Hello teman-teman semua, perkenalkan nama saya Alto Refa Chandra, saya merupakan seorang Sarjana lulusan program studi Manajemen Universitas Brawijaya. Jujur dalam hati kecil saya yang paling dalam, rasanya sangat bangga bisa menjadi seorang mahasiswa. Saya sangat bersyukur karena dengan menjadi seorang mahasiswa, saya bisa mengenal lebih dekat dengan yang namanya dunia investasi.

Teman-teman, sebagai seorang mahasiswa sejujurnya saya memiliki motivasi yang tinggi tentang masa depan. Apalagi saya terlahir sebagai seorang anak desa, tentunya saya memiliki cita-cita untuk mengubah kehidupan saya dengan cara berusaha menjadi kaya raya agar bisa membuat orang tua menjadi bangga. Banyak sih yang meremehkan mimpi saya, banyak orang yang bilang bahwa mimpi saya terlalu tinggi, namun saya berusaha tidak mendengarkan perkataan mereka dan berusaha mewujudkan mimpi tersebut.

Dahulu ketika dibangku perkuliahan, saya tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu yang hanya kuliah selesai pulang, setelah selesai kuliah saya akan menghabiskan waktu mencoba berdiskusi dengan dosen. Rasanya sangat rugi bagi saya ketika mengetahui teman-teman kuliah memutuskan pulang dibandingkan mengikuti saya berdiskusi dengan dosen. Padahal dosen sangat senang ketika ada mahasiswa yang memiliki kemauan untuk berdiskusi dengannya.

investasi sangat penting bagi generasi muda

Topik obrolan saya dengan dosen tentunya sangat menarik, fokus topik obrolan yang sering didiskusikan adalah tentang investasi. Bahkan saya masih mengingat jelas perkataan dosen saya yaitu “Alto, kamu sebagai generasi muda harus bisa menanamkan jiwa gila berinvestasi sejak muda. Dengan berinvestasi sejujurnya bisa membuat kamu menjadi kaya, jangan sampai ketika kamu sudah tua, kamu merasakan akibatnya dengan tidak memiliki apa-apa. Tentunya tidak hanya kamu saja yang dirugikan, tetapi keluargamu juga akan merasakan dampak dari kerugian ini”.

Kalian tahu tidak ? selain memberikan keuntungan kepada diri sendiri, investasi juga akan mempengaruhi peningkatan Inklusi Keuangan Negara Indonesia lo teman-teman. Peningkatan Inklusi Keuangan tentunya sangatlah penting karena memiliki banyak sekali manfaat, Negara Indonesia akan lebih sejahtera dengan adanya peningkatan inklusi keuangan. Kalian pastinya merasa penasaran apa saja manfaat Inklusi Keuangan, manfaatnya antara lain adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mendukung stabilitas sistem keuangan, meningkatkan efisiensi ekonomi dan mendukung ekspansi pasar keuangan. Setelah mengetahui semua ini, pastinya kalian semua akan mengakui bahwa Inklusi Keuangan memiliki banyak sekali manfaat kepada Negara Indonesia.

Jujur saya merasa investasi sangat penting terutama untuk masa depan saya dan Negara Indonesia, maka dari itu sejak muda saya sudah mencoba menanamkan jiwa berinvestasi. Saya mencoba berinvestasi di beberapa sektor, meskipun sih nilai investasi saya bisa dikatakan tidak terlalu besar. Namun kan setidaknya saya sudah berani mencoba, saya ingat satu lagi kata-kata dosen saya yaitu “investasi bukan dinilai dari nominalnya, tetapi dinilai dari konsistenya kita dalam berinvestasi”.

BANYAK ORANG YANG BELUM TERJUN KE DUNIA INVESTASI

Kalian sadar atau tidak ? bahwa sejujurnya banyak sekali masyarakat yang belum terjun ke dunia investasi. Sungguh mengetahui hal ini, saya pribadi merasa sangat disayangkan sekali karena ternyata banyak masyarakat yang kurang tertarik dengan investasi. Bahkan terdapat sebuah contoh kasus yang saya alami secara langsung. Bahwa dari sekian banyaknya teman saya, tidak ada yang tertarik dengan yang namanya investasi, hanya saya saja yang tertarik dengan dunia investasi.

Usut punya usut, ternyata terdapat suatu alasan yang melatarbelakangi teman-teman saya tidak tertarik dengan yang namanya investasi. Disini saya mencoba menunjukkan kepada kalian semua terkait alasan teman-teman saya tidak tertarik dengan yang namanya investasi. Alasannya antara lain adalah belum memiliki pemahaman tentang investasi (tidak mengerti Apa itu investasi), belum memiliki keberanian untuk terjun ke dunia investasi, takut dengan yang namanya risiko, rangkaian proses investasi bisa dikatakan sangat membingungkan, investasi butuh modal besar dan tidak ada waktu untuk investasi.

SAAT INI TERDAPAT BANYAK PILIHAN INVESTASI

Sangat miris sekali ya teman-teman ketika mengetahui banyak sekali masyarakat yang masih belum tertarik dengan investasi. Padahal kita tahu sendiri bahwa investasi menawarkan banyak sekali keuntungan. Keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi antara lain adalah menghindarkan diri dari inflasi, menambah sumber penghasilan,  memiliki jaminan masa depan yang lebih baik, nilai kekayaan kita akan meningkat, akan mampu mencapai bebas finansial.

Banyaknya keuntungan yang didapatkan seharusnya dapat menarik perhatian masyarakat untuk terjun ke dunia investasi. Apalagi saat ini terdapat banyak sekali pilihan investasi seperti Saham, Reksa Dana, Obligasi, Deposito, Emas, Properti, P2P Lending. Setiap jenis investasi tentunya menawarkan keuntungan dan risiko yang berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, kita harus dapat memilih jenis investasi yang tepat dengan harapan agar tidak menyesal pada akhirnya.

P2P LENDING MENJADI PILIHAN TEPAT BAGI GENERASI MUDA YANG INGIN BERINVESTASI 

Bagaimana teman-teman ? banyak sekali kan jenis investasi yang ada. Dari banyaknya jenis investasi, kalau diminta untuk memberikan rekomendasi terkait investasi terbaik. Saya akan memberikan rekomendasi kepada kalian semua untuk mencoba investasi P2P Lending. Alasannya cukup sederhana, karena investasi ini menawarkan banyak sekali keuntungan yang tentunya tidak akan kita dapatkan di investasi lain.

Keuntungan yang kita dapatkan di investasi ini adalah membantu usaha kecil, mendapatkan pengembalian investasi yang tinggi, hambatan masuk yang rendah dan fleksibilitas. Mengetahui banyak sekali keuntungan yang ditawarkan, tentunya menjadi dorongan untuk kita mulai mencoba terjun langsung ke dunia investasi. P2P Lending bisa menjadi pilihan tepat bagi kita, sebagai awal untuk memulai berinvestasi.

Teman-teman disini saya ingin bertanya kepada kalian semua, apakah kalian pernah mengenal yang namanya P2P Lending ?. Saya yakin banyak dari teman-teman yang sudah mengenal dengan yang namanya P2P Lending. Tetapi teruntuk teman-teman yang belum mengenal P2P Lending, jangan sampai kalian berkecil hati. Tenang saja karena disini tugas saya adalah untuk mencoba mengenalkan P2P Lending kepada kalian semua.

Investasi P2P Lending (Peer to Peer Lending) adalah platform pinjam-meminjam uang yang dilakukan secara online, kegiatan ini melibatkan dua pihak yaitu peminjam dan pemberi pinjaman. Pelaku usaha mikro (peminjam) yang membutuhkan modal kerja untuk tumbuh akan terhubung dengan pendana (pemberi pinjaman) yang mencari alternatif pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional.

AMARTHA MERUPAKAN PENYEDIA LAYANAN P2P TERBAIK YANG PERNAH ADA DI INDONESIA

Nah teman-teman, teruntuk kalian semua yang sudah merasa tertarik untuk terjun ke dunia investasi P2P Lending, namun masih bingung mencari perusahaan penyedia layanan P2P Lending Indonesia terbaik. Saya memiliki rekomendasi perusahaan penyedia layanan Investasi P2P terbaik bernama Amartha, memang harus diakui bahwa Amartha merupakan perusahaan layanan P2P yang paling juara di Negara Indonesia. Perusahaan ini tentunya menawarkan banyak sekali keunggulan yang tidak akan pernah kalian dapatkan di perusahaan lain, selain itu perusahaan ini juga memiliki kepedulian tinggi yang tinggi kepada para pelaku usaha mikro.

Amartha berdiri pada tahun 2010, berdiri sebagai microfinance yang memiliki misi utama menghubungkan pelaku usaha mikro dengan pemodal secara online. Cerita berdirinya perusahaan ini bisa dikatakan sangat menarik, berawal dari banyaknya pengusaha UMKM yang kesulitan untuk mendapatkan modal usaha akibat keterbatasan jaminan, fluktuasi pendapatan dan ketiadaan sejarah kredit. Amartha memiliki keinginan untuk memberikan bantuan Pendanaan UMKM dengan cara memberikan kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan.

Amartha berubah menjadi perusahaan Investasi Peer to Peer Lending (P2P) pada tahun 2016, Amartha membuka akses permodalan untuk perempuan tangguh, pengusaha kecil dan mikro di pelosok desa. Tujuan utama perusahaan ini adalah adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi dan mewujudkan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia.

PARA PEMIMPIN PERUSAHAAN AMARTHA

Demi mewujudkan mimpi memberikan bantuan akses permodalan untuk para perempuan tangguh, pengusaha kecil dan mikro di pelosok desa. Tentunya Amartha perlu memiliki tim terbaik untuk mewujudkan semua mimpinya, beruntungnya perusahaan ini memiliki tim yang memiliki semangat tinggi untuk mencapai semua mimpi. Tentunya semangat yang dimiliki oleh tim tidak bisa lepas dari figur para pemimpinya. Para pemimpin Amartha berusaha semaksimal mungkin mewujudkan mimpi, hal inilah yang membuat semua anggota Amartha menjadi bersemangat tinggi membantu mewujudkan semua mimpi yang dimiliki perusahaan.

Nah ngomong-ngomong tentang para pemimpin, saya ingin bertanya kepada kalian semua. Apakah kalian sudah mengenal para pemimpin perusahaan Amartha ? rasanya kurang afdol kalau tidak mengenal lebih dekat dengan para pemimpin Amartha. Seperti pepatah tak kenal maka tak sayang, menurut saya alangkah lebih baik bagi kita untuk berkenalan terlebih dahulu dengan para pemimpin Amartha sebelum memutuskan menggunakan produk investasi P2P Amartha. Nah buat teman-teman semua, jangan sampai merasa kaget ya ketika mengetahui bahwa Amartha dipimpin oleh para sumber daya manusia terbaik asli Indonesia.

Taufan mendirikan Amartha pada tahun 2010. Taufan telah menerima beragam penghargaan, di antaranya : Entrepreneur of the Year Finalist, EY; Satu Indonesia Award, Astra; Laureate Global Fellow, Internasional Youth Foundation; Ganesha Innovation Champion Awards, Alumni ITB. Taufan memperoleh gelar MPA dari Harvard Konnedy School dan Sarjana Bisnis dari Institut Teknologi Bandung.

Andi Taufan Garuda Putra

Founder & CEO

Aria percaya bahwa segmen mikro dapat dimodernisasi melalui teknologi. Sebelumnya Arya berkarir di Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ dan Citibank. Aria menerima penghargaan YSEALI dari Presiden Barrack Obama pada tahun 2015 dan Internasional Alumni Impact Award pada tahun 2017. Aria memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Gadjah Mada dan MSc dari Nanyang Technological University juga University of Wales

Aria Widyanto

Chief Risk and Sustainability Officer

Di dunia Teknologi, nama Hadi Wenas sudah tak asing lagi. Berbekal 18 tahun pengalaman di perusahaan startup dan multinasional. Arek Suroboyo ini sukses membangun Zalora, aCommerce dan Matahari.com. Lulusan S2 Ilmu Komputer dari Stanford University ini bertekad mewujudkan mimpinya untuk meningkatkan kesejahteraan bagi perempuan tangguh desa di Indonesia bersama Amartha

Hadi Wenas

Chief Commercial Officer

Nama Budhi Siswoadji sudah tak asing dalam ranah pembiayaan dan pemberdayaan segmen mikro di Indonesia. Selama 25 tahun ia telah berpengalaman menangani segmen usaha mikro di Bank Bukopin, PNM, MICRA, Sampoerna Microfinance, dan PT. Bina Artha Ventura. Dan kini ia sedang melaju dengan Amartha. Lulusan Magister Manajemen Universitas Pelita Harapan ini percaya dengan akses sumber daya yang merata, kesehatan, pendidikan dan modal usaha, Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan berdaya.

Budhi Siswoadji

Chief Operating Officer

Medi memiliki keahlian dalam bidang IT Operations dengan pengalaman bekerja di industri teknologi finansial. Medi memegang gelar Sarjana Teknik Sipil dari Institut Teknologi Bandung, dan gelar MM dari Universitas Indonesia.

Medi Triyanto

VP of Operations

Ramdhan adalah seorang entrepreneur dan akuntan profesional (CPA) yang telah berpengalaman menangani aspek keuangan dari berbagai industri. Sebelum bergabung dengan Amartha, Ramdhan adalah Managing Partner dari Mika Trikarya Indonesia, dan pernah bekerja di Tokio Marine Insurance Group. Ramdhan memegang gelar Sarjana Akuntansi dari Universitas Indonesia.

Ramdhan A

Chief Financial Officer

alasan kenapa generasi muda wajib berinvestasi p2p di amartha

Nah buat teman-teman semua yang bertanya kepada saya apa hukumnya generasi muda berinvestasi P2P di Amartha ? saya rasa hukumnya adalah wajib. Saya dari awal mengatakan kepada kalian semua bahwa perusahaan ini menawarkan banyak sekali keunggulan. Tentunya apa yang saya katakan adalah benar adanya, untuk membuktikan kepada kalian semua. Disini saya akan mencoba menunjukkan kepada kalian semua terkait keunggulan perusahaan Amartha. Semoga saja keunggulan yang dimiliki Amartha dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kalian memutuskan berinvestasi P2P di Amartha.

Aman Terpercaya Karena Telah Diawasi Oleh OJK

Peer to Peer (P2P) Lending Amartha telah memiliki izin usaha dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Amartha telah resmi terdaftar pada administrasi Direktorat Kelembagaan dan produk IKNB OJK dengan nomor registrasi S-2491/NB.111/2017. Tentunya hal ini membuat layanan yang disediakan Amartha untuk menghubungkan pelaku usaha mikro di sektor ekonomi informal dengan pemberi modal atau investor menjadi lebih aman dan transparan. Tidak berhenti disitu saja, untuk memberikan keamanan kepada investor, Amartha juga menggunakan sistem pengelolaan risiko terintegrasi di lapangan teknologi, dan jaminan pendanaan dengan asuransi.  

Imbal Hasil yang Sangat Menarik

Siapa bilang investasi P2P Lending merugikan para investor ? faktanya investasi ini malah memberikan imbal hasil yang bisa dikatagorikan fair bagi para investornya. Dengan menggunakan layanan P2P Lending Amartha, kalian sebagai investor dapat menarik dana yang kalian miliki setiap minggu dan tentunya dengan akses yang sangat mudah. Bukan hanya itu saja, kalian juga akan mendapatkan imbal hasil yang bisa dikatagorikan besar bisa mencapai 15% per tahun tergantung mitra usaha yang kalian danai.

Ikut Berkontribusi Memberikan Dampak Sosial

Berbeda dengan reksadana, deposito dan juga saham yang hanya memberikan keuntungan kepada diri kita dan perusahaan. Investasi P2P Lending juga memberikan dampak sosial kepada masyarakat. Ketika kita memutuskan berinvestasi di Amartha, kita juga turut berkontribusi membantu perempuan tangguh, pengusaha kecil dan mikro di pelosok pedesaan. Dana investasi kita akan disalurkan oleh pihak Amartha kepada mereka dengan harapan mendorong usaha mereka supaya bisa tumbuh dan menjadi lebih maju.

Meminimalisir Risiko Pendanaan Menjadi Prioritas Utama Amartha

Teruntuk kalian semua yang takut dengan namanya risiko, tenang saja karena Amartha telah bekerjasama dengan perusahaan penjaminan kredit Jamkrindo dan asuransi jiwa untuk mengurangi risiko pendanaan. Kita dapat membeli asuransi saat mendanai mitra usaha, proteksi ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko dan memberikan gambaran investasi yang lebih terprediksi. Sehingga kita sebagai investor dapat lebih fokus untuk mengelola dana sesuai dengan profil risiko pribadi. Jika nantinya terjadi kasus mitra gagal bayar, maka sisa dana pokok kita akan kembali sebesar 75%.

Terdapat Sistem Group Lending

Ketika membicarakan tentang Amartha, harus diakui bahwa perusahaan ini memiliki komitmen tinggi untuk menghindari terjadinya kasus kegagalan pembayaran. Salah satu cara yang dilakukan Amartha adalah dengan menjalankan sistem Group Lending kepada para mitra. Group Lending merupakan kewajiban bagi calon anggota untuk membentuk sebuah kelompok yang terdiri dari 15-25 orang dalam satu domisili.

Setiap anggota wajib untuk mengikuti pelatihan dengan harapan dapat membangun komitmen tanggung rentang jika salah satu anggota mengalami kesulitan pembayaran. Tentunya sistem tanggung rentang yang dilakukan Amartha akan membuat para investor menjadi lebih tenang karena terdapat jaminan keamanan ketika mereka menginvestasikan dananya kepada para pelaku UMKM pedesaan.

Terdapat Sistem Credit Scoring

Amartha mengupayakan yang terbaik kepada para investornya, perusahaan ini bertujuan untuk meminimalisir risiko yang akan dihadapi oleh para investornya. Bukti nyata Amartha melakukan proses seleksi yang terbilang ketat kepada para calon penerima pinjaman. Seleksi dilakukan dengan algoritma skor kredit untuk menilai kelayakan berdasarkan analisa usaha dan kepribadian. Grade A hingga E akan mempresentasikan para penerima pinjaman terkait kemungkinan keberhasilan bayar dan potensi risiko atau kemungkinan gagal bayar. Dengan begini investor bebas memilih penerima pinjaman yang paling sesuai dengan kriteria yang investor inginkan.

Investasi di Sektor Rill Sangat Menguntungkan

Teman-teman, kalian tahu tidak bahwa investasi di sektor rill sesungguhnya bisa dikatakan sangatlah menguntungkan. Bagi saya, satu hal yang perlu kita perhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun ke dunia investasi adalah mencoba menghindari investasi yang dananya digunakan untuk keperluan konsumtif seperti model pembelian benda sekunder. Saya sangat merekomendasikan memilih jenis investasi P2P Lending karena dananya digunakan untuk melakukan pembiayaan produktif seperti modal kerja atau membuka dan mengembangkan usaha. Dengan memilih jenis investasi seperti ini akan lebih mengurangi risiko gagal bayar dari peminjam yang kita danai.

Banyak Pendana Amartha yang Merasa Sangat Puas

Salah satu faktor yang dapat kita jadikan pertimbangan untuk memutuskan membeli suatu produk adalah testimoni dari para pengguna. Begitu juga ketika kita ingin membeli produk investasi P2P Lending, tentunya kita akan membeli produk investasi P2P Lending dari perusahaan yang telah dipercaya dan memberikan keuntungan kepada banyak investornya. Salah satu alasan saya sangat merekomendasikan Amartha karena telah banyak investor yang merasa puas ketika berinvestasi P2P Lending di perusahaan Amartha.

Di Amartha Anda bisa mendapatkan return yang lebih baik dan membantu orang

Rudy

Jakarta

Tingkat keuntungan harus lebih dari inflasi, di Amartha tidak hanya keuntungannya besar namun juga risikonya rendah

Bella

Professional Banker

Amartha memberikan terobosan teknologi untuk ibu-ibu di rural area untuk bisa mendapatkan pinjaman modal

Vivi

Lead Economist for the World Bank’s Poverty Program in Indonesia

Dengan Amartha saya bisa membantu sesama wanita diluar sana, sekaligus bisa mengatur finansial saya

Sindy

Content Creator

Di usia muda ini saya memilih berani berinvestasi dengan Amartha karena tidak hanya Amartha menjanjikan keuntungan yang besar namun juga memberikan social impact

Aji Setiawan

Banker

Proses Pendanaan Amartha Sangat Simpel

Sebagai generasi muda, tentunya kita tidak suka dengan yang namanya rangkaian proses rumit, kita akan lebih tertarik dengan proses yang tergolong simpel. Nah teruntuk teman-teman yang mencari investasi simpel dan anti bikin pusing, jawabannya adalah investasi P2P Lending Amartha. Dijamin rangkaian proses pendanaan di Amartha sangatlah simpel, hanya terdapat tiga proses saja yaitu (1) Membuka Akun Perdana, (2) Memilih Mitra Penerima Pinjaman dan (3) Menikmati Angsuran Perminggu. Sungguh sangat simpel kan teman-teman proses pendanaan di Amartha, dengan mengetahui simpelnya pendanaan di Amartha, tentunya membuat saya sangat merekomendasikan produk investasi ini kepada kalian semua.

kalau saya saja pilih amartha, masak kalian semua tidak ?

Bagaimana teman-teman, setelah mengetahui tentang Amartha secara mendalam ? apakah kalian merasa tertarik untuk memutuskan berinvestasi P2P Lending di Amartha ?. Sejujurnya mengetahui banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh P2P Lending Amartha, membuat saya merasa sangat tertarik berinvestasi di Amartha. Apalagi berbeda dengan jenis investasi lainnya, ketika kita memutuskan berinvestasi P2P Lending di Amartha, tidak hanya memberikan keuntungan kepada diri kita sendiri tetapi juga pada orang lain.

Nah jujur dalam hati saya yang paling dalam, memiliki harapan tinggi kepada kalian semua untuk memutuskan terjun ke dunia investasi. Kalian bebas memilih apapun jenis investasi, apalagi saat ini terdapat banyak sekali jenis investasi. Meskipun terdapat banyak pilihan, tentunya ada kewajiban bagi kalian memilih jenis investasi paling tepat sesuai dengan kebutuhan.

Namun teman-teman buat kalian yang tertarik berinvestasi tetapi tidak hanya untuk keuntungan diri sendiri, namun juga ingin berkontribusi pada kegiatan sosial. Dapat memilih P2P Lending di Amartha, tentunya dengan kalian berinvestasi P2P Lending Amartha akan sangat membantu para perempuan tangguh, pengusaha kecil dan mikro di pelosok desa. Meskipun nilai investasi kalian tidaklah besar, tetapi sejujurnya akan sangat bermanfaat bagi mereka semua teman-teman. Jadi tunggu apalagi segera putuskan berinvestasi P2P Lending di Amartha, kalau bisa sekarang investasinya kenapa harus menunda-nunda.

“Artikel Ini Juga Diikutsertakan Dalam Lomba Blog Inklusi Keuangan untuk Kesejahteraan Indonesia yang Diselenggarakan oleh Amartha”

Referensi :

Amartha.com, Website Resmi Perusahaan Amartha, Diakses pada tanggal 15 Oktober 2020, https://amartha.com/

Amartha.com, 2020, Alasan Mengapa Kamu Harus Investasi di Amartha, Diakses pada tanggal 20 Oktober 2020, https://blog.amartha.com/7-alasan-mengapa-kamu-harus-investasi-di-amartha/