Kemunculan pandemi Covid-19 sejujurnya telah memberikan guncangan yang cukup besar kepada semua sektor termasuk pendidikan. Sistem pendidikan terpaksa harus dirubah dari yang awalnya menggunakan sistem offline menjadi online. Tentunya perubahan ini bisa dikatakan tidak mudah, banyak pihak yang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru.

Menyikapi hal ini, muncul seri webiner yang coba membahas secara tuntas terkait pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Tujuannya adalah agar semua pihak memiliki pengetahuan yang mendalam terkait cara dan manfaat perubahan sistem, sehingga kita menjadi mampu untuk beradaptasi dengan sistem pembelajaran baru. Sejujurnya dalam keadaan seperti ini, pembelajaran secara online merupakan solusi satu-satunya. Maka dari itu saya ingin mengajak kalian semua untuk terus mengikuti webiner yang diselenggarakan Kemdikbud.

Teman-teman semua, disini tugas kita adalah untuk menerima dengan lapang dada sistem pembelajaran baru. Akan sangat sulit bagi kita kalau dari awal sudah menolak sistem pembelajaran baru. Saya merasa sangat miris ketika mengetahui banyak orang yang menyalahkan bapak Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Padahal beliau merupakan tokoh yang berjuang mati-matian untuk membuat pembelajaran bisa berjalan maksimal meskipun terjadi pandemi.

Nilai karakter yang dapat diambil ketika mengikuti webiner

Teman-teman sejujurnya ketika mengikuti kegiatan ini, kalian akan mendapatkan banyak nilai karakter seperti :

Toleransi

Setelah mengetahui pentingnya sistem pembelajaran baru, akan membuat jiwa toleransi dalam diri kita menjadi muncul. Kita akan lebih mampu menghargai keputusan-keputusan yang dikeluarkan pemerintah terkait sistem pendidikan baru pada keadaan pandemi.

Disiplin

Setelah mengikuti webinar ini, kita akan menjadi seseorang yang lebih disiplin. Kita tidak lagi memiliki pemikiran untuk menentang dan menolak, karena hanya ada keinginan untuk berupaya tertib dan patuh pada sistem pembelajaran yang baru.

Kerja Keras

Webiner ini akan menjadi kunci awal bagi kita untuk menjadi seseorang yang lebih bekerja keras. Kita akan mengupayakan semaksimal mungkin untuk mendukung tercapainya sistem pembelajaran baru yang maksimal.

Rasa Ingin Tahu

Rasa ingin tahu terkait cara beradaptasi pada sistem pembelajaran baru membuat kita mengikuti webiner ini. Kita akan berusaha mengikuti webiner semaksimal mungkin agar pengetahuan kita terkait sistem pembelajaran baru menjadi lebih baik lagi.

Kreatif

Pembelajaran secara online tentunya akan membuat diri kita menjadi seseorang yang lebih kreatif lagi. Kita akan berupaya memanfaatkan internet untuk menciptakan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah ada.

Semangat Kebangsaan

Menyempatkan waktu mengikuti webiner ini, telah menunjukkan jati diri yang memiliki jiwa semangat kebangsaan. Kita mengupayakan untuk turut andil pada perbaikan sistem pengajaran baru agar menjadi lebih baik lagi.

Menghargai Prestasi

Mengikuti webiner merupakan salah satu langkah untuk menuju prestasi. Dengan mengikuti webiner akan memberikan pengetahuan bagi kita bagaimana caranya berprestasi meskipun masih terdapat pandemi.

Peduli Sosial

Webiner ini merupakan kegiatan kepedulian sosial terutama pada bidang pendidikan. Dengan kita mengikuti kegiatan ini, sudah menjadi bukti bahwa kita juga memiliki kepedulian sosial pada kemajuan pendidikan.

Tanggung Jawab

Tujuan dari webiner ini adalah agar semua pihak turut berpartisipasi dalam suksesnya sistem pendidikan baru. Dengan mengikuti webiner ini akan membuat diri kita menjadi lebih bertanggung jawab untuk berpartisipasi dalam tercapainya sistem pendidikan baru yang maksimal.