Hallo teman-teman semua, bagaimana kabarnya ? semoga kalian berada dalam keadaan yang baik-baik saja. Berbicara tentang dunia saat ini, bisa dikatakan bahwa dunia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Begitu juga dengan dunia bisnis, persaingan bisnis saat ini bisa dikatakan semakin ketat. Sampai-sampai banyak bisnis dengan bidang yang sama, bersaing satu sama lain untuk menjadi yang terbaik.

Apalagi saat ini terdapat banyak sekali perusahaan yang bertransisi dari bisnis konvensional ke bisnis online. Mulai munculnya forum jual beli, marketplace, website dan media sosial yang juga memiliki andil besar dalam menyebarkan atau memasarkan produk ke dunia maya dan disimak oleh jutaan bahkan milyaran manusia di muka bumi (Gautama, Bahrudin, Rochmadi, 2019:1).

Berbicara tentang adanya bisnis online saat ini, bisa dikatakan membuat bisnis yang masih menerapkan sistem konvensional menjadi terpojok. Bisnis dengan sistem konvensional seolah-olah kalah bersaing dengan bisnis online. Hal inilah yang secara tidak langsung membuat mereka merubah bisnis yang awalnya konvensional menjadi online.

Kalian pastinya saat ini bertanya-tanya, “kenapa sih banyak sekali orang yang tertarik berbisnis dengan cara online ?”. Banyak orang yang tertarik bisnis online karena bisnis online memberikan banyak sekali kelebihan. Kalian pastinya memiliki perasaan ingin mengetahui apa saja kelebihan dalam bisnis online, kelebihannya antara lain adalah :

Pasar yang Lebih Luas

Kelebihan yang pertama dari berbisnis online adalah pasar yang lebih luas. Memang harus diakui bahwa ketika kita menjalankan bisnis dengan cara online, kita dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas. Bisnis online tidak dibatasi oleh batas-batas wilayah, kita bisa menjangkau konsumen yang berbeda Kota, Provinsi, ataupun Negara. Dengan tidak adanya batas wilayah, pastinya akan membuat kita lebih mudah dalam meningkatkan penjualan.

Tidak Harus Memiliki Tempat Atau Lapak

“Kak saya ingin menjalankan bisnis, tapi tidak punya tempat atau lapak ?”, mungkin diantara kalian yang membaca tulisan ini, ada yang mengalami permasalahan seperti ini. Teruntuk teman-teman yang mengalami permasalahan seperti ini, tenang saja karena berbisnis dengan cara online tidak perlu memiliki tempat atau lapak. Cukup dengan menggunakan gadget, kalian sudah bisa menjalankan bisnis dengan cara online.

Tidak Perlu Modal dan Biaya Operasional Besar

Seperti moto bisnis MLM yaitu “dengan hanya modal ratusan, bisa dapat untung milyaran”. Bisnis online juga seperti itu, bisnis online tidak memerlukan modal dan biaya operasional yang besar. Hanya dengan sedikit modal, kita sudah dapat menjalankan bisnis. Pastinya kalian bertanya-tanya, kenapa bisnis online tidak memerlukan modal dan biaya operasional yang besar ?.

Alasannya karena kita tidak memerlukan biaya untuk menyewa gedung atau kios, tenaga kerja ataupun listrik. Meskipun tidak ada bukti fisik tempat jualan, jangan remehkan bisnis online. Dengan bisnis online kita bisa mendapatkan untung ratusan juta atau bahkan milyaran lo teman-teman.

Bisa Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja

Kelebihan bisnis online yang keempat adalah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Berbeda dengan bisnis konvensional yang tempat dan waktunya terikat, bisnis online tidak teman-teman. Ketika kita memutuskan berbisnis online, kita dapat menjalankan bisnis dimana saja dan kapan saja karena hanya memerlukan gadget dalam menjalankan bisnis. Hal terpenting dalam menjalankan bisnis online adalah memiliki koneksi internet yang stabil.

Tidak Memerlukan Biaya Pemasaran yang Besar

Berbicara tentang pemasaran dalam suatu bisnis bisa dikatakan memiliki peranan yang sangat penting. Namun banyak pelaku bisnis mengalami kendala dalam menjalankan strategi pemasaran karena biayanya yang sangat besar. Namun yang harus kita tahu, ketika menjalankan bisnis secara online, kita tidak perlu untuk mengeluarkan biaya pemasaran yang besar seperti bisnis konvensional. Kita tidak perlu memasang iklan di sudut-sudut jalan, membagikan brosur, ataupun menyewa sales promotion. Kita cukup memanfaatkan adanya internet untuk berjualan dan memasarkan produk secara online.

Banyak Pilihan Jenis Bisnis Online

Kelebihan yang keenam dari bisnis online adalah banyaknya pilihan jenis bisnis. Kita sebagai pelaku bisnis dapat memilih salah satu jenis atau lebih, dengan syarat jenis bisnis online yang dipilih telah sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. (Gautama, Bahrudin, Rochmadi, 2019:12) mengemukakan bahwa jenis bisnis online sangat banyak, jenis bisnis online antara lain adalah dropshipper, adsense, blog flipping (menjual blog yang sudah jadi), pay per sale, jaul produk, jual jasa dan juga jual software.

Itulah teman-teman kelebihan yang ditawarkan ketika menjalankan bisnis secara online. Bagaimana teman-teman ? banyak sekali kan kelebihan yang ditawarkan ketika menjalankan bisnis online. Memang harus diakui bahwa bisnis online memberikan banyak sekali kelebihan, dengan banyaknya kelebihan yang ditawarkan, sudah selayaknya untuk kita mencoba menjalankan bisnis secara online.

Teruntuk teman-teman semua, meskipun bisnis online memberikan banyak sekali kelebihan, namun bisnis online juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Disini saya ingin menunjukkan kepada kalian semua terkait kekurangan bisnis online. Dengan harapan nantinya kalian tidak kecewa ketika menemui kekurangan ini dalam menjalankan bisnis online, kekurangan dalam bisnis online antara lain adalah :

Kredibilitas yang Masih Rendah

Memang harus diakui bahwa kredibilitas pelaku bisnis online masih sangat rendah. Konsumen masih kurang percaya untuk memutuskan membeli produk secara online dibandingkan dengan cara konvensional. Padahal kepercayaan dari pelanggan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Apasih penyebab kredibilitas pelaku bisnis online masih sangat rendah ? penyebab utama kredibilitas pelaku bisnis online masih rendah adalah nama perusahaan yang belum familiar ditelinga konsumen. Apalagi pelaku bisnis online yang baru-baru muncul dan skalanya kecil, pastinya kurang memiliki kepercayaan dimata konsumen.

Banyak Kasus Penipuan

Berbicara tentang bisnis online, tidak bisa terlepas dengan adanya kasus tindakan penipuan. Sejujurnya pasti kita sering menemui suatu kasus penipuan dalam bisnis online, bahkan citra penipuan sudah melekat dalam bisnis online. Hal ini pastinya sangat merugikan bagi setiap pelaku bisnis online, apalagi pelaku bisnis online yang jujur juga terkena imbas dari adanya kasus penipuan. Mereka jadi kurang dipercaya oleh konsumen, karena takut terkena tindakan penipuan.

Payung Hukum yang Belum Kuat

Berbicara tentang banyak kasus penipuan, pastinya tidak terlepas dari peraturan hukum terkait bisnis online yang masih belum kuat. Meskipun di Negara Indonesia sudah ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen dan juga palaku bisnis online. Namun nyatanya hingga saat ini cukup banyak kasus penipuan dan cybercrime yang terjadi di Negara Indonesia belum bisa tersentuh hukum dan menjerat pelaku penipuan (Sumber : Maxmanroe.com). Hal ini membuat pelaku bisnis online memanfaatkan keuntungan yang ada untuk melakukan tindakan curang dalam menjalankan bisnis online.

Koneksi Internet yang Stabil Masih Belum Merata

Terkait koneksi internet di Negara Indonesia, apakah kalian setuju bahwa koneksi internet yang stabil masih belum merata ?. Saya yakin kalian semua memiliki jawaban “iya”, memang harus diakui bahwa jaringan di Negara Indonesia masih belum merata. Koneksi internet di daerah-daerah pelosok atau terpencil masih belum stabil, hal tersebut membuat orang-orang yang berada di daerah sana tidak dapat menjalankan bisnis atau berbelanja dengan cara online.

Persaingan yang Sangat Ketat

Persaingan pasar bisnis online saat ini bisa dikatakan sangat ketat teman-teman. Mudahnya menjalankan bisnis online, membuat banyak orang memutuskan untuk menjalankan bisnis secara online. Kalian jangan sampai terkejut ketika menjalankan bisnis secara online, ada banyak pesaing (pelaku bisnis online lain) yang menjual produk sama dengan kalian. Persaingan bisnis online juga tidak dibatasi batas-batas wilayah, kalian harus rela bersaing dengan pesaing yang berbeda wilayah baik Kota, Provinsi atau bahkan Negara.

Itulah teman-teman, menurut saya kekurangan dari menjalankan bisnis secara online. Memang harus diakui bahwa ketika ada kelebihan, sudah pasti juga akan ada kekurangan. Kalian harus memahami dengan sungguh-sungguh terkait kekurangan bisnis online sebelum memutuskan untuk menjalankan bisnis online. Jangan sampai pada akhirnya ketika kalian menjalankan bisnis online. Menemukan beberapa kekurangan seperti yang saya jelaskan diatas, lalu kalian semua memutuskan untuk berhenti menjalankan bisnis online.

Teman-teman, berbicara tentang kekurangan bisnis online, pastinya hal ini menjadi masalah bagi kalian semua yang sudah menjalankan bisnis online ataupun baru ingin menjalankan bisnis online. Namun sejujurnya menyikapi hal ini kalian sebaiknya tenang saja, permasalahan ini ada solusinya kok. Pastinya kalian bertanya-tanya “apa solusinya, saya benar-benar ingin tahu ?”.

Baiklah teman-teman, akan saya tunjukkan solusi mengatasi permasalahan ini. Namun permasalahan ini tidak hanya bisa kalian selesaikan sendiri, kalian juga perlu bantuan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ini. Solusi mengatasi permasalahan kekurangan bisnis online antara lain adalah :

Meningkatkan Kredibilitas Pelaku Bisnis

Berbicara tentang pelaku bisnis online memang saat ini bisa dikatakan bahwa kredibilitasnya masih sangat rendah. Namun terdapat suatu cara untuk meningkatkan kredibilitas mereka, caranya antara lain adalah dengan mengkomunikasikan merek kepada konsumen (sejarah maupun filosofi merek), membuat produk yang berkualitas, menentukan harga sesuai dengan kualitas produk (tidak terlalu rendah ataupun tinggi), desain toko online wajib professional, selalu menawarkan promosi yang menarik kepada konsumen, memberikan layanan konsumen yang maksimal.

Menjalankan Bisnis Dengan Jujur

Saat ini sering kita temui kasus penipuan dalam bisnis online, kalian pastinya bertanya-tanya kenapa hal seperti ini bisa terjadi ?. Penyabab utama adalah kurangnya kejujuran dari pelaku bisnis online. Sehingga solusinya adalah kita sebagai pelaku bisnis harus selalu bertindak jujur ketika menjalankan bisnis. Kita harus mengirimkan produk sesuai dengan tampilan foto produk, tidak disarankan mengambil keuntungan yang tidak wajar (terlalu tinggi), jangan sampai tidak mengirimkan produk kepada konsumen yang sudah melakukan pembayaran. Saya yakin dengan tindakan kejujuran yang dilakukan oleh pelaku bisnis, lambat laun konsumen pastinya akan percaya dengan bisnis online yang dijalankan.

Menguatkan Payung Hukum

“Peraturan hukum bisnis online di Negara Indonesia masih belum kuat”, kalian semua saya yakini setuju dengan pernyataan ini. Disini terdapat solusi yaitu perlu peranan dari pemerintah untuk memperbaiki undang-undang terkait bisnis online agar menjadi lebih kuat. Dengan perbaikan undang-undang terkait bisnis online menuju ke arah yang lebih baik, saya yakini tindakan kasus penipuan dan cybercrime akan menghilang dengan sendirinya. Alasannya karena mereka takut terjerat kasus hukum ketika melakukan pelanggaran dalam bisnis online.

Meratakan Kestabilan Koneksi Internet

Harus diakui teman-teman bahwa kunci utama dalam bisnis online adalah koneksi internet yang stabil. Namun jika harus berbicara tentang koneksi internet, nyatanya koneksi internet di Negara Indonesia masih belum merata. Banyak daerah pelosok atau terpencil belum mendapatkan jaringan internet yang layak.

Disinilah peran pemerintan Negara Indonesia, pemerintah perlu mengupayakan untuk perbaikan jaringan agar masyarakat daerah pelosok atau terpencil juga dapat merasakan koneksi internet yang stabil. Dengan adanya perbaikan jaringan di seluruh wilayah Negara Indonesia, saya yakin jalannya bisnis online akan lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.

Memberikan yang Terbaik Kepada Konsumen

Berbicara tentang persaingan bisnis online saat ini semakit ketat, kunci utama agar dapat unggul dibandingkan dengan pesaing adalah pelaku bisnis harus memberikan yang terbaik kepada konsumen baik dari segi produk, penentuan harga, kemudahan dan desain situs toko online dan juga promosi. Dengan memberikan yang maksimal kepada konsumen dibandingkan para pesaing, konsumen pastinya akan lebih tertarik untuk memutuskan pembelian produk di perusahaan kita. Hal tersebut sejujurnya juga bisa berdampak pada loyalitas konsumen terhadap perusahaan kita teman-teman.

Itulah teman-teman solusi yang saya berikan untuk mengatasi permasalahan kekurangan bisnis online. Saya berharap solusi ini dapat membantu perkembangan bisnis online menjadi lebih baik lagi. Semoga para pelaku bisnis dan pemerintah dapat bekerjasama untuk mengatasi permasalahan ini

 

Berbicara tentang bisnis online, saat ini terdapat banyak sekali wadah untuk menjalankan bisnis online. Kalian pastinya bertanya-tanya “apa saja sih wadah untuk menjalankan bisnis online ?”. Nah tenang saja teman-teman, saya akan tunjukkan kepada kalian semua terkait wadah menjalankan bisnis online, kalian bisa memilih salah satu atau menggunakan semua wadah yang ada.

Wadah untuk menjalankan bisnis online antara lain adalah marketplace, media sosial ataupun website. Nah teman-teman, disini saya ingin mengupas secara tuntas terkait semua wadah untuk menjalankan bisnis online (dari pengertiannya, jenis-jenisnya dan juga kelebihan dan kekurangannya). Oke tidak usah menunggu lama lagi, saya mulai dari sekarang saja teman-teman.

Marketplace

 

Berbicara tentang marketplace, kalian pastinya sering mendengarkan nama ini tetapi belum mengerti arti sebenarnya. Kalian saat ini pastinya bertanya-tanya dalam hati “iya juga ya, saya sering mendengar nama ini, tetapi kalau diminta untuk menjelaskan rasanya kok tidak paham sama sekali”. Lalu kalian pastinya akan mengatakan “saya sejujurnya ingin mengetahui kak, apa arti dari marketplace ?”. Teruntuk teman-teman semua yang ingin tahu arti dari marketplace, tenang saja karena disini saya akan mencoba menunjukkan arti dari marketplace kepada kalian semua.

Marketplace adalah suatu wadah dimana terdapat kegiatan jual-beli antara penjual dan konsumen yang berlangsung secara publik, hal yang harus diperhatikan adalah penjual dalam marketplace berjumlah banyak tidak hanya satu. Pada prakteknya pihak marketplace menyediakan ruang untuk melakukan kegiatan jual beli secara online, namun tidak memiliki tanggungjawab atas barang-barang yang dijual oleh masing-masing penjual. Meskipun tidak memiliki tanggungjawab atas barang-barang yang dijual penjual, pihak marketplace bertanggungjawab atas keamanan proses transaksi antara penjual dan pembeli, kegiatan transaksi keuangan diatur penuh oleh pihak marketplace (Sumber : Maxmanroe.com).

Jenis-Jenis Marketplace

Setelah mengetahui pengertian sebenarnya tentang marketplace, pastinya kalian saat ini bertanya-tanya “apakah semua marketplace sama, ataukah marketplace ada jenis-jenisnya ?”. Dalam rangka mengobati rasa penasaran kalian semua, saya ingin menunjukkan bahwa tidak semua marketplace sama, marketplace terdapat jenis-jenisnya. (Maxmanroe.com) menunjukkan bahwa secara garis besar, marketplace dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu :

Marketplace Vertikal merupakan jenis marketplace yang memperjual-belikan satu jenis produk yang didapatkan dari berbagai sumber. Dengan kata lain, produk yang dijual berasal dari banyak supplier namun jenis produknya harus satu jenis. Contohnya marketplace yang hanya menjual produk smartphone, tidak menjual produk lain selain smartphone.

Marketplace Horizontal merupakan jenis marketplace yang memperjual-belikan lebih dari satu jenis produk, beberapa jenis produk tersebut masih berhubungan satu dengan yang lainnya. Contohnya sebuah marketplace yang fokus di bidang fashion, menjual beberapa jenis produk seperti baju, celana, sepatu, tas, aksesoris dan lain-lain.

Marketplace Global merupakan jenis marketplace yang memperjual-belikan jenis produk yang sangat beragam dan didapatkan dari banyak sumber. Produk yang diperdagangkan tidak harus berhubungan satu sama lain. Contohnya sebuah marketplace yang menjual berbagai jenis produk, baik produk kecantikan, rumah tangga, komputer, fashion, kesehatan, otomotif, hobi ataupun yang lainnya.

Kelebihan Dari Marketplace

Teman-teman, pastinya sebelum memutuskan untuk menggunakan marketplace. Kalian akan mencari tahu terlebih dahulu beberapa kelebihan yang ada dalam marketplace. Nah untuk kalian yang ingin tahu, saat ini kalian berada di situs yang tepat teman-teman. Disini saya akan menunjukkan kepada kalian semua terkait kelebihan dari marketplace, kelebihan dari marketplace antara lain adalah :

Kemudahan Dalam Berdagang

Kelebihan yang pertama dari marketplace adalah kemudahan dalam melakukan bisnis. Sejujurnya marketplace merupakan wadah tepat bagi kalian yang ingin menjalankan bisnis, namun tidak mau kesulitan dalam melakukan langkah awal menjalankan bisnis. Disana kalian cukup mendaftar akun saja dan memposting produk sekaligus memberikan keterangan. Hanya dengan cara tersebut saja, kalian sudah bisa melakukan bisnis di marketplace.

Konsumen Banyak yang Berkunjung

Banyaknya pilihan penjual ikut direspon dengan banyaknya pengunjung yang datang ke situs marketplace. Memang harus diakui bahwa kelebihan marketplace adalah dari segi banyaknya pengunjung. Konsumen saat ini banyak sekali yang tertarik untuk melakukan pembelian produk di marketplace. Kita sebagai pelaku bisnis sudah seharusnya dapat memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan marketplace, jangan sampai kita tidak bisa memanfaatkan keuntungan yang ditawarkan oleh marketplace.

Keamanan Dalam Bertransaksi

Berbicara tentang transaksi pembelian secara online, pastinya hal yang pertama ingin dipastikan oleh konsumen adalah dari segi keamanan. Konsumen berupaya untuk menghindari kasus penipuan dari penjual ketika memutuskan pembelian produk. Keputusan pembelian di marketplace merupakan pilihan yang tepat bagi konsumen karena disana transaksi tidak langsung dilakukan antara penjual dan konsumen, ada pihak marketplace yang menjembatani proses transaksi dengan menyediakan rekening bersama.

Bisa Saling Bertukar Informasi Dengan Penjual Lain

Kita tahu sendiri bahwa pada marketplace banyak sekali penjual, sampai-sampai kita sebagai konsumen akan kesulitan menghitung jumlah penjual disana. Keuntungan tersebut seharusnya dimanfaatkan oleh penjual untuk saling bertukar informasi dengan penjual lain. Kalian sebagai penjual bisa bertukar informasi tentang hal yang berkaitan dengan bisnis, baik dalam hal permasalahan bisnis, solusi mengatasi permasalahan bisnis ataupun strategi pemasaran.

Tidak Perlu Melakukan Promosi

Nah dalam sebuah marketplace, penjual tidak perlu untuk memikirkan strategi promosi. Pihak marketplace lah yang menentukan strategi promosi seperti gratis ongkir, cashback pembelian, potongan harga ataupun yang lainnya. Promosi seperti ini pastinya sangat menguntungkan bagi pelaku bisnis, promosi akan berdampak pada peningkatakan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen.

Kekurangan Dari Marketplace

Teman-teman semua, kalian harus tahu bahwa marketplace juga memiliki beberapa kekurangan. Pengetahuan kalian terkait kekurangan marketplace juga bisa dikatakan sangat penting. Manfaatnya adalah untuk mengantisipasi perasaan kecewa ketika mengalami secara langsung dampak dari kekurangan ini. Disini saya ingin menunjukkan kepada kalian semua terkait kekurangan dari marketplace, kekurangannya antara lain adalah :

Persaingan yang Sangat Ketat

Teman-teman dengan banyaknya penjual yang ada pada marketplace, harus diakui bahwa persaingan juga bisa dikatakan sangat ketat. Banyak penjual yang menjual produk sama, sehingga mau tidak mau bersaing satu sama lain untuk menjadi yang terbaik. Bahkan dengan persaingan yang sangat ketat seperti ini, terdapat risiko yaitu antar penjual saling menjatuhkan satu sama lain. Risiko seperti ini harus dipersiapkan sebelum memutuskan berjualan di marketplace. Saran saya kalian harus terus berjualan dengan cara yang sehat agar dapat menjadi contoh bagi penjual lain.

Sering Terjadi Perang Harga

Persaingan yang sangat ketat antara penjual di marketplace dapat berdampak buruk dengan adanya perang harga. Penjual rela menjual produk dengan harga yang tidak wajar agar konsumen lebih tertarik memutuskan pembelian produk di tokonya. Hal ini pastinya akan saling direspon oleh penjual lain yang juga rela menjual produk dengan harga yang tidak wajar. Penjual rela memangkas keuntungan mereka guna menarik perhatian konsumen dengan harapan bisa menjadi penjual terbaik di marketplace.

Fitur Pencarian Tidak Tertarget

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa pada marketplace banyak sekali penjual yang menjual produk sama. Dengan banyaknya penjual yang menjual produk sama, kita harus siap dengan risiko yang ada. Ketika konsumen melakukan pencarian terhadap produk yang kita jual, konsumen tidak hanya diarahkan ke toko kita saja tetapi juga ke toko penjual lain. Disini konsumen memiliki kebebasan untuk memilih membeli produk dari salah satu toko yang paling disukai.

Tidak Ada Kesempatan Meningkatkan Citra Merek

Citra merek adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis, citra merek yang baik akan mempengaruhi keputusan pembelian yang dilakukan oleh konsumen. Namun ketika kalian berjualan di marketplace, jangan berharap kalian akan mendapatkan citra merek baik. Konsumen memutuskan membeli produk di marketplace, bukan karena toko yang ada disana tetapi lebih condong pada nama marketplacenya. Citra merek yang baik dari konsumen akan ditujukan kepada pihak marketplace dibandingkan kepada toko kalian.

Media Sosial Untuk Bisnis

 

Teman-teman dalam menjalani kehidupan sehari-hari, pastinya kalian tidak bisa terlepas dengan yang namanya media sosial. Namun apakah kalian tahu arti sebenarnya dari media sosial ?. Teruntuk teman-teman yang belum tahu arti media sosial, tenang saja karena disini saya akan tunjukkan arti sebenarnya dari media sosial kepada kalian semua.

Media sosial adalah suatu media daring yang memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk melakukan interaksi sosial secara online. Disana pengguna dapat berkomunikasi, networking, berbagi, dan banyak kegiatan lainnya (Tekno.foresteract.com,2020). Berbicara tentang manfaat media sosial, saat ini banyak pengguna yang memanfaatkan media sosial untuk tempat berbisnis.

Sejujurnya pastinya kalian sering menjumpai beberapa media sosial yang digunakan untuk wadah berbisnis. Memang saat ini media sosial juga dimanfaatkan orang-orang untuk menjalankan suatu bisnis. Seperti facebook, instagram, path, snapchat, twitter, kaskus, email marketing, youtube, whatsapp, pinterest dan line saat ini dimanfaatkan pelaku bisnis untuk membantu mensukseskan kegiatan bisnis. Memang harus diakui, berbisnis di media sosial selain sangat mudah juga bisa dikatakan sangat ampuh teman-teman.

Kelebihan Media Sosial

Berbicara tentang media sosial, harus diakui bahwa terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan ketika kita ingin menjalankan bisnis disana. Kalian pastinya bertanya-tanya, “apa saja sih kelebihan yang ditawarkan media sosial ?”. Teruntuk teman-teman yang ingin mengetahui kelebihan media sosial, disini saya akan menunjukkan beberapa kelebihan media sosial kepada kalian semua, kelebihan media sosial antara lain adalah :

Jangkauan Konsumen Lebih Besar

Pengguna media sosial saat ini harus diakui bahwa sangat banyak sekali, bahkan dilansir dari laman We Are Social dan Hootsuite, pertumbuhan media sosial pada tahun tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 13 persen dengan jumlah pengguna mencapai 3 miliar. Terdapat juga informasi yang menunjukkan bahwa Negara Indonesia berada diurutan ke-4 terbanyak pengguna media sosial dengan jumlah pengguna mencapai 130 juta orang (Kumparan, 2018).

Hal tersebut menjadi bukti bahwa terdapat banyak sekali konsumen dalam media sosial. Konsumen media sosial juga tidak terbatas batas-batas wilayah, kita bisa menjangkau konsumen yang berbeda Kota, Provinsi, ataupun Negara. Disini hanya tergantung kita sebagai pelaku bisnis bisa atau tidak memanfaatkan adanya media sosial untuk menarik minat konsumen agar membeli produk kita.

Biaya Pengoperasian Gratis

Kak sejujurnya saya ingin menjalankan bisnis secara online, namun tidak tahu wadah menjalankan bisnis secara online yang gratis ?. Nah teman-teman tenang saja, menurut saya media sosial adalah pilihan yang tepat bagi kalian semua yang ingin menjalankan bisnis secara online dan gratis. Dengan menggunakan media sosial, sesungguhnya kalian tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk menjalankan bisnis. Inilah keuntungan media sosial yang membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis di media sosial.

Sangat Mudah Digunakan

Berbicara tentang kelebihan media sosial yang ketiga adalah sangat mudah digunakan. Saat ini saya yakin hampir semua orang bisa mengoperasikan media sosial. Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis menggunakan media sosial. Cara menjalankan bisnis di media sosial hanya dengan membuat akun dan memposting foto atau video terkait produk serta memberikan keterangan. Dengan cara begitu saja kalian sudah dapat menjalankan bisnis di media sosial teman-teman.

Kemudahan Dalam Berkomunikasi Dengan Konsumen

Media sosial memang diciptakan untuk menjadi wadah bagi kita untuk berinteraksi dengan orang lain. Sesuai dengan konsep yang diusung, bisa dikatakan bahwa berkomunikasi di media sosial sangat lah mudah. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh penjual dan konsumen sebagai sarana berkomunikasi satu sama lain. Dengan adanya wadah komunikasi yang mudah, saya yakin hubungan penjual dan konsumen akan dapat terjalin dengan baik.

Kekurangan Media Sosial

Nah teman-teman ketika berbicara tentang media sosial, pada media sosial juga masih terdapat beberapa kekurangan. Kalian pastinya ingin tahu, apa saja kekurangan dari media sosial, tenang disini saya akan tunjukkan beberapa kekurangan dari media sosial. Kekurangan dari media sosial antara lain adalah :

Terdapat Risiko Konsumen Hanyalah Follower Saja

Risiko utama yang dihadapi pelaku bisnis ketika menjalankan bisnis di media sosial adalah “konsumen hanyalah follower saja”. Sering kali kita menemui pelaku bisnis yang mendapatkan keuntungan sedikit karena konsumen hanya berasal dari follower saja. Mereka tidak dapat menjangkau konsumen yang bukan berasal dari follower  akun sosial media mereka. Hal ini lah yang dapat membahayakan bisnis, bisnis tidak dapat berkembang kalau hanya bergantung pada follower, apalagi kalau follower mereka berjumlah sedikit.

Kurang Memiliki Kepercayaan dari Konsumen

Berbicara tentang media sosial, banyak konsumen yang merasa ragu ketika melakukan pembelian produk di media sosial. Alasannya karena sering terjadi kasus penipuan baik produk tidak dikirim ataupun ketika sampai produk tidak sesuai dengan pesanan. Memang harus diakui tidak adanya perantara (hubungan hanya antara penjual dan pembeli) ketika membeli produk melalui media sosial, membuat kasus penipuan tidak bisa dihindari dan sering terjadi.

Persaingan yang Sangat Ketat

Kemudahan penggunaan dan tidak adanya biaya sepeserpun membuat banyak orang tertarik menjalankan bisnis menggunakan media sosial. Hal tersebut lah yang membuat persaingan bisnis di media sosial menjadi semakin ketat. Pada media sosial, pastinya kita sering menemui beberapa penjual yang menjual produk sama persis. Hal seperti ini memang sering terjadi di media sosial, dampak terburuknya dapat mengakibatkan persaingan yang tidak sehat antara beberapa penjual.

Website

 

Ketika sedang membicarakan tentang suatu bisnis online, tidak bisa terlepas dari yang namanya website. Website bisa dikatakan sudah melekat dalam bisnis online, website memang sangat penting dalam suatu bisnis. Bahkan bisnis konvensional pun banyak sekali yang memanfaatkan keuntungan dari adanya website. Teman-teman, sejujurnya kalian tahu tidak sih pengertian dari website ? atau jangan-jangan kalian sebenarnya tidak tahu pengertian dari website. Teruntuk teman-teman yang belum mengetahui pengertian dari website, tenang saja karena disini saya akan mencoba menunjukkan pengertian dari website.

Website adalah sekumpulan informasi berupa teks, gambar, foto, video dan sebagainya yang saling terhubung pada sebuah laman internet. Semua data website tersimpan dalam sebuah server web hosting. Dalam suatu bisnis, website memiliki manfaat yaitu sebagai media penyampaian pesan dan bertukar informasi baik berupa tulisan, gambar, video atau yang lainnya kepada konsumen (Sumber : Akudigital.com).

Jenis-Jenis Website

Berbicara tentang suatu website, sejujurnya website memiliki beberapa jenis yang berbeda teman-teman. (Fastwork.id) menunjukkan bahwa website terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan pada fungsinya, disini saya akan mencoba untuk mengupas secara tuntas terkait jenis-jenis website. Beberapa jenis website berdasarkan fungsinya antara lain adalah :

Company Profile adalah jenis website yang bersifat statis dan kebanyakan dibuat oleh perusahaan/organisasi dengan tujuan menyampaikan informasi terkait perusahaan/organisasi, informasinya bisa berupa merek perusahaan, produk perusahaan, layanan konsumen, serta promosi yang ditawarkan. Website ini lebih berfokus pada tampilan yang menarik serta informasi yang jelas.

Goverment adalah website resmi milik pemerintah, baik pemerintah Nasional, Daerah ataupun departemen pemerintah. Berdasarkan namanya saja kita sudah dapat menyimpulkan bahwa website ini berisi informasi terkait pemerintah seperti peraturan-peraturan yang ada dalam pemerintahan ataupun berita terkait dengan pemerintah.

E-Commerce adalah website yang memiliki fungsi untuk melakukan jual beli suatu produk baik barang/jasa melalui portal internet. Pada website ini, kebanyakan terdapat beberapa penawaran fitur yang menarik dan bisa digunakan untuk menggantikan fungsi dari toko online. Contoh fitur yang ditawarkan seperti tampilan suatu produk, pemesanan produk dan bahkan transaksi produk.

Archive adalah website yang digunakan untuk menyimpan konten-konten elektronik yang terdapat kemungkinan untuk hilang. Penyimpanan ini berfungsi ketika ada pihak yang tidak bertanggung jawab menyadap website, sehingga website nantinya bisa dikembalikan seperti semula.

Portal Berita dan Informasi adalah website yang memuat berita dan informasi yang dapat dibaca oleh pengunjung. Website ini biasanya terdiri dari opini dan artikel seputar ekonomi, politik, teknologi ataupun yang lainnya.

Blog adalah jenis website yang dimanfaatkan blogger untuk menuliskan ide dan ekspresi terkait beberapa konten. Bahkan terdapat kesempatan bagi blogger untuk mendapatkan pendapatan saat menulis topic tertentu.

Kelebihan Dari Website

Teman-teman semua yang harus kalian tahu bahwa website juga menawarkan beberapa kelebihan. Kalian pastinya merasa ingin tahu, apa sih kelebihan yang ditawarkan website untuk bisnis online. Nah teruntuk teman-teman yang ingin tahu, disini saya akan mencoba memberitahukan kepada kalian semua. Kelebihan website untuk bisnis online antara lain adalah :

Dapat Dijadikan Sarana Informasi Kepada Konsumen

Teman-teman semua, harus diakui bahwa website merupakan sarana yang tepat bagi pelaku bisnis untuk memberikan informasi kepada konsumen. Informasi yang diberikan kepada konsumen dapat berupa profil perusahaan ataupun produk yang dijual perusahaan. Informasi ini pastinya sangat berguna bagi konsumen, konsumen akan memperhatikan beberapa informasi terkait perusahaan sebelum memutuskan membeli produk.

Tempat Untuk Mempromosikan Produk

Website juga sejujurnya memiliki fungsi untuk mempromosikan produk kepada konsumen. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan website untuk mempromosikan produknya, dengan adanya website pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menjalankan strategi promosi. Hanya dengan menggunakan website, promosi yang dilakukan oleh perusahaan bisa dapat berjalan, promosi yang dilakukan dapat berupa potongan harga, memberikan cashback ataupun buy 1 get 1.

Kredibilitas Akan Meningkat

Teman-teman, kalian pastinya lebih memiliki kepercayaan kepada perusahaan yang memiliki website dibandingkan dengan yang tidak. Memang harus diakui bahwa website dapat mempengaruhi kredibilitas dari perusahaan. Saya pribadi akan lebih percaya kepada perusahaan yang memiliki website. Dengan adanya website, saya mengetahui informasi terkait latar belakang dari perusahaan, sehingga saya lebih yakin untuk memutuskan membeli produk perusahaan.

Jangkauan Konsumen Sangat Luas

Website juga menawarkan kelebihan yaitu jangkauan konsumen yang sangat luas. Dengan menggunakan website kalian dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas, memang website tidak terbatas oleh batas-batas wilayah. Kalian dapat menjangkau konsumen meskipun berbeda Kota, Provinsi ataupun Negara. Syaratnya adalah website kalian harus menarik, sehingga dapat membuat orang-orang dari berbagai wilayah merasa tertarik untuk berkunjung ke website kalian.

Kemudahan Dalam Akses

Website juga menawarkan kelebihan kepada pengunjung yaitu kemudahan dalam aksesnya. Siapa saja dapat berkunjung ke website kita, kapan saja orang-orang dapat berkunjung ke website kita, dimana saja orang-orang juga dapat berkunjung ke website kita. Hal ini seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan cara membuat suatu website.

Kekurangan Dari Website

Teman-teman semua, kalian juga harus mengetahui bahwa website tidak hanya menawarkan kelebihan. Dalam sebuah website juga terdapat beberapa kekurangan, kalian perlu untuk memperhatikan apa saja kekurangan dari suatu website. Teruntuk teman-teman yang belum mengetahui kekurangan dari website, disini saya akan menunjukkan kepada kalian semua terkait kekurangan dari website. Kekurangan dari website antara lain adalah :

Tidak Semua Orang Dapat Mengelola Website

Banyak orang yang bilang bahwa pengelolaan website tidak lah mudah, banyak yang memiliki persepsi bahwa tidak semua orang dapat mengelola website. Perlu kemampuan khusus untuk seseorang dapat mengelola suatu website. Hal inilah yang membuat banyak sekali pelaku bisnis memutuskan untuk tidak menggunakan sebuah website dalam menjalankan bisnisnya.

Sulit Menjadi yang Terbaik

Saat ini pastinya kita sering menjumpai website dari beberapa perusahaan. Setiap perusahaan akan menyajikan website yang menarik dengan harapan dapat menarik minat konsumen untuk berkunjung. Perusahaan selalu berupaya untuk membuat websitenya menjadi yang terbaik. Hal inilah yang membuat pelaku bisnis pemula sangat sulit untuk membuat website mereka menjadi yang terbaik. Padahal website terbaik lah yang memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi banyak konsumen.

Rentan Sekali Spam

Dalam suatu website, pastinya perusahaan akan menyajikan informasi terkait nomor handphone, telepon ataupun email. Hal ini sesungguhnya dapat berisiko bagi perusahaan yaitu mudah sekali mendapatkan pesan, telepon ataupun email dari konsumen. Meskipun terganggu, perusahaan harus tetap melayani pesan, telepon ataupun email dari konsumen.

Biaya yang Dikeluarkan Tinggi

Banyak sekali orang yang memiliki pemikiran bahwa membuat suatu website memerlukan biaya yang tinggi. Hal ini membuat banyak orang merasa ragu untuk membuat website, mereka takut dengan biaya yang tinggi dalam membuat suatu website akan mengganggu keuangan bisnis. Bukti nyata dapat kita lihat dari banyak sekali bisnis skala kecil yang tidak memiliki website.

 

Marketplace vs Media Sosial vs Website ? ketika diminta untuk memilih, kalian memilih yang mana teman-teman ?. Saya yakin kalian pastinya sangat bingung kalau disuruh memilih salah satu, apalagi ketiga wadah bisnis online ini menawarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Awalnya saya sama sepeti kalian teman-teman, merasa bingung untuk memilih wadah bisnis online yang mana.

Namun pada akhirnya saya berfikir, kenapa harus memilih salah satu kalau ketiganya bisa disinergikan. Apalagi menurut saya pribadi, ketiga-tiganya tidak ada yang terbaik, semuanya sama yaitu menguntungkan bisnis online asalkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Saya merasa pelaku bisnis online perlu untuk mensinergikan antara marketplace, media sosial dan website. Sinergi dari ketiganya dapat menutupi kekurangan satu sama lain, selain itu pelaku bisnis online juga dapat menikmati kelebihan yang ditawarkan pada setiap wadah.

Apalagi saat ini jarang sekali pelaku bisnis online yang mencoba untuk mensinergikan antara ketiga-tiganya. Mungkin ada perusahaan yang sudah menerapkan sinergi antara ketiga-ketiganya, namun perusahaan tersebut skalanya sudah sangat besar. Tetapi untuk perusahaan yang berskala kecil, kalian pastinya jarang sekali menemui yang sudah mensinergikan antara ketiga-tiganya.

Maka dari itu, teruntuk kalian semua yang memiliki keinginan menjalankan bisnis secara online. Daripada harus memilih salah satu wadah, saya sarankan untuk mensinergikan antara ketiga-tiganya (marketplace, media sosial, website). Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk menjadi keunggulan kompetitif dibandingkan dengan pelaku bisnis online yang lain. Dengan adanya keunggulan kompetitif pastinya akan membuat konsumen lebih tertarik untuk memutuskan pembelian produk. Banyaknya konsumen yang memutuskan membeli produk akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan pelaku bisnis.

Teruntuk teman-teman semua yang memiliki perasaan ragu apakah bisa memiliki dan mengelola marketplace, media sosial ataupun website. Menurut saya pribadi, kalian semua bisa untuk memiliki dan mengelola ketiga wadah bisnis online tersebut dengan satu syarat kalian memang memiliki kemauan untuk mencoba. Membuat dan mengelola marketplace, media sosial ataupun website sejujurnya tidak sesulit yang kalian bayangkan teman-teman.

Nah terkait marketplace, kita tahu sendiri bahwa saat ini di Negara Indonesia terdapat banyak sekali platform marketplace. Selain itu banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan platform marketplace untuk menjadi wadah berjualan. Disini saya tidak perlu menyebutkan contoh platform marketplace di Negara Indonesia, karena saya yakin kalian semua pastinya sudah tahu terkait contoh marketplace yang ada di Negara Indonesia.

Disini kalian dapat memanfaatkan adanya platform marketplace untuk mendukung jalannya bisnis. Kalian dapat menggunakan salah satu atau bahkan semua platform marketplace, kalau saran saya selagi kalian mampu lebih baik menggunakan semua platform marketplace yang ada. Apa lagi proses pendaftaran dan pengelolaan bisnis disana juga didesain sangat mudah. Pihak platform marketplace pun juga bersedia untuk membantu pelaku bisnis yang mengalami kesulitan dalam proses pendaftaran atau pengelolaan bisnis disana.

Ketika berbicara tentang media sosial, siapa sih orang yang tidak tahu terkait media sosial ?. Apa lagi saat ini media sosial seolah-olah digemari oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Banyaknya pengguna media sosial, seharusnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk wadah berjualan. Saya sangat menyayangkan banyaknya keuntungan yang ditawarkan oleh media sosial tidak dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku bisnis.

Saya memiliki saran kepada pelaku bisnis untuk dapat memanfaatkan semua media sosial yang ada dalam rangka mendukung jalannya bisnis online. Saya rasa proses pendaftaran dan pengelolaan media sosial sangat lah mudah, hampir semua orang bisa mendaftaf dan mengelola media sosial. Jadi tunggu apa lagi teman-teman, segera manfaatkan media sosial untuk mensukseskan bisnis online yang kalian jalankan.

Persepsi terkait membuat dan mengelola website sangat lah sulit dan membutuhkan biaya yang besar sepertinya sudah melekat dibenak sebagian besar masyarakat. Saya pribadi juga dulu merasa kalau membuat dan mengelola website membutuhkan kemampuan yang tinggi dan pengeluaran yang besar. Namun itu dulu teman-teman, sekarang persepsi saya sudah mulai berubah. Perkembangan teknologi membuat segala sesuatu menjadi mudah dan murah.

Kalian tidak perlu bingung untuk membuat website, saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan web hosting. Banyaknya pilihan saya rasa sangat menguntungkan bagi kalian semua, kalian dapat memilih salah satu layanan web hosting terbaik yang ada. Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan layanan web hosting, perusahaan layanan web hosting akan bersedia secara sukarela membantu kalian dalam proses pembuatan ataupun pengelolaan website.

Nah bagaimana teman-teman, sangat mudah kan untuk memiliki dan mengelola marketplace, media sosial maupun website. Memang harus diakui bahwa tidak lah sulit untuk memiliki dan mengelola semua wadah bisnis online yang ada. Kuncinya adalah kemauan dari diri sendiri, saya memiliki keyakinan kalau kalian benar-benar mau. Pastinya kalian bisa untuk memiliki dan mengelola semua wadah bisnis online yang ada.

Banyaknya perusahaan penyedia layanan web hosting pastinya juga membuat kalian semua menjadi bingung untuk memilih salah satu yang terbaik. Teruntuk teman-teman semua, kalian tidak perlu bingung akan adanya banyak pilihan layanan web hosting. Bersyukur lah karena sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke artikel ini, karena disini saya akan menunjukkan kepada kalian semua terkait perusahaan layanan web hosting terbaik yang pernah ada.

Perusahaan layanan web hosting terbaik yang pernah ada bernama Rumahweb. Saya yakin teman-teman sudah banyak yang mengetahui apa itu Rumahweb, namun mungkin juga ada beberapa dari teman-teman yang belum mengetahui tentang perusahaan ini. Teruntuk teman-teman yang belum mengetahui, tenang saja karena disini tugas saya adalah untuk memberikan beberapa informasi kepada kalian semua terkait perusahaan Rumahweb.

Rumahweb merupakan salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2002 di Yogyakarta. Perusahaan ini sudah melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan. Awalnya perusahaan ini hanya memiliki 1 server, namun kini sudah sangat berkembang menjadi lebih dari 30 server yang melayani hosting dan VPS/Cloud. Fokus dan tujuan utama Rumahweb adalah menjamin dan menjaga kepercayaan dari setiap konsumen, hal tersebut lah yang membuat Rumahweb dapat berkembang menjadi perusahaan sebesar ini. Rumah web menanamkan komitmen kepada seluruh jajaran manajemen dan karyawan untuk selalu membuat konsumen merasa puas terhadap Rumahweb (Sumber : Rumahweb).

Keunggulan dari Rumahweb

“Wah kak, masak sih Rumahweb merupakan perusahaan layanan web hosting terbaik di Negara Indonesia, aku masih belum bisa percaya kak kalau tidak ada buktinya”. Teruntuk teman-teman yang masih memiliki keraguan, tenang saja karena disini saya akan menunjukkan keunggulan dari Rumahweb kepada kalian semua. Semoga informasi terkait keunggulan ini dapat membuat kalian menjadi percaya bahwa Rumahweb merupakan perusahaan layanan web hosting terbaik yang pernah ada. Tidak usah menunggu lama-lama lagi, keunggulan dari Rumahweb antara lain adalah :

Banyak Pilihan Ekstensi Domain

Ekstensi domain adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli domain. Pastinya kita akan membeli domain di perusahaan yang menawarkan pilihan ekstensi domain beragam. Nah kalian harus tahu teman-teman bahwa Rumahweb menawarkan keunggulan yaitu tersedia banyak pilihan ekstensi domain. Kalian dapat memilih salah satu ekstensi domain yang ditawarkan yaitu .com, .id, .net, .club, .xyz, .org, .shop, .my,.id dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga Domain Sangat Murah

“Kak kenapa sih harga domain itu mahal, aku lihat beberapa perusahaan layanan web hosting mematok harga domain yang cukup mahal”. Saya akui teman-teman bahwa harga domain per tahunnya cukup mahal, namun tidak semua perusahaan layanan web hosting menawarkan domain dengan harga mahal.

Ketika berbicara tentang Domain Murah, Rumahweb lah solusinya teman-teman. Rumahweb menawarkan domain dengan harga yang bisa dikatakan sangat murah, contohnya ekstensi domain .xyz hanya dibanderol dengan harga Rp.9000, .my.id hanya dibanderol dengan harga Rp.12.000, .shop dibanderol dengan harga Rp.29.900. Bagaimana teman-teman, sangat murah kan ?. Apalagi perusahaan ini juga menawarkan domain gratis, ketika kita memutuskan membeli hosting.

Pilihan Hosting Beragam dan Murah

Ketika ingin menjalankan suatu website, hosting merupakan hal yang sangat penting teman-teman. Kalian pastinya akan memilih paket hosting yang paling sesuai dengan kebutuhan. Teman-teman, kalian harus tahu bahwa Rumahweb menawarkan keunggulan yaitu banyaknya pilihan paket hosting. Selain itu paket hosting yang ditawarkan oleh Rumahweb sangat lah murah teman-teman, sangat cocok bagi kalian yang mencari Hosting murah.

Dapat Berlangganan Hosting Bulanan

Kak kenapa sih, perusahaan selalu menawarkan berlangganan paket hosting tahunan ?. Padahal kan paket hosting yang kita beli belum tentu sesuai dengan yang diinginkan ketika digunakan. Pastinya ketika terjadi hal seperti ini, kita sebagai pengguna hosting akan menyesal karena sudah terlanjur berlangganan hosting tahunan.

Memang harus diakui teman-teman, bahwa kebanyakan perusahaan layanan web hosting menawarkan paket hosting tahunan. Namun Rumahweb berbeda, perusahaan ini menawarkan paket berlangganan hosting bulanan. Bahkan kalian dapat berlangganan hosting dengan jangka waktu hanya satu bulan saja lo teman-teman.

Memiliki Reputasi yang Baik

Rumahweb sudah berdiri sejak tahun 2002 teman-teman, 18 tahun merupakan jangka waktu yang sangat panjang. Sungguh harus diakui tidak banyak perusahaan yang mampu berdiri selama itu. Namun Rumahweb membuktikannya, perusahaan ini mampu tetap berdiri dengan jangka waktu yang panjang. Alasan utama perusahaan ini mampu untuk tetap berdiri adalah reputasi yang dimiliki sangat baik. Upaya perusahaan ini untuk memberikan yang terbaik kepada konsumen, membuat konsumen merespon balik dengan memberikan citra yang baik kepada perusahaan.

Layanan Support 24×7

Teman-teman, saya tahu bahwa dalam membuat atau mengelola suatu website pastinya akan sering terjadi suatu kendala. Disini lah pentingnya kita untuk membeli produk hosting dari perusahaan layanan web hosting yang menawarkan support maksimal. Rumahweb menjadi solusi ketika kita membutuhkan layanan maksimal, perusahaan ini memberikan layanan support 7 hari 24 jam. Kita dapat menghubungi perusahaan ini melalui via live chat, telepon, email ataupun support ticket.

Kualitas yang Ditawarkan

Pastinya ketika mengetahui harga domain ataupun hosting yang ditawarkan sangat murah, kalian memiliki persepsi bahwa Rumahweb tidak memperdulikan kualitas. Sejujurnya persepsi seperti ini harus dirubah teman-teman, meskipun Rumahweb menawarkan layanan hosting yang murah bukan berarti perusahaan ini mempertaruhkan segi kualitas. Perusahaan ini menawarkan kualitas yaitu sudah menggunakan teknologi cloud computing, hardware terbaik dan didukung oleh sumber daya manusia yang handal.

Menawarkan Uptime 99%

Dalam dunia web hosting, Uptime merupakan hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli web hosting. Semakin besar presentase Uptime yang ditawarkan, seharusnya akan membuat kita semakin yakin untuk menggunakan layanan web hosting perusahaan tersebut. Rumahweb menurut saya merupakan pilihan yang tepat ketika membeli web hosting karena menawarkan Uptime 99%.

Itulah teman-teman beberapa informasi terkait keunggulan yang ditawarkan oleh Rumahweb. Dengan mengetahui beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Rumahweb, saya yakin kalian mulai memiliki rasa ketertarikan untuk membeli web hosting di Rumahweb. Nah buat teman-teman yang sudah mulai merasa tertarik, saran saya untuk segera merealisasikan ketertarikan tersebut. Daripada nantinya menyesal karena terlambat memanfaatkan beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Rumahweb.

 

Teman-teman, sejujurnya cara untuk membeli domain dan hosting di  tidak lah sesulit yang kalian bayangkan, bahkan bisa dikatakan sangat mudah. Kalian pastinya ingin tahu bagaimana langkah-langkah untuk membeli domain dan hosting di Rumahweb. Baiklah akan saya tunjukkan langkah-langkahnya kepada kalian semua.

1. Tentukan Hosting yang Diinginkan

Langkah pertama, kalian masuk ke halaman website rumahweb.com, kemudian klik menu hosting. Tentukan paket hosting yang diinginkan, setelah menemukan hosting yang diinginkan lalu klik order.

2. Masukkan Nama Domain

Langkah kedua adalah kalian diminta untuk memasukkan nama domain yang diinginkan, lalu klik search/cari. Selanjutnya kalian diminta untuk memilih ekstansi domain yang tersedia, setelah menemukan ekstansi yang paling disukai, langkah selanjutnya adalah klik daftar.

3. Lindungi Privasi dan Kolola Kontak

Nantinya kalian akan mendapatkan informasi terkait pilihan untuk memutuskan mengaktifkan atau tidak fitur lindungi privasi dan kelola kontak. Ketika kalian memutuskan mengaktifkan, akan terkena biaya tambahan Rp10.000/tahun. Langkah selanjutnya adalah klik lanjutkan.

4. Penawaran Layanan Tambahan

Langkah keempat adalah kalian akan ditawari layanan tambahan, disini kalian dapat mengambil atau tidak layanan tambahah. Kalau kalian memutuskan mengambil, akan terkena biaya tambahan sesuai dengan harga layanan yang diambil.

5. Informasi Akun dan Billing

Disini kalian akan diminta untuk memasukkan akun yang dimiliki, kalau kalian sudah memiliki akun tinggal klik login. Namun jika belum pernah memiliki akun, kalian dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu melalu media sosial (facebook, twitter, google+) atau melalui email. Setelah memasukkan akun, nantinya kalian akan diminta untuk memilih metode pembayaran baik pembayaran instan atau transfer bank. Disini kalian juga akan mendapatkan penawaran, dapat memilih membutuhkan faktur pajak atau tidak.

6. Review Keranjang Belanja

Langkah selanjutnya adalah kalian diminta untuk mengecek keranjang belanja, keranjang belanja kalian sudah sesuai atau belum. Kalau sudah sesuai, kalian diminta untuk menyetujui perjanjian dan kebijakan yang ada dengan cara klik (centang). Lalu langkah terakhir adalah klik check out. Akhirnya proses pesanan domain dan hosting selesai juga, kalian disini tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Rumahweb.

Bagaimana teman-teman, cara melakukan pembelian domain dan hosting di Rumahweb sangat mudah kan ?. Memang membuat domain dan hosting di Rumahweb tidak lah sulit, apalagi setelah saya tunjukkan langkah-langkahnya. Kalian hanya cukup mengikuti langkah-langkah yang ada untuk melakukan pembelian. Namun jika masih mengalami permasalahan dalam melakukan pembelian, kalian dapat menghubungi langsung pihak Rumahweb.

Referensi :

Akudigital.com. Pengertian Website. Diakses pada 15 Juni 2020. <https://www.akudigital.com/bisnis-tips/apa-itu-website/>.

Fastwork.id. 2019. Mengenal Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya. Diakses pada 15 Juni 2020. <https://fastwork.id/blog/jenis-jenis-website/>.

Gautama, Hardan. Bahrudin, Haris & Rochmadi, Tri. 2019. Internet Marketing For Your Business. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kumparan. 2018. Ketika Media Sosial Menguasaimu. Diakses pada 14 Juni 2020, <https://kumparan.com/ben-virga/ketika-media-sosial-menguasaimu/full>.

Maxmanroe.com. Ini Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Online yang Harus Anda Ketahui. Diakses pada 12 Juni 2020. <https://www.maxmanroe.com/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-online.html>.

Maxmanroe.com. Pengertian Marketplace : Jenis-Jenis, dan Contoh Marketplace. Diakses 13 Juni 2020. <https://www.maxmanroe.com/vid/marketing/arti-marketplace.html>.

Rumahweb.com, Website Perusahaan Rumahweb. Diakses 16 Juni 2020. <https://www.rumahweb.com/>.

Tekno.foresteract.com. 2020. Media Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh. Diakses 14 Juni 2020. <https://tekno.foresteract.com/media-sosial/>.