Berbicara tentang Papua, pasti pemahaman kita tidak bisa lepas dengan kekayaan alamnya. Benar teman-teman, daerah yang berada di ujung timur Negara Indonesia memang menyimpan kekayaan tambang emas yang tidak ada habisnya. Kenapa saya bilang tidak ada habisnya ? karena memang tambang emasnya sangat melimpah teman-teman.

Sangat beruntung di Negara Indonesia terdapat wilayah yang memiliki tambang emas cukup melimpah. Tambang emas yang cukup melimpah sangat rugi kalau tidak dikelola dengan baik. Lalu apakah tambang emas di Papua di kelola dengan baik ? Jawabannya adalah iya teman-teman. Lalu siapa yang mengelola tambang emas di Papua ? Jawabannya adalah PT Freeport Indonesia. Lalu apa manfaat yang di dapat daerah Papua dan Negara Indonesia dari pengelolaan tambang emas ? Manfaat yang didapat sangat banyak teman-teman.

   

Sebelum saya jelaskan lebih lengkapnya, saya ingin memulia bercerita tentang . Teman-teman tahu tidak PT Freeport Indonesia ? Kalau teman-teman tahu, saya ucapkan selamat karena kalian memiliki wawasan yang luas. Tetapi untuk yang belum tahun tenang saja, disini saya akan beritahu kepada kalian semua terkait PT Freeport Indonesia.

PT Freeport Indonesia adalah salah satu perusahaan tambang yang terkemuka di dunia. PT Freeport Indonesia adalah sebuah perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan Copper & Gold Inc dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero). PT Freeport Indonesia melakukan eksplorasi, menambang dan memproses bijih yang mengandung tembaga, emas, dan perak di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Indonesia (ptfi.co.id, 2019).

Sudah tahu bukan teman-teman terkait PT Freeport Indonesia, intinya disini adalah perusahaan yang melakukan pengelolaan terhadap tambang emas yang ada di Papua adalah PT Freeport Indonesia. Jadi jangan sekali-kali bilang kalau perusahaan lain yang mengelola tambang emas di Papua, karena yang mengelola tambang emas hanyalah PT Freeport Indonesia.

Sumbangsih Bagi Negara Indonesia dan Papua

Lalu apa sumbangsih bagi Negara dengan adanya pengambil alihan pengelolaan tambang emas oleh PT Freeport Indonesia ? Sumbangsih bagi Negara Indonesia sangat banyak teman-teman dari adanya pengelolaan tambang emas yang di lakukan PT Freeport Indonesia. Sumbangsihnya antara lain adalah mendapatkan pendapatan lebih, memiliki cadangan emas yang melimpah, terbukanya lowongan pekerjaan, kontrol manajemen yang lebih mudah, alih teknologi dan pengetahuan.

1. Mendapatkan Pendapatan Lebih

Pengambilalihan saham sebesar 51% membuat Negara Indonesia mendapatkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya. Sebelumnya Negara Indonesia mendapatkan pendapatan kecil dari adanya pengelolaan tambang emas di Papua karena saham yang dimiliki sangatlah kecil, keuntungan terbesar di dapat Negara Amerika Serikat.

Sekarang sudah beda ceritanya karena Negara Indonesia mendapatkan lebih dari setengah keuntungan dari pengelolaan tambang emas. Sudah pasti laba dari pengelolaan tambang emas sangatlah besar, bahkan pada tahun 2013 sampai 2014 keuntungannya adalah sebesar US$2 miliar per tahun. Dengan besarnya keuntungan yang didapat dapat dimanfaatkan untuk membiayai pengeluaran Negara Indonesia.

2. Cadangan Emas yang Melimpah

Banyak yang bilang sebelumnya terkait bagaimana nasib tambang emas di Negara Indonesia ? Apakah anak cucu kita bisa menikmata tambang emas yang ada di papua ? Kenyataannya tambang emas di kuras oleh Negara lain yang hanya ingin memanfaatkan demi keuntungan komersil saja. Namun sekarang bisa saya katakan beda ceritanya, kenapa saya bisa bilang beda ceritanya ? Karena yang mengelola adalah perusahaan asal Negara Indonesia, PT Freeport Indonesia pasti akan mengelola tambang emas dengan baik. PT Freeport Indonesia akan memanfaatkan tambang emas dengan semaksimal mungkin dan tidak lupa menyisakan cadangan emas untuk masa depan agar anak dan cucu kita nantinya bisa menikmati juga manfaat tambang emas yang berasal dari papua.

3. Terbukannya Lowongan Pekerjaan Baru

Sumbangsih bagi Negara yang ketiga ini sangatlah penting, kenapa saya katakan sangat penting ? Karena ini adalah masalah utama dari bagi Negara Indonesia. Terdapat banyak pengangguran di Negara Indonesia, dengan tambang emas yang saat ini mayoritas sahamnya di miliki oleh Negara Indonesia telah menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia. Masyarakat Negara Indonesia memiliki peluang lebih besar untuk bergabung dengan PT Freeport Indonesia mengelola tambang emas yang ada di Papua.

4. Kontrol Manajemen yang Lebih Mudah

Dahulu kontrol manajemen pemerintah Negara Indonesia terhadap tambang emas di papua sangatlah sulit, karena saham mayoritas dimiliki Negara Amerika Serikat. Pengambilan keputusan utama ditangan pemerintah Amerika Serikat, bukan ditangan pemerintah Negara Indonesia. Namun bisa saya katakan kalau sekarang sudah beda ceritanya teman-teman, kontrol Manajemen utama saat ini dipegang oleh pemerintah Negara Indonesia. Sehingga pengambilan keputusan utama terkait tambang emas Papua adalah ditangan pemerintah Negara Indonesia.

5. Alih Teknologi dan Pengetahuan

Pengambilalihan ini memberikan peluang transfer teknologi dan pengetahuan kepada masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia memiliki hak untuk mempelajari serta memanfaatkan teknologi dan pengetahuan yang ada pada PT Freeport Indonesia. Dengan adanya transfer ilmu tersebut, akan memberikan peluang terciptannya masyarakat yang ahli dalam teknologi dan pengetahuan terkait tambang emas.

Kontribusi PT Freeport Indonesia Untuk Masyarakat

Banyak bukan sumbangsih bagi Negara dengan adanya PT Freeport Indonesia. Lalu pertanyaan selanjutnya apa kontribusi Freeport untuk masyarakat terutama yang berada di daerah Papua ? Kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua antara lain adalah :

1. Pemberdayaan Masyarakat Papua

Sudah pasti dengan adanya PT Freeport Indonesia akan membuat pemberdayaan masyarakat Papua menjadi lebih baik dari pada sebelumnya. Masyarakat Papua akan bisa berkontribusi pada pengelolaan tambang emas dengan cara ikut bekerja mengelola tambang emas yang ada di Papua. Memang saat ini mayoritas masyarakat Papua yang berlokasi di dekat PT Freeport Indonesia menggantungkan mata pencaharian dengan bekerja di PT Freeport Indonesia. PT Freeport Indonesia memiliki tugas untuk bisa menyerap lebih besar masyarakat Papua agar berkontribusi dalam pengelolaan tambang emas.

2. Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Papua

Tingkat ekonomi masyarakat Papua akan meningkat dengan adanya PT Freeport Indonesia. Bagaimana bisa tingkat ekonomi masyarakat Papua meningkat dengan adanya PT Freeport Indonesia ? Jelas bisa teman-teman, tingkat ekonomi masyarakat Papua akan meningkat melalui gaji yang didapat selama bekerja di PT Freeport Indonesia. Gaji yang ditawarkan PT Freeport Indonesia sangatlah besar teman-teman. Selain itu pendapatan lain melalui pajak yang diberikan PT Freeport Indonesia kepada Pemerintah Papua.

Banyak bukan manfaat yang ditawarkan PT Freeport Indonesia kepada masyarakat Papua ataupun Negara Indonesia. Memang dengan adanya PT Freeport Indonesia memberikan kontribusi yang besar terhadap perkembangan Negara Indonesia terutama daerah Papua. Namun PT Freeport Indonesia tidak boleh berhenti sampai disini dan harus terus-menerus memberikan kontribusi kepada Negara Indonesia demi tercapainnya tujuan kemajuan bangsa menjadi lebih baik dari pada sekarang.

Sumber : PT Freeport Indonesia. https://ptfi.co.id/ diakses 02 Januari 2020