Sejenak saya mulai teringat dengan sebuah kisah yang mengantarkan saya untuk perlahan beralih dari penggunaan transaksi konvensional ke syariah. Sejujurnya keputusan saya untuk berubah berkat perkataan Dosen Agama Islam saya. Saya masih mengingat dengan jelas terkait pertanyaan saya kepada beliau yaitu “ apakah hukumnya transaksi konvensional benar riba ? lalu kalau saya bertransaksi secara konvensional, berarti saya juga ikut berdosa karena riba ?”.

Menyikapi permasalahan ini, ternyata Dosen saya tidak berani menjawab “riba atau tidak”. Namun beliau menyarankan saya kalau masih merasa ragu terkait transaksi konvensional “riba atau tidak”. Lebih baik untuk mencoba beralih bertransaksi menggunakan sistem syariah, apalagi saat ini terdapat beberapa Bank Syariah seperti contohnya BRI Syariah yang menyediakan wadah untuk kita bertransaksi.

Awalnya saya merasa ragu, apakah saya perlu beralih dari konvensional ke syariah. Saya sungguh merasa bimbang, apalagi saya masih merasa asing dengan yang namanya Bank Syariah. Namun saya mencoba menepis pemikiran ini, mau tidak mau kalau saya ingin menghindari yang namanya riba, saya harus beralih bertransaksi menggunakan syariah.

Alhamdulillah tidak sesuai dengan dugaan saya sebelumnya, bahwa ternyata beralih bertransaksi menggunakan syariah sangatlah mengasyikkan. Jujur saya bisa mengatakan bahwa transaksi syariah sangat cocok untuk generasi milenial yang saat ini masih tergolong berusia muda. Generasi milenial dapat menjadi contoh kepada yang lainnya bahwa transaksi syariah dijamin aman dan anti dengan yang namanya riba. Kalian tidak percaya ? silahkan untuk mencoba dan rasakan sendiri asyiknya transaksi syariah.  

Alasan Bertransaksi Menggunakan Bank Syariah Lebih Baik Dibandingkan Konvensional

 

Teman-teman, tentunya saya memiliki suatu alasan kenapa mengajak kalian semua untuk beralih bertransaksi menggunakan Bank Syariah. Bahkan banyak sekali alasan yang melatarbelakangi saya sangat merekomendasikan transaksi di Bank Syariah. Tentunya saat ini kalian semua mulai merasa penasaran, apa saja alasan saya merekomendasikan transaksi menggunakan Bank Syariah. Teruntuk kalian semua yang merasa penasaran, tenang saja karena disini tugas saya adalah untuk menunjukkan kepada kalian semua, alasannya antara lain adalah :

Terhindar Dari yang Namanya Riba  

Hari gini, generasi milenial masih terjebak dengan yang namanya transaksi riba ? sesungguhnya sudah tidak jaman lagi. Kenapa harus terjebak dengan riba, kalau saat ini sejujurnya telah ada solusinya. Solusinya adalah bertransaksi syariah, kalian dapat beralih menggunakan Bank Syariah seperti BRI Syariah untuk menghindari terjadinya riba dalam bertransaksi.

Sesuai Dengan Syariah Islam

Seseorang yang beragama Islam, tentunya harus bertransaksi sesuai dengan syariah Islam. Jangan sampai dalam bertransaksi, kita melanggar beberapa syariah Islam karena sesungguhnya hal tersebut sangat merugikan diri kalian sendiri. Manfaat kedua kalian bertransaksi syariah adalah turut serta dalam melaksanakan syariah islam. Tindakan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita karena menghadirkan pahala bagi kita yang telah melakukannya.

Sesuai Dengan Syariah Islam

Seseorang yang beragama Islam, tentunya harus bertransaksi sesuai dengan syariah Islam. Jangan sampai dalam bertransaksi, kita melanggar beberapa syariah Islam karena sesungguhnya hal tersebut sangat merugikan diri kalian sendiri. Manfaat kedua kalian bertransaksi syariah adalah turut serta dalam melaksanakan syariah islam. Tindakan ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita karena menghadirkan pahala bagi kita yang telah melakukannya.

Keamanannya Tidak Perlu Diragukan

Saya yakin alasan kenapa kalian merasa ragu untuk beralih transaksi dari menggunakan sistem konvensional ke syariah salah satunya adalah karena meragukan keamanan Bank Syariah. Sejujurnya transaksi syariah sangatlah aman teman-teman, bahkan pihak Bank Syariah seperti BRI Syariah akan memberikan jaminan keamanan kepada para nasabahnya.

Lebih Adil Dibandingkan Konvensional

Sejujurnya sistem bagi hasil bisa dikatakan lebih adil dibandingkan dengan sistem bunga. Tidak seperti yang kalian kira sebelumnya, bahwa bagi hasil merugikan diri kita, faktanya sistem bagi hasil sangatlah menguntungkan bagi kita. Selain menguntungkan, kita juga akan terhindar dari yang namanya dosa karena Bank Syariah tidak menggunakan sistem bunga.

Sistem Saldo Tabungan Sangat Rendah

Salah satu alasan saya merekomendasikan kepada kalian semua untuk beralih dari sebelumnya menggunakan Bank Konvensioal ke Bank Syariah adalah adanya sistem saldo tabungan yang sangat rendah. Dengan sistem saldo tabungan yang rendah, membuat kita tidak perlu ragu lagi memutuskan menggunakan Bank Syariah. Kita dapat bertransaksi syariah tanpa takut adanya kewajiban mengendapkan saldo dengan jumlah yang besar.

Dana Kita Akan Dipergunakan Sesuai Syariah

Teman-teman, kalian tidak perlu merasa khawatir bahwa nantinya uang kalian akan disalahgunakan oleh pihak Bank Syariah. Sesungguhnya uang kalian akan dimanfaatkan dan dipergunakan untuk hal-hal yang sesuai dengan syariah. Dengan begitu tentunya sudah membuat diri kita terhindar dari yang namanya riba.

Dana Ditujukan Untuk Kepentingan dan Kemaslahatan Umat

Alasan terakhir bagi saya sangat merekomendasikan transaksi menggunakan Bank Syariah adalah dana kita akan ditujukan untuk kepentingan dan kemaslahatan umat. Artinya semua dana di Bank Syariah dianggap sebagai dana umat yang didapatkan dari umat dan nantinya akan dikembalikan untuk kepentingan umat.

Jadi Tunggu Apalagi, Yuk Segera Generasi Milenial Beralih Transaksi Menggunakan Sistem Syariah

 

Setelah mengetahui banyaknya manfaat bertransaksi menggunakan Bank Syariah dibandingkan dengan Bank Konvensional. Tentunya saya memiliki harapan yang sangat tinggi kepada kalian semua untuk segera memutuskan beralih transaksi dari konvensional ke syariah. Apalagi kalian tahu bawa transaksi syariah akan menghindarkan diri kita dari yang namanya riba dan dosa. Semoga kalian memutuskan untuk beralih ke transaksi syariah sekarang juga, karena sesungguhnya kalau tidak sekarang kapan lagi untuk kalian beralih ?. Jangan terlalu lama menunda, karena menunda sejujurnya akan membuat diri kita menjadi lebih banyak dosa.

 #ibmarcomm.id #shariabankingonlinefestival2020 #ojkindonesia #milenialasyikbertransaksisyariah #brisyariah  #hidupharusberfaedah