat murah. Kalian bebas memilih Top Level Domain seperti .com, .id, .org, .net dan masih banyak lagi nama lainnya. Tentunya Top Level Domain ini bisa kalian dapatkan dengan harga yang terbilang cukup murah. Ingat wajib hukumnya bagi kalian untuk menentukan nama domain terbaik, karena nama domain akan dijadikan pengunjung sebagai kata kunci mencari website kalian.

Layanan Masterweb Adalah yang Terbaik

Wahai teman-teman semua, Masterweb juga memiliki keunggulan lain yaitu layanan dengan jaminan harga terbaik dan termurah lo. Percayalah bahwa kalian akan mendapatkan layanan terbaik hanya di Masterweb. Tidak percaya ? buktikan saja sendiri dan pada akhirnya saya yakin kalian akan setuju dengan pendapat saya bahwa Masterweb lah yang terbaik.

Masterweb Sangatlah Sempurna

Teman-teman, kalian sadar atau tidak bahwa sesungguhnya Masterweb sangatlah sempurna dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan layanan web hosting yang lain. Alasan saya bisa mengatakan seperti ini karena perusahaan Masterweb sudah berdiri sejak 2004, menawarkan gratis Domain dan SSL, memiliki fitur yang sangat lengkap, memiliki tim support 24/7 dan juga memiliki Sertifikasi ISO 27001.

Telah Memiliki Banyak Sekali Pelanggan

Kalian tahu tidak bahwa Masterweb telah memiliki banyak sekali pelanggan, Masterweb saat ini memiliki pelanggan mencapai 32.000. Para pelanggan memiliki kepercayaan yang tinggi pada perusahaan Masterweb, satu hal yang harus kalian tahu bahwa Masterweb telah dipercayai oleh perusahaan besar seperti Smartfren, MNC Travel, Tribunnews.com, Link Net, Lintaserta dan Fujitec.

Memiliki Layanan Unggulan

Wahai teman-teman semua bahwa sejujurnya Masterweb memiliki beberapa layanan unggulan dengan teknologi terbaik seperti Hosting WolfPress, Virtual Private Server, Cloud Server dan juga Dedicated Server. Tentunya layanan ini akan sangat membantu kalian yang ingin memaksimalkan website untuk keperluan bisnis.

Banyak Sekali Promo

Tidak main-main, perusahaan Masterweb juga menawarkan banyak sekali promo menarik kepada para konsumennya. Tentunya bagi para pecinta promo, akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan promo dari Masterweb. Bahkan kalau boleh jujur saya merasa benar-benar tertarik dengan beberapa promo yang ditawarkan oleh Masterweb.

SEGERA PUTUSKAN MENGGUNAKAN LAYANAN WEB HOSTING MASTERWEB

 

Satu hal yang harus kalian tahu bahwa banyak pelanggan yang merasa puas dengan layanan yang ditawarkan Masterweb. Dengan banyaknya pelanggan yang puas, tentunya saya sangat menyarankan kepada teman-teman semua terutama pelaku UMKM untuk segera memutuskan Beli domain dan hosting di Masterweb. Kalau ingin bisnis menjadi sukses besar, yuk jangan menunda-nunda dan segera putuskan untuk beli domain dan hosting Masterweb sekarang juga.

 

“Artikel Ini Juga Diikutsertakan Dalam Masterweb Blog Competition Dengan Tema Bangkitnya Semangat UKM Indonesia yang Diselenggarakan Oleh Masterweb”

Referensi :

masterweb.com, Website Resmi Masterweb, Diakses Pada Tanggal 8 November 2020, https://www.masterweb.com/