Hallo teman-teman, setelah sebelumnya saya membahas tentang peran tempat wisata dan beberapa sektor terkait terhadap adabtasi kebiasaan baru pada wisata Kabupaten Semarang. Rasanya ada yang kurang kalau tidak membahas tentang adabtasi kebiasaan baru dari sudut pandang wisatawan/pengunjung. Sejujurnya bagaimanapun adabtasi kebiasaan baru tidak akan dapat berjalan maksimal, kalau tidak didukung oleh peran para wisatawan.

Saya pribadi sebagai seorang wisatawan, merasa sangat sedih ketika mengetahui pada tahun 2020, Negara Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Akibat adanya pandemi, terpaksa saya hanya bisa beraktivitas di rumah saja, sejujurnya saya sudah lama sekali tidak merasakan yang namanya liburan.

Padahal saya memiliki rencana setelah menyelesaikan skripsi, akan mencoba menikmati waktu liburan di Kabupaten Semarang. Alasan saya memilih Kabupaten Semarang sebagai destinasi liburan karena disana banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Namun ternyata tidak seperti harapan saya sebelumnya, adanya Covid-19 telah membuat rencana saya menjadi tertunda.

beberapa destinasi wisata kabupaten semarang yang ingin saya kunjungi

Nah teman-teman, ketika membicarakan tentang destinasi wisata Kabupaten Semarang yang bisa dikatakan sangatlah banyak. Sejujurnya ada beberapa destinasi tempat wisata di Kabupaten Semarang yang benar-benar ingin saya kunjungi. Kalian saat ini pastinya bertanya-tanya destinasi apa saja yang ingin saya kunjungi. Nah untuk kalian yang merasa penasaran, destinasi wisata Kabupaten Semarang yang ingin saya kunjungi antara lain adalah :

Wisata Candi Gedong Songo

Wisata pertama yang ingin saya kunjungi adalah Candi Gedong Songo yang terletak di Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berbicara tentang Candi Gedong Songo, tentunya tempat wisata ini tidak bisa terlepas dengan peninggalan sejarahnya. Namun tidak hanya sejarah, candi ini juga menyediakan pemandangan yang begitu indah, jujur tempat wisata ini tidak kalah dengan tempat wisata lain dalam segi keindahan (ksmtour.com).

Sumber : camerawisata.com, 2018

Wisata Rawa Pening

Wisata Kabupaten Semarang kedua yang ingin saya kunjungi adalah danau Rawa Pening, danau ini memiliki luas 2.670 hektar dan menempati empat wilayah Kecamatan yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Terdapat suatu legenda yang dipercayai oleh kalangan masyarakat terkait terbentuknya Rawa Pening. Selain menyimpan suatu legenda, tempat wisata ini juga memberikan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, Rawa Pening menawarkan keindahan danau yang tiada tara (tribunnewswiki.com, 2019)

Sumber : phinemo.com, 2020

Museum Kereta Api Ambarawa

Ketika berwisata ke Kabupaten Semarang, rasanya kurang lengkap kalau tidak mampir ke Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini terletak di Jalan Stasiun No.1, Panjang, Ambarawa, Semarang. Museum ini tentunya memberikan penawaran yang mungkin tidak didapatkan pengunjung ketika berwisata ke tempat lain, disini pengunjung bisa secara langsung melihat seperti apa mesin kereta api zaman kolonial Belanda. Pengunjung selain hanya melihat-lihat kereta api, juga dapat naik lokomotif uap dengan rute yang telah ditentukan. Tentunya berwisata di Museum Kereta Api Ambarawa sangat menguntungkan, selain untuk mengisi liburan, pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan terkait kereta api (kompas.com,2016).

Sumber : travelspromo.com, 2020

alasan kenapa para wisatawan sangat berharap tempat wisata segera dibuka

Nah teman-teman, ketika membicarakan tentang berwisata, saya mau bertanya kepada kalian semua, “apakah kalian rindu untuk berwisata kembali ?”. Kalau kalian memiliki perasaan rindu, berarti kita sama karena saya benar-benar rindu untuk bisa berwisata kembali. Memang secara logika banyak orang yang suka menghabiskan waktu liburannya dengan cara pergi ke tempat wisata.

Sejujurnya saat ini sudah banyak para wisatawan yang berharap agar tempat wisata segera dibuka.  Nah teman-teman, kalian tahu tidak alasan kenapa banyak para wisatawan yang rindu pada tempat wisata. Teruntuk kalian semua yang belum tahu, tenang saja karena disini saya akan menunjukkan kepada kalian semua terkait alasannya. Alasan banyak wisatawan termasuk saya ingin segera tempat wisata dibuka antara lain adalah :

Menghilangkan Stres

Rutinitas sehari-hari seperti bekerja, kuliah ataupun sekolah tentunya membuat kita merasa jenuh dengan beban yang ada. Rasa jenuh yang ada dapat membuat diri kita menjadi merasa stres. Nah salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan berwisata, ketika kita meluangkan waktu untuk berwisata akan membuat tingkat stres dalam diri kita menjadi menurun.

Menghilangkan Pikiran Negatif

Tekanan dalam rutinitas sehari-hari, dapat berakibat buruk dalam diri kita, tentunya tekanan dapat membuat kita sering berfikir negatif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Maka dari itu penting adanya waktu berwisata, ternyata berwisata dapat membuat kita menjadi bisa berfikir secara positif. Kita akan menjadi lebih senang, semangat dan termotivasi dalam beraktivitas setelah menyempatkan sedikit waktu untuk liburan.

Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Pasti kita tidak pernah menyangka bahwa dengan berwisata akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Peneliti dalam bidang imunitas, Prof. Fulvio D’Acquisto memiliki pendapat bahwa lingkungan baru dan menyenengkan dapat menstimulasi sistem imum agar bisa bekerja lebih baik (hellosehat.com, 2020). Dengan imun yang terjaga dengan baik, dapat membuat kita menjalankan aktivitas sehari-hari secara maksimal tanpa takut terkena suatu penyakit.

Produktivitas Menjadi Meningkat

Tuntutan pekerjaan tentunya tidak dapat terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Kadang tuntutan pekerjaan membuat kita malah merasa malas dan kehilangan produktivitas. Sejujurnya produktivitas sangat penting, kehilangan produktivitas akan membuat pekerjaan kita menjadi tidak optimal. Maka dari itu perlu adanya waktu berlibur, dengan menyempatkan waktu berlibur akan membuat produktivitas kita menjadi kembali seperti semula, sehingga pekerjaan yang kita kerjakan akan mendapatkan hasil yang optimal.

Kreativitas Akan Meningkat

Percaya atau tidak dengan menyempatkan waktu berwisata akan membuat kreativitas dalam diri kita menjadi meningkat. Berwisata ternyata dapat membuat otak kita memunculkan ide-ide terbaik yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Saya pribadi ketika kehabisan ide dalam menulis suatu artikel, akan langsung memutuskan untuk menyempatkan waktu sebentar pergi ke tempat wisata. Bagaimana hasilnya ? hasilnya tentu saja membuat saya mendapatkan ide-ide baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya.

Berkumpul Bersama Keluarga

Apakah kalian merupakan seseorang yang sangat sulit meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga karena rutinitas sehari-hari yang sangat padat. Tentunya dengan sedikit waktu yang dimiliki bersama keluarga, membuat kalian ingin menciptakan momen spesial ketika bisa berkumpul bersama keluarga. Momen terbaik dan berkesan yang dapat kalian berikan kepada keluarga adalah liburan. Siapa anggota keluarga yang tidak suka diajak liburan ke suatu tempat ? semua anggota keluarga pasti suka. Maka dari itu jangan pernah kalian merasa ragu, jika ada kesempatan segera putuskan untuk mengajak mereka berwisata bersama.

bersyukurlah karena wisata kabupaten semarang mulai coba untuk dibuka

Teruntuk teman-teman semua yang mulai merasa rindu untuk bisa menghabiskan waktu berwisata di suatu tempat. Bersyukurlah karena pemerintah Kabupaten Semarang mulai mengupayakan untuk mencoba membuka lagi tempat wisata di keadaan new normal. Pembukaan ini sejujurnya saya sambut dengan sangat-sangat baik, apa lagi saya juga sudah memiliki rencana untuk bisa liburan kesana.

Namun satu hal teman-teman yang harus kalian perhatikan dalam pembukaan kembali tempat wisata di Kabupaten Semarang. Meskipun kembali dibuka, terdapat keputusan adabtasi kebiasaan baru pada tempat wisata dengan tujuan untuk menghindari penyebaran Covid-19. Kita sebagai para wisatawan tentunya harus menghormati keputusan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah.

Bukan hanya menghormati tetapi juga turut menerapkan adabtasi kebiasaan baru ketika berwisata di Kabupaten Semarang. Dengan bekerjasama dengan pihak terkait, saya memiliki keyakinan yang tinggi bahwa penyebaran Covid-19 tidak akan meningkat meskipun tempat wisata kembali dibuka.

cara wisatawan berpartisipasi dalam adabtasi kebiasaan baru

 “Kak saya sebagai wisatawan memiliki keinginan untuk berpartisipasi dalam adabtasi kebiasaan baru yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Semarang. Namun sejujurnya saya tidak tahu terkait apa saja hal yang perlu dilakukan untuk berpartisipasi dalam adabtasi kebiasaan baru”.

Mengetahui teman-teman memiliki keinginan untuk berpartisipasi dalam adabtasi kebiasaan baru, tentu saja sudah membuat diri saya sangat senang. Tentunya bukan hanya saya saja yang merasa senang, pihak pemerintah Kabupaten Semarang dan pihak-pihak terkait juga akan ikut senang mengetahui para wisatawan memiliki kepeduliaan. Menyikapi hal ini, saya akan berusaha secara maksimal menunjukkan kepada kalian semua terkait cara berpartisipasi dalam adabtasi kebiasaan baru, cara kita turut berpartisipasi antara lain adalah :

Berada Dalam Keadaan Sehat

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memastikan diri kita saat ini berada dalam kondisi sehat atau tidak sebelum memutuskan untuk berkunjung ke tempat wisata. Jika mengalami gejala mirip dengan Covid-19 seperti demam, pilek, batuk, nyeri tenggorokan dan sesak nafas. Lebih baik kita mengurungkan niat untuk berwisata dan memutuskan untuk tetap berada di rumah.

Menggunakan Masker

Hal kedua yang harus kita lakukan sebagai seorang wisatawan adalah menggunakan masker. Jangan sampai ketika berada di tempat wisata, kita lupa untuk mengenakan masker, karena hal ini bisa berakibat fatal bukan hanya pada diri kita tetapi juga pada orang lain. Maka dari itu perlu kesadaran dalam diri kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan cara menggunakan masker.

Sering Mencuci Tangan

Ketika berada di tempat wisata, pihak tempat wisata tentunya sudah menyediakan tempat cuci tangan di beberapa lokasi. Kita sebagai wisatawan harus memanfaatkan tempat cuci tangan semaksimal mungkin. Jangan sampai karena perasaan egois yang kita miliki, membuat kita tidak memanfaatkan tempat cuci tangan dengan baik. Kita harus memahami bahwa ketidak pedulian pada cuci tangan, tidak hanya akan berisiko pada diri sendiri tetapi juga pada orang lain.

Tidak Lupa Membawa Hand Sanitizer

Meskipun di tempat wisata, sudah disediakan beberapa lokasi untuk kita cuci tangan. Namun kita sebagai wisatawan memiliki kewajiban untuk membawa hand sanitizer dari rumah. Hand sanitizer meskipun merupakan barang yang kelihatan sepele, namun sejujurnya sangat penting dalam keadaan adanya pandemi Covid-19. Hand sanitizer memiliki fungsi untuk membantu kita yang merasa malas pergi ke lokasi cuci tangan, cara mengganti cuci tangan cukup dengan menggunakan hand sanitizer.

Menghindari Menyentuh Area Wajah

Ketika adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita dihimbau untuk tidak menyentuh area wajah yang sangat sensitif seperti mata, hidung dan mulut. Himbauan ini juga berlaku di tempat wisata, jangan sampai ketika berwisata membuat kita menjadi lupa untuk menghindari  menyentuh area wajah. Saat pandemi seperti ini, kelengahan sedikit saja pada diri kita akan memiliki dampak yang besar terhadap penyebaran Covid-19.

Hindari Kontak Langsung dan Tetap Menjaga Jarak

Rasanya sangat aneh dan sulit bagi seseorang untuk menghindari kontak langsung dan tetap menjaga jarak dengan orang lain. Namun dalam keadaan seperti ini, mau tidak mau kita harus bisa untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain seperti contohnya tidak menjabat tangan orang lain. Kita juga harus tetap waspada dengan cara menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

Sering Membersihkan Benda yang Kita Bawa Berwisata

Ketika berwisata, tentunya kita tidak bisa lepas dengan beberapa benda yang menjadi penunjang untuk kita lebih bisa menikmati momen berwisata. Benda-benda yang tidak bisa dilepaskan para wisatawan antara lain handphone, kamera, tas dan lain-lain. Kita perlu untuk sering membersihkan benda-benda ini dengan menggunakan disinfektan, tujuannya agar virus-virus yang menempel dibenda menjadi mati.

Sampai Rumah Langsung Mandi dan Berganti Pakaian

Berwisata tentunya dapat membuat diri kita menjadi merasa lelah dan ketika sampai di rumah kita akan bermalas-malasan. Namun pada keadaan Covid-19, kita tidak boleh bermalas-malasan setelah sampai rumah. Wajib hukumnya untuk membuang rasa lelah dan malas setelah seharian berwisata. Setelah sampai di rumah, kita harus mandi terlebih dahulu dan berganti pakaian sebelum melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga di rumah.

semoga wisata kalian di kabupaten semarang menyenangkan

Setelah mengetahui apa saja hal-hal yang perlu kalian lakukan sebagai wisatawan untuk turut berpartisipasi dalam adabtasi kebiasaan baru yang telah diterapkan pemerintah Kabupaten Semarang. Saya berharap kalian dapat mengimplementasikan adabtasi kebiasaan baru ini secara maksimal ketika berwisata di Kabupaten Semarang.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa dengan pengimplementasian yang baik dari semua pihak, termasuk kita para wisatawan. Tentunya akan membuat risiko penyebaran Covid-19 menjadi berkurang meskipun tempat wisata di Kabupaten Semarang dibuka. Memang hal pertama yang harus diperhatikan oleh semua pihak adalah memutus rantai penyebaran Covid-19.

Meskipun dalam keadaan masih terdapat pandemi Covid-19, semoga wisata kalian di Kabupaten Semarang tetap menyenangkan. Terimakasih untuk semua yang telah membaca tulisan saya ini, besar keinginan saya untuk bisa bertemu dengan kalian ketika berwisata di Kabupaten Semarang. Sampai jumpa teman-teman dan terus nantikan tulisan-tulisan saya selanjutnya.

 

Referensi :

hellosehat.com, 2020, Bukan Hanya Usir Stres, Ini Manfaat Liburan untuk Kesehatan Fisik, Diakses Pada Tanggal 12 September 2020, https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-liburan-untuk-kesehatan-fisik/#gref

kompas.com, 2016, Ingin Naik Kereta di Museum Ambarawa Begini Caranya, Diakses Pada Tanggal 11 September 2020,https://travel.kompas.com/read/2016/12/19/090500727/ingin.naik.kereta.di.museum.ambarawa.begini.caranya?page=all

ksmtour.com, Candi Gedong Songo Wisata Mempesona di Jawa Timur, Diakses Pada Tanggal 11 September 2020, https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/jawa-tengah/candi-gedong-songo-wisata-mempesona-di-jawa-tengah.html

tribunnews.wiki.com, 2020, Rawa Pening, Diakses Pada Tanggal 11 September 2020, https://www.tribunnewswiki.com/2019/07/08/rawa-pening